Saturday, June 9, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KESEMEK (Diospyros kaki)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KESEMEK (Diospyros kaki)

Buah Kesemek (Diospyros kaki) salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, akan tetapi buah ini sebenarnya berasal dari RRC atau Cina, kemudian menyebar ke Jepang. Pada penjajahan Jepang, buah ini kemudian mulai menyebar ke Indonesia, walaupun harganya yang cukup mahal karena memang buah ini masih jarang dibudidayakan di Indonesia. Di negara seperti Jepang dan Tiongkok, buah kesemek sangat berguna dalam tradisinya sehingga membuatnya punya nilai komersil yang cukup tinggi. Buah kesemek ini memiliki bentuk seperti buah tomat, berwarna orange ke kuning-kuningan, dan memiliki lapisan lilin yang tipis di kulit buahnya. Buah ini memiliki rasa yang rasanya sangat manis, sehingga buah ini sangat nikmat untuk di konsumsi. Buah kesemek sering dikatakan buah kebahagiaan, karena mitos mengatakan, jika mengkonsumsi buah kesemek, akan merasakan kebahagiaan.

Gambar: Buah Kesemek (Sumber: Google)

Gambar: Buah Kesemek (Sumber: Google)



KANDUNGAN BUAH KESEMEK

Buah kesemek memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, karena banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin C, E dan B6, Vitamin B kompleks yang terbagi dari beberapa senyawa organik lainnya yang terkandung dalam buah dari bagian terpenting yaitu gallocatechins, katekin, asam betulinic, dan berbagai senyawa seperti karotenoid dan masih banyak senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dalam USDA National Nutrient data base. Dalam 100 gram buah kesemek mengandung beberapa gizi serta nutrisi berikut:

KANDUNGAN
GIZI
PERSENTASE RDA
Energi
70 Kkal
3,5%
Karbohidrat
18,59 g
14%
Protein
0,58 g
1%
Lemak total
0.19g
1%
Serat makanan
3,6 g
9,5%
Vitamin Kolin
7,6 mg
1,5%
Folat
8 mcg
2%
Niasin
0.100 mg
1%
Piridoksin
0.100 mg
7,5%
Riboflavin
0,020 mg
1,5%
Thiamin
0,030 mg
2,5%
Vitamin C
7,5 mg
12,5%
Vitamin A
81 IU
3%
Vitamin E
0,73 mg
5%
Vitamin K
2,6 mcg
2%
Sodium
1 mg
0%
Kalium
161 mg
2,5%
Kalsium
8 mg
0,8%
Tembaga
0.113 mg
12,5%
Besi
0,15 mg
2%
Magnesium
9 mg
2%
Mangan
0,355 mg
15%
Fosfor
17 mg
4,5%
Seng
0,11 mg
1%
Nutrisi Nabati


Karoten-a
0 mcg
-
Carotene-ß
253 mcg
-
Crypto-xanthin-ß
1447 mcg
-
Lutein-zeaxanthin
834 mcg
-
Likopen
159 mcg
-

Gambar: Buah Kesemek (Sumber: Google)


MANFAAT BUAH KESEMEK

Dari kandungan nya, buah kesemek sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut manfaat buah kesemek:

1. Tulang dan  Gigi

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah sangat baik untuk kesehatan Tulang dan Gigi, hal ini dikarenakan buah Kesemek mengandung banyak Kalsium dan Fosfor yang berguna untuk kesehatan tulang dan Gigi.


2. Mata

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah sangat baik untuk kesehatan mata, meningkatkan dan memperbaiki Penglihatan. Hal ini dikarenakan, buah kesemek banyak mengandung vitamin A. Seperti diketahui, vitamin A adalah merupakan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan mata.

3. Diet

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah sangat baik untuk dikonsumsi orang yang menjalankan program diet. Buah ini dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung energi yang cukup besar, sehingga orang yang menjalani program diet dapat memperoleh energi dari buah ini.


4. Anti Inflamasi dan Anti Infeksi

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah sebagai anti inflamasi dan anti infeksi. Hal ini dikarenakan buah kesemek banyak mengandung Phytochemicals yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan anti-infektif yang baik.

5. Ambeien atau Wasir

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah dapat mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Hal ini eikarenakan buah kesemek memiliki sifat anti-hemoragik yang mampu mengatasi penyakit ambeien atau wasir. Tidak heran jika telah digunakan dalam mengendalikan pendarahan yang berlebihan dari luka sejak dahulu kala.

6. Sistem Pencernaan

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah untuk kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah kesemek mengandung serat alami yang cukup besar, seperti telah kita ketahui bahwa makanan yang mengandung serat tingg sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, kesemek juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan.


7. Diabetes

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah baik untuk penderita diabetes. Penderita Diabetes pasti sering merasa cepat lapar, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif cemilan untuk menunda lapar. Hal tersebut dikarenakan buah kesemek mengandung banyak serat dan juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

8. Hipertensi

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah baik untuk penderita diabetes, hal ini dikarenakan buah kesemek yang mengandung anti oksidan mampu menangkal radikal bebas yang kerap mengganggu sirkulasi peredaran darah. Penyumbatan darah menimbulkan stroke bisa dicegah dengan pola konsumsi sehat seperti makan buah kesemek atau sayur – sayuran secara teratur setiap hari.

9. Antioksidan

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah sebagai antioksidan, hal ini dikarenakan buah kesemek memiliki kandungan vitamin C yang banyak bukup banyak yang berfunsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Apabila dikonsumsi secara teratur, makan manfaat buah kesemek dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, buah ini bertindak sebagai perisai terhadap flu, infeksi paru-paru, dan asma.

10. Kanker

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah membantu melawan kanker. Hal ini dikarenakan buah kesemek mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.


11. Anemia

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah mengurangi resiko Anemia. Hal ini dikarenakan buah kesemek memiliki kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga membantu untuk terhindar dari penyakit Anemia.

12. Jantung

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah baik untuk kesehatan Jantung. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kesemek untuk membantu proses detoks sangat menunjang kinerja organ hati dan jantung dalam tubuh. Tingginya kandungan serat larut air juga membantu melancarkan peredaran darah yang mungkin tersumbat kolesterol atau lemak darah yang menggumpal.


13. Kulit

Manfaat buah Kesemek dan kegunaan buah Kesemek adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan buah kesemek yang mengandung anti oksidan tinggi dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah penuaan kulit secara dini. Kandungan vitamin C dan beta karoten juga membantu kulit agar tetap halus, lembut dan bercahaya. Nutrisi vitamin C yang membantu menghasilkan kolagen membantu wanita menjaga keindahan kulit agar senantiasa kencang dan elastis.


Demikianlah kandungan dan manfaat buah kesemek yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.



loading...