Monday, September 17, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH DUWET (Syzygium cumini)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH DUWET (Syzygium cumini)

Buah Duwet (Syzygium cumini) atau juga sering disebut dengan Jamblang atau juga disebut jambu keling, dari sebutan-sebutannya kita dapat mengetahui bahwa buah duwet adalah salah satu jenis tumbuhan Jambu. Buah ini termasuk salah satu buah khas daerah trofis, seperti Indonesia, akan tetapi belakangan ini sudah agak susah ditemukan, dikarenakan pohonnya sudah banyak di tebang. Secara biologi, pohon duwet mirip seperti pohon jambu, pohonnya berkayu dan dapat tumbuh hingga diameter 10-30 cm, daunnya juga mirip dengan pohon jambu air. 

Gambar Daun Dan Buah Dawet (Sumber Google Image)

Gambar  Buah Dawet (Sumber Google Image)

Belakangan ini pohon daset ini sudah di budidayakan, karena ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain buah nya dapat di konsumsi langsung, juga sering di olah sebagai manisan. Buah Dawet ini mirip seperti buah anggur, dengan warna hitam keunguan, akan tetapi bentuk nya sedikit berbeda, dimana anggur bulat, sedangkan dawet bentuknya lonjong. Buah dawet memiliki rasa yang manis, lengket sedikit sepat dan asam. Jika kita mengkonsumsi langsung buah ini, akan meninggalkan warna keunguan di lidah, disebabkan oleh zat pektin yang terkandung dalam buahnya.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINYA SILAHKAN KLIK: DISINI

KANDUNGAN BUAH DUWET

Buah Duwet memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut kandungan zat Duwet per 100 gram.
Energi 251 kJ (60 kcal)
Karbohidrat 15,56 g
Lemak 0,23 g
Protein 0,72 g
Air 83,13 g
Vitamin A IU 3
Thiamine (Vit. B1) 0,006 mg (0%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,012 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 0,260 mg (2%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,038 mg (3%)
Vitamin C 14.3 mg (24%)
Kalsium 19 mg (2%)
Besi 0,19 mg (2%)
Magnesium 15 mg (4%)
Fosfor 17 mg (2%)
Kalium 79 mg (2%)
Sodium 14 mg (1%)

MANFAAT BUAH DUWET

1. Tulang dan Gigi

Manfaat buah Dawet adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung zat besi, kalsium, posfor dan magnesium, yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Dan juga zat-zat tersbut berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, sehingga terhindar dari gigi berlubang dan juga tulang keropos atau osteoporosis.

2. Pencernaan

Manfaat buah Dawet adalah dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, hal ini dikarenakan kandungan senyawa gula dalam buah duwet mampu mengatasi gangguan sakit perut, dan juga dapat membantu menghilangkan kembung pada perut.

Baca Juga: Manfaat Buah TIN

3. Sembelit

Manfaat buah Dawet adalah membantu mengatasi sembelit, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung serat alami yang membantu sistem kerja usus menjadi lancar. Bahkan, dari sejak dulu, buah duwet ini sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati pendarahan usus.

4. Jantung

Manfaat buah Dawet adalah menjaga dan memelihara kesehatan jandung, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung sodium dan kalium yang berfungsi untuk mengendalikan otot jantung, mengatur detak jantung dan membantu terhindar dari serangan jantung koroner.

5. Mata

Manfaat buah Dawet adalah menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung cukup banyak vitamin A, yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, dan membantu mengurangi resiko penyakit mata seperti rabun, katarak dan juga kebutaan.

6. Saraf

Manfaat buah Dawet adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem saraf, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh untuk memperoleh energi terutama karbohidrat, sehingga dapat menjaga sistem saraf dan menjaga sinyal antara sel-sel otak.

7. Kulit dan Rambut

Manfaat buah Dawet adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung vitamin B2, yang berfungsi membantu proses metabolisme tubuh dan memperbaiki kesehatan kulit dan rambut.

8. Sirkulasi Darah

Manfaat buah Dawet adalah membantu melancarkan sirkulasi darah, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk membantu sirkulasi darah dan mengatur sistem kerja hormon tubuh serta membantu tubuh dalam mengolah karbohidrat menjadi energi.

9. Kehamilan dan Janin

Manfaat buah Dawet adalah baik untuk wanita hamil dan baik juga untuk janin, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung vitamin B9 (asam folat) , yang berfungsi membentuk kesehatan otak dan syaraf tulang belakang pada janin yang masuk dalam trimester pertama. Buah duwet yang segar bisa membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil dan mengurangi rasa mual yang berlebihan pada pagi hari.

10. Anemia

Manfaat buah Dawet adalah membantu mengobati anemia, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung zat besi alami yang berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah, sehingga dapat membantu mengobati anemia dan menghidarinya.

11. Diabetes

Manfaat buah Dawet adalah membantu mengobati diabetes, hal ini dikarenakan buah dawet membantu mengurangi kadar gula darah. Pengobatan diabetes dengan memakai buah duwet telah dimulai di kawasan India dan sekarang mulai dipercaya di Inggris. Buah duwet yang telah diolah menjadi sirup atau jus murni bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan tidak memiliki efek samping. Caranya adalah: tumbuk 3 biji buah duwet hingga halus lalu campurkan 3 gelas air. Didihkan lalu uapkan hingga tersisa satu gelas cairan. Minum ramuan ini selagi masih hangat, bisa mengonsumsinya 2 kali sehari.

12. Sumber Energi

Manfaat buah Dawet adalah sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung protein, lemak dan karbohidrat, dimana karbohidrat dan protein bisa menjadi sumber energi yang baik, buah dawet juga bisa membantu pemecahan pati menjadi gula sebagai sumber energi.

13. Radikal Bebas

Manfaat buah Dawet adalah menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, hal ini dikarenakan buah dawet mengandung flavonoid yang berfungsi ampuh mengatasi serangan radikal bebas dan perlindungan terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan.

14. Limpa

Manfaat buah Dawet adalah membantu pengobatan penyakit limpa. Penyakit limpa biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman pada perut, berkurangnya nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Pengobatan memakai campuran jus buah duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa sudah dimulai dari China dan India sejak dahulu. Kandungan penghilang rasa sakit dan menetralkan hormone ternyata sangat ampuh. Anda bisa mencampur 50 gram buah duwet yang sudah dipisahkan dari biji dan haluskan bersama 3 sendok madu.

15. Sakit Kepala

Manfaat buah Dawet adalah membantu mengatasi sakit kepala, hal ini dikarenakan buah dawet mengadung zat astrigen yang berfungsi meringankan sakit kepala dan juga memberikan efek segar sehingga penderita sakit kepala akan merasa nyaman.

Demikianlah kandungan dan manfaat buah dawet yang dapat kami bagikan kepada ada pembaca, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan kepada saudara dan kerabat anda.

loading...