Sunday, June 17, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT KETUMBAR (Coriandrum sativum L)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT KETUMBAR (Coriandrum sativum L)

Ketumbar (Coriandrum sativum L) merupakan rempah-rempah khas yang berasal dari Indonesia. Pohon ketumbar mirip dengan wortel, ketumbar juga dapat di budidayakan dalam pot, memiliki daun berwarna hijau mirip seperti daun wortel atau seledri. Biji ketumbar bentuknya kecil dan bulat dengan kulit biji yang berserat dan berwarna coklat.


Gambar: Tanaman Ketumbar (Sumber Google Image) 

Gambar: Tanaman Ketumbar (Sumber Google Image)



Ketumbar biasanya digunakan sebagai bumbu masak, karena aromanya yang wangi dan memiliki rasa yang khas dan gurih. Ketumbar merupakan bumbu yang wajib ada di dapur  para ibu. Sebelum menggunakan biji ketumbar, sebaiknya menghaluskannya terlebih dahulu dalam bentuk bubuk agar khasiatnya lebih mudah dikonsumsi.

Gambar:  Ketumbar (Sumber Google Image)

Gambar:  Ketumbar (Sumber Google Image)


Ternyata selain sebagai bumbu masak, ketumbar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika mengkonsumsinya.

KANDUNGAN KETUMBAR

Ketumbar memiliki kandungan zat yang berguna bagi kesehatan, berikut kandungan ketumbar.
Asam lemak
Citrolenol
Energi
Fosfor
Karbohidrat
Kalsium
Lemak
Mangan
Minyak essesial
Magnesium
Niacin
Protein
Potassium
Riboflavin
Tembaga
Thiamine
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin C
Zat Besi
Zinc

MANFAAT KETUMBAR

Ternyata selain jadi bumbu masak  untuk menyedapkan aroma dan rasa masakan, ketumbar juga bermanfaat bagi kesehatan. Seperti berikut ini:

1. Tulang dan Gigi

Manfaat ketumbar adalah bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki kandugan kalsium dan mineral penting lainnya  seperti fosfor yang merupakan komponen integral pertumbuhan dan daya tahan tulang dan gigi, serta berperan dalam pencegahan terhadap degradasi tulang dan gigi sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis.

2. Mata

Manfaat ketumbar adalah sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dalam ketumbar relatif tinggi. Disempurnakan dengan kadar vitamin C, fosfor, dan sejumlah anti oksidan di dalamnya, terbukti bahwa ketumbar memberi manfaat baik untu kesehatan mata. Membantu memperbaiki penurunan fungsi penglihatan, meredakan gejala peradangan pada mata dan membantu mengatasi sejumlah keluhan pada sistem retina dan kornea mata. Jadi jiga ingin kesehatan mata terjaga, dapat mengkonsumsi ketumbar. Selain ketumbar, air rendaman ketumbar juga sangat bermanfaat untuk mata,


3. Anemia

Manfaat ketumbar adalah dapat membatu mengobati anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi dalam ketumbar relatif tinggi dan juga adalanya kandungan asam folat dan vitamin B12 yang tak kalah tinggi, dimana zat-zat tersebut sangat berperan besar dalam proses pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Maka ketumbar sangat cocok menjadi pilihan herbal untuk mengatasi anemia.

4. Sariawan dan Panas Dalam

Manfaat ketumbar adalah dapat membantu mengatasi panas dalam. Hal ini dikarenakan kandungan anti septik dalam ketumbar yang biasa dikenal dengan nama citrolenol efektif membantu mengatasi sejumlah infeksi pada mulut dan tenggorokan. Kandungan vitamin K akan membantu tubuh mengatasi dengan efektif sejumlah iritasi pada mulut dan kerongkongan yang menjadi pemicu panas dalam. Mengonsumsi ketumbar juga baik untuk sariawan dan radang tenggorokan. Sehingga ketumbar dapat sebagai alternatif untuk mengobati panas dalam.

5. Pencernaan

Manfaat ketumbar adalah dapat memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa fitokimia khusus dalam ketumbar seperti minyak essensial borneol dan linalool bekerja baik terhadap fungsi pencernaan. Senyawa essensial ini bekerja mengatasi kembung pada perut, mengatasi mual dan muntah, membantu memaksimalkan kinerja sistem enzim dalam pencernaan dan mendorong sistem pembuangan feses bekerja lebih optimal, termasuk memperbaiki tekstur dan kepadatan feses. Jadi untuk anda yang dalam masalah percernaan, coba gunakan ketumbar sebagai alternatif untuk mengatasinya.


6. Haid

Manfaat ketumbar adalah dapat membantu meredakan nyeri pada saat menstruasi attau haid. Seperti yang dilansir oleh Organictfact diungkapkan adanya kemampuan ketumbar untuk membantu melancarkan haid dan mengatasi serta mencegah nyeri haid. Ketumbar akan menstimulasi sistem endokrin serta membantu mengatur sirkulasi darah saat haid. Kondisi menstruasi yang rutin dengan kondisi hormonal yang stabil akan membantu mengatasi nyeri sendi dalam jangka panjang. Jadi untuk wanita yang sering mengalami nyeri haid, dapat menggunakan ketumbar sebagai alternatif.

7. Bakteri

Manfaat ketumbar adalah sebagai anti-bakteri alami. The Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2004 pada ulasan berjudul Antibacterial Activity of Coriander Volatile Compounds against Salmonella choleraesuis, kandungan anti bakteri alami dalam ketumbar baik itu dalam biji dan daunnya sudah terbukti secara medis. Dan salah satu yang cukup banyak diakui adalah kemampuannya dalam mengatasi serangan bakteri salmonella.

8. Diabetes

Manfaat ketumbar adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Berkaitan dengan kemampuan ketumbar dalam menjaga kestabilan sistem endokrin dan hormonal tubuh, maka secara otomatis ketumbar juga bekerja positif terhadap produksi insulin, kepekaan kelenjar dalam pankreas untuk menghasilkan insulin sesuai kebutuhan dan membantu menetralkan kembali kadar glukosa darah. Manfaat ketumbar ini secara simultan akan membantu mengatasi hiperglikemia dengan efektif. Diabetes adalah suatu penyakit yang ditakuti semua orang, dan untuk mecegah hal tersebut, konsumsi lah ketumbar, karena dapat membantu mengurangi resiko diabetes.

9. Alergi

Manfaat ketumbar adalah dapat sebagai anti Alergi alami. Seperti yang dilansir Organictfact diungkap bahwa minyak yang dibuat dari biji ketumbar efektif membantu meredakan gejala gatal dan iritasi kulit akibat alergi. Khasiat hangatnya membantu mengatasi bentuk bentolan gatal. Anda bisa pula mengasupnya untuk terapi jangka panjang dalam membantu memulihkan gejala autoimun ringan seperti alergi.

10. Tekanan Darah

Manfaat ketumbar adalah dapat mengendalikan tekanan darah. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki kandungan sejumlah fitokimia yang bekerja mengendalikan tekanan darah. Asam klorogenik, kandungan lemonede dan beberapa jenis asam dan anti oksidan membantu mengatasi endapan kolesterol dalam darah, memperbaiki sirkulasi darah, membesarkan ukuran pembuluh darah yang akan penting untuk menetralkan tekanan darah.

11. Kolesterol

Manfaat ketumbar adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan asam yang bisa Anda jumpai dalam ketumbar terdiri dari beberapa jenis dan kesemuanya bekerja efektif membantu memecah lemak dan kolesterol yang mengendap dalam tubuh. Kolesterol akan lebih mudah terlarut dalam proses pembuangan. Anda juga bisa mendapatkan cukup banyak asupan HDL yang akan memberi manfaat baik untuk kesehatan. Kenaikan HDL akan otomatis menggantikan kadar LDL dalam darah. Ini jelas menjadikan biji ketumbar sebagai salah satu herbal terbaik untuk kolesterol yang mudah.


12. Stamina Pria

Manfaat ketumbar adalah dapat menambah stamina Pria. Stamina pada pria sangatlah dibutuhkan, untuk itu bagi anda para pria yang kurang memiliki stamina sehingga menjadi loyo ataupun tak berdaya Anda dapat mengatasinya dengan cara mengkonsumsi ketumbar. Kandungan yang terdapat di dalam ketumbar akan membantu anda untuk meningkatkan stamina. Untuk itu bagi Anda yang ingin terlihat Perkasa anda dapat menggunakan ketumbar sebagai solusi paling mudah.


13. Kulit

Manfaat Ketumbar adalah sangat bermanfaat untuk kesehtan kulit. Sifat antiseptip, antijamur, dan antioksidan pada ketumbar ideal dalam mengatasi gangguan kulit seperti eksim, kekeringan, dan infeksi yang disebabkan karena jamur. Sejumlah kandungan anti inflmasi dan anti biotik alami yang tersimpan di dalam biji ketumbar dan daun ketumbar juga efektif untuk terapi peradangan pada kulit. Sehingga efektif mengatasi sejumlah luka terbuka, lebam dan jerawat. Juga memiliki sifat anti jamur sehingga baik mengatasi sejumlah keluhan jamur pada kulit, termasuk kutu air dan biang keringat. Caranya sangatlah sederhana, kalian bisa mecoba sendiri dirumah. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk ketumbar kemudian tambahkan air secukupnya. Lalu aduk sampai tercampur rata hingga menjadi pasta atau masker. Kemudian oleskan pasta atau masker ke wajah atau kulit pada tubuh lainnya, sambil dipijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit.  Kemudian diamkan sampai mengering, dan bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Demikianlah kandugan dan manfaat ketumbar yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke keluarga dan teman anda, agar mereka juga mendapatkan informasi ini.

loading...