Thursday, June 7, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN TIMUN SURI (Cucumis melo L)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN TIMUN SURI (Cucumis melo L)

Siapa yang tidak kenal dengan timun suri (Cucumis melo L), buah ini sangat umum dikenal masyarakat Indonesia dan sangat mudah ditemukan, dari pasar modern, pasar tradisional bahkan di pinggir jalan banyak yang jualan buah ini. Apabila bulan puasa, buah ini sangat banyak ditemukan, sepertinya buah ini sudah menjadi umum untuk menu berbuka puasa dengan dijadikan jus, karena memang buah timun suri banyak mengandung air, sehingga sangat cocok menjadi bahan minuman untuk menghilangkan haus dahaga berbuka puasa. Dari namanya timun suri, namun timun suri berbeda bentuk tidak menyerupai timun karena ukuran yang lebih besar dan bagian tengah sekitar bijinya juga berlubang, buah nya berbeda warna dengan timun pada umumnya yang berwarna hijau, timun suri berwarna kuning.

Gambar: Timun Suri (Sumber Google)

Gambar: Timun Suri (Sumber Google)


Buah ini bernama timun suri, akan tetapi buah ini tidak termasuk dalam kelompok timun, akan tetapi termasuk pada kelompok labu-labuan. Secara biologis, seperti terlansir di 1001budidaya.com berikut pengklasifikasian timun suri:

Klasifikasi (Taksonomi)
Timun Suri/ Mentimun Suri
Kingdom/Kerajaan
Plantae/ Plants
Sub kingdom/Sub kerajaan
Tracheobionta/ Vascular Plants
Super division/Super divisi
Spermatophyta/ Seed Plants
Division/Divisi
Magnoliophyta/ Flowering Plants
Classis/Kelas
Magnoliopsida/ Dicotyledons
Sub classis/Sub Kelas
Dilleniidae
Ordo/Bangsa
Violales
Familia/Suku
Cucurbitaceae/ Cucumber Family
Genus/Marga
Cucumis L./ Melon
Species (Jenis/ spesies)
Cucumis melo L. var reticulatus Naudin
Binomial Name/Nama Latin
Cucumis melo L. var reticulatus Naudin


KANDUNGAN TIMUN SURI

Timun suri banyak mengandung air dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, seperti: kalium, magnesium, mangan, silika, asam linoleat, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B6, Vitamin D, glukosa dan fluktosa, serat dan senyawa saponin. Secara lebih terperinci, seperti dilansir Sumber: Laporan Penelitian Program PHK A2, 2008. Berikut tabel kandungan timun suri dalam setiap 100 gram:

Kandungan
Jumlah
Air
96,32 g
Protein
1,26 g
Lemak
0,04 g
Karbohidrat
2,09 g
Serat
0,89 g
Abu
2,90 g
Vitamin C
24,86 mg
Kalsium
768 mg
Fosfor
422 mg
Kalium
1.008 mg

MANFAAT TIMUN SURI
Konsumsi timun suri sangat bermanfaat bagi tubuh, selain untuk menghilangkan haus karena banyak emngandung air, ternyata timun suri banyak mengandung manfaat lain yang perlu diketahui, berikut manfaat timun suri:

1. Tulang dan Gigi

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah sangat bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan Gigi, dikarenakan buah timun suri mengandung Kalsium dan Fosfor yang sangat bermanfaat untuk medukung kesehatan tulang dan gigi.


2. Imunitas

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah membantu menjaga serta meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, dapat memperbaiki jaringan kulit dan sel tubuh yang rusak. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

3. Antioksidan

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, hal ini dikarenakan buah timun suri sarat dengan beragam jenis antioksidan seperti vitamin A, B, C, magnesium, kalium, mangan, dan silika.

Baca Juga: Manfaat Buah Arbei

4. Kanker

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah menurunkan resiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung saponin, yang merupakan antioksidan tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Konsumsi timun suri paling tidak empat kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker hati.

5. Kolesterol

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah dapat membantu mengotrol atau menurunkan kadar kolesterol, hal ini dikarenakan senyawa saponin yang selain menangkal dan membunuh radikal bebas, juga dapat menurunkan kadar kolesterol.


6. Mata

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah dapat menyehatkan mata, hal ini dikarenakan timun suri sarat dengan vitamin A. Muatan asam askorbat serta asam caffeic dalam timun suri juga mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga bengkak di sekitar mata dapat berkurang.

7. Ginjal

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah membatu menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan air dalam buah timun suri membuat proses buang air kecil lancar. Oleh sebab itu, buah ini merupakan salah satu obat diuretik alami yang dapat diandalkan.


8. Jantung

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah menurunkan resiko terserang penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian ternyata terungkap bahwa timun suri mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung yaitu asam linoleat. Asam linoleat akan bekerja untuk tubuh dengan cara menjadi antioksidan yang bisa menyerang radikal bebas. Zat ini akan melindungi tubuh dari racun dan memelihara kesehatan jantung dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menghalangi pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.

9. Diet

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah sangat membatu untuk menurunkan berat badan bagi yang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan timun suri yang banyak mengandung serat sangat baik untuk pencernaan dan menimbulkan efek mengenyangkan yang lebih lama. Bahkan serat juga bisa mendorong proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

10. Sendi

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah memperkuat sendi dan menjauhkan dari penyakit reumatik. Hal ini dikarenakan kandungan silika dari timun suri yang sangat dibutuhkan tubuh agar sendi tetap sehat serta kuat. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, magnesium, folat, maupun kalsium dari buah ini sangat baik untuk mengatasi gangguan rematik.


11. Regenerasi Sel

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah membantu dalam regenerasi sel. Salah satu fungsi sel tubuh adalah mengangkut sumber energi untuk organ tubuh, darah dan juga oksigen. Pekerjaan sel tubuh sangat berat dan mereka juga memiliki batasan umur hidup. Regenerasi sel tubuh diperlukan untuk menggantikan sel tubuh yang mati dan membuat penciptaan sel tubuh yang sehat menjadi lebih baik. Timun suri yang banyak mengandung vitamin C sangat penting dalam proses ini dan bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

12. Kulit

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah membuat kulit sehat dan lembut, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam timun suri juga sangat penting untuk menjaga kesegaran dan penampilan kulit. Vitamin C dalam timun suri juga mendorong produksi kolagen yaitu protein yang dibentuk dalam tubuh untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit.

13. Pencernaan

Manfaat Timun Suri dan kegunaan Timun Suri adalah memperlancar pencernaan. Buah timun suri memiliki daging buah yang kaya dengan serat larut. Ini adalah jenis serat yang dibutuhkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat dari timun suri juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit pencernaan seperti sembelit dan kanker usus. Jadi mengkonsumsi timun suri sebenarnya sangat dianjurkan kapan saja dan tidak hanya pada bulan puasa saja.

Demikianlah kandungan dan manfaat yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat. Jangan lupa share kepada teman-teman anda agar mereka juga mengetahui informasi yang terdapat dalam blog ini.

loading...