Sunday, June 10, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT KACANG METE (Anacardium occidentale)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT KACANG METE  (Anacardium occidentale)
Kacang mete sebenarnya adalah bukan kacang pada dasarnya, akan tetapi merupakan biji dari jambu monyet atau jambu mete. Ada hal unik dari jambu ini, yaitu bijinya terdapat di luar buahnya, nah bijinya ini lah yang merupakan kacang mete. 



Gambar: Jambu Mete atau Jambu Monyet (Sumber: google image)

Bijinya ini yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Jenis kacang istimewa yang satu ini sering dijadikan pelengkap makanan, terutama kue dan juga olahan coklat. Anda juga bisa membuat camilan dari kacang mete dengan menambahkan garam agar rasanya lebih gurih dan renyah ketika dikonsumi.


Gambar: Kacang Mete (Sumber: google image)

Gambar: Kue dengan bahan kacang mete (Sumber: google image)


Buah jambu mete atau jambu monyet berwarna abu-abu yang juga mirip seperti lonceng. Pada dasarnya jambu mete berasal dari hutan amazon brazil, kemudian disebarkan pada zaman penjajahan portugis ke berbagai negara didunia.

Gambar: Kacang mete (Sumber: google image)


Dan yang uniknya lagi tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

KANDUNGAN KACANG METE
Kacang mete memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat, yaitu:

Kalori
Dalam 100 gram kacang mete terdapat kalori sebanyak 553 kalori.

Asam Tak Jenuh Tunggal
Asam tak jenuh tunggal adalah kandungan nutrisi berbentuk senyawa yang wajib ada dalam tubuh manusia, seperti: Asam Oleat dan asam Palmitoleat.

Mineral
Kandungan minerar dalam kacang mete diketahui pun sangat banyak jenisnya. Seperti:
Tembaga
Besi
Magnesium
Mangan
Kalium
Kalsium
Seng
Selenium
Asam Nukleat
Zinc

Vitamin
Kacang meter mengandung banyak vitamin seperti:
Vitamin B5(asam pantotenat)
Vitamin B-6 (piridoksin), 100 g kacang mete menyediakan piridoxin 0.147 mg atau 32%  tingkat harian yang disarankan
Riboflavin
Vitamin B-1 (Thiamin)

Kandungan Antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Tidak mudah menemukan bahan makanan yang mengandung antioksidan ini. Salah satunya diketahui adalah kacang mete. Seperti: glutathione peroksidase, zea-xanthin

MANFAAT KACANG METE
Kacang mete memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan manusia, karena mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan untuk kesehtan tubuh. Berikut menfaat kacang mete:

1. Kolesterol

Manfaat kacang mete adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Berbeda dengan kacang pada umumnya, dimana kacang di identikkan dapat meningkatkan kolesterol, kacang mete justru berbeda, yaitu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan asam jenuh tak tunggal dalam kandungan kacang mete mampu menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan.


2. Stroke

Manfaat kacang mete adalah dapat membantu mencegah sroke. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh Asam Oleat dan asam Palmitoleat yang dapat membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung lipid darah yang sehat.

3. Dermatitis atau Radang Kulit

Manfaat kacang mete adalah dapat membatu mencegah radang kulit atau dermatitis. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung Niasin yang berfungsi membantu mencegah dermatitis.


4. Jantung

Manfaat kacang mete adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung mengandung asam tak jenuh tunggal oleat dan asam palmitoleat. Asam lemak esensial ini akan membantu untuk menurunkan kolesterol jahat(LDL) sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL).

5. Kesuburan

Manfaat kacang mete adalah membantu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung Zinc yang merupakan co-faktor dalam banyak enzim yang mengatur kesuburan Pria. Dan juga kandungan asam nukleat yagn terdapat pada kacang mete, dapat meningkatkan kesuburan.


6. Kanker

Manfaat kacang mete adalah membantu mencegah kanker. Kanker dapat dicegah salah satunya dengan zat flavanol. Zat ini dapat menghentikan perilaku sel sel yang aneh, khususnya perilaku sel kanker yang berkembang biak. Zat ini terdapat pada kandungan kacang mete dengan nama proanthocyanidins. Jenis zat ini kemudian diketahui sangat banyak manfaatnya untuk mencegah kanker.

7. Meningkatkan Stamina

Manfaat kacang mete adalah dapat sebagai sumber energi dan meningkatkan stamina. Hal ini dikarenakan kandungan kalori dalam kacang mete/mede sangat tinggi, sehingga dapat menjadi nutrisi yang sangat baik bagi yang kekurangan energi. Kalori merupakan sumber energi utama yang dapat meningkatkan energi dan stamina untuk beraktivitas.

8. Metabolisme

Manfaat kacang mete adalah dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung vitamin yang cukup banyak. Metabolisme dapat ditingkatkan dengan kandungan vitamin yang dikonsumsi tinggi. Kacang mete memiliki kandungan vitamin ini dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang mete pun dapat memiliki sistem metabolisme yang lebih lancar.

Baca Juga: Manfaat buah Arbei

9. Batu Empedu

Manfaat kacang mete adalah  membantu mencegah penyakit batu empedu. Batu empedu adalah penyakit yang dapat terjadi di kantung empedu. Penyakit ini dapat dijelaskan sebagai penyakit yang menyerang empedu karena adanya gangguan fungsi dalam menyerap nutrisi makanan, khususnya kandungan kolesterol dan lemak. Anda yang sering mengonsumsi makanan dengan kolesterol dan lemak yang tinggi, akan membuat kerja empedu menjadi lebih berat. Keadaan ini tentu membuat akan terganggunya fungsi empedu dalam melakukan penyerapan. Kacang mete memiliki kandungan yang mampu membantu proses penyerapan nutrisi lemak dan kolesterol. Sehingga gangguan empedu seperti batu empedu ini dapat dicegah.

10. Daya Tahan Tubuh

Manfaat kacang mete adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kacang mete memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini akan mengatasi berbagai hal aneh yang terjadi dalam tubuh anda termasuk proses terjangkitnya penyakit. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang mete atau hasil olahannya setiap waktu.

11. Mata

Manfaat kacang mete adalah meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung zea-xanthin, suatu flavonoid pigmen antioksidan penting yang selektif akan diserap ke dalam makula lutea retina di mata. Kacang mete juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kandungan senyawa ini baik untuk mengurangi resiko katarak menyerang mata.

12. Sakit Kepala

Manfaat kacang mete adalah dapat mengurangi resiko sakit kepala. Sakit kepala dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang banyak kandungan magnesium dan kaliumnya. Salah satu makanan tersebut adalah kacang mete. Jadi pastikan untuk mencoba mengolah manfaat kacang mete menjadi konsumsi sehat.


13. Tulang dan Gigi

Manfaat kacang mete adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Hala ini dikarenakan kacang mete mengandung kalsium yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

14. Homocystinuria

Manfaat kacang mete adalah mengurangi resiko Homocystinuria. Homocystinuria adalah gangguan yang diwarisi yang memelihara tubuh daripada memproses methionine asid amino yang penting. Asid amino adalah blok bangunan protein. Methionine berlaku secara semula jadi dalam berbagai protein. Bayi memerlukannya untuk pertumbuhan, dan orang dewasa memerlukannya untuk mengekalkan keseimbangan nitrogen. Nah. Homocystinuria dapat dihindari dengan mengkonsumsi kacang mete, dikarenakan kacang mete mengandung Piridoksin yang berfungsi mengurangi risiko homocystinuria

Demikianlah kandungan dan manfaat kacang mete untuk kesehatan yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

loading...