Monday, April 17, 2017

Kandungan Dan Manfaat Lo Han Kuo (Momordica Grosvenori) Bagi Kesehatan

loading...


Kandungan Dan Manfaat Lo Han Kuo (Momordica Grosvenori) Bagi Kesehatan

Buah Lo Han Kuo (Momordica Grosvenori) atau sering di sebut juga buah lohan adalah buah dari tanaman merambat asal Cina. Buah Lo Han Kuo ini berbentuk luat seperti buah sawo dengan diameter berkisar 4-6 cm. Buah Lo Han Kuo merupakan tanaman yang tumbuh di daratan Cina bagian selatan dan paling banyak ditemukan di Provinsi Guangxi terutama di daerah Yongfu dan Ligui. Buah Lo Han Kuo juga sering disebur sebagai buah Panjang Umur, karena manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, dan hal uyang unik mengenai buah ini adalah dimana tempatnya tumbuh paling banyak yaitu daerah Yongfu dan Ligui memiliki populasi manusia yang berumur 100 tahun lebih cukup tinggi, mungkin itu salah satu alasan kenapa buah ini juga disebut sebagai buah Panjang Umur.
Dari beratus tahun silam buah Lo Han Kuo ini sudah di manfaatkan sebagai obat, dari mulai zaman Dinasti Tang abad ke-13. Baru di abad ke-20, pemanfaatan Lo Han Kuo sebagai obat dikenal luas. Berdasar manuskrip Profesor G.W. Groff pada Hoh Hin Cheung pada 1938 mengadakan penelitian dan menemukan bukti bahwa buah Lo Han Kuo mengandung glucoside-terpene ( Triterpenoid Glycosides )dan sedikit fruktosa di mana rasa manisnya 400 kali lipat dari gula pasir biasa, tetapi tidak mengandung kalori. Sehingga buah Lo Han Kuo dipakai sebagai bagian dari minuman pendingin ketika cuaca panas menerpa.  



                                              Gambar 1 : Buah Lo Han Kuo Masih Mentah
Pada saat mentah, buah Lo Han Kuo  berwarna hijau. Setelah matang dan kering buah ini berubah warna menjadi warna coklat tua. Buah Lo Han Kuo ini mirip seperti buah sawo yaitu terdapat biji menempel pada dagingnya.


 Gambar 2: Buah Lo Han Kuo yang sudah masak


Gambar 3: Buah Lo Han Kuo dan isinya

Kandungan LO Han Kuo
Buah Lo Han Kuo  memiliki kandungan berbagai macam zat dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti vitamin A, B, C, D, E, betakaroten, serta zat besi, fosfor, natrium, kalsium, magnesium, kalium, zinc. Triterpenoid Glycosides (merupakan komponen utama buah Lo Han Kuo  yang menyebabkan rasa manis alami pada buah ini serta kandungan asam amino sebagai sumber utama protein dan vitamin C). S. grosvenori extract, the cucurbitane glycosides mogroside IV, mogroside V, 11-oxo-mogroside V, dan siamenoside dalam buah Lo Han Kuo  yang berfungsi sebagai antioksidan atau penawar racun dalam tubuh. Selain itu, dalam studi in-vitro juga disebutkan bahwa buah Lo Han Kuo  memiliki unsur 11-oxo-mogroside V and mogroside V yang dapat mereduksi pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: 5 Tempat Paling Berdosa Di Dunia

Manfaat LO Han Kuo
Buah Lo Han Kuo memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah Lo Han Kuo :

      1.  Obat Batuk (Sebagai Antitussive dan Eskpektoran)
Buah Lo Han Kuo  juga dapat bermanfaat sebagai antitussive dan eskpektoran yang dapat mencegah paru-paru sesak, asma, kerongkongan nyeri, batuk dan penyakit lain yang berhubungan dengan pernafasan.

Baca Juga: Manfaat Buah Zuriat

2. Buah Panjang Umur
Bagi masyarakat China, dengan mengkonsumsi buah Lo Han Kuo  dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Seperti yang dijelaskan diatas di daerah dimana buah ini banyak tumbuh yaitu daerah Yongfu dan Ligui memiliki populasi manusia yang berumur 100 tahun lebih cukup tinggi, mungkin itu salah satu alasan kenapa buah ini juga disebut sebagai buah Panjang Umur (longevity fruit).

      3.  Penghilang Gatal
Buah Lo Han Kuo juga bermanfaat sebagai penghilang rasa gatal akibat gigitan serangga dan juga dapat mengobati alergi gatal pada kulit yang di sebabkan oleh faktor lain.

      4.  Pereda Panas
Buah Lo Han Kuo juga bermanfaat buat menyeimbangkankan suhu atau panas tubuh yang disebabkan oleh kondisi panas internal maupun eksternal. Sehingga bermaanfat untuk meredakan panas dalam.

      5.  Anti Radang
Buah Lo Han Kuo juga bermanfaat mengatasi radang tenggorokan, tenggorokan kering, batuk dan bisa mencegah suara yang serak. Salah satu manfaat buah Lo Han Kuo  ini sangat cocok bagi penyanyi yang ingin menjaga kualitas suaranya agar performanya maksimal apabila dikonsumsi secara rutin. Untuk mengobati radang tenggorokan pun buah Lo Han Kuo cukup dapat dihisap layaknya permen.

Bacajuga: Manfaat Kunyit Mengobati Peradangan

      6.   Mengobati Diabetes Mellitus
Buah Lo Han Kuo juga dapat bermanfaat sebagai salah atu alternatif untuk mengobati penyakit Diabetes Mellitus, dan dapat mengatasi gejala kencing manis.

      7.   Pemanis Alami
Buah Lo Han Kuo  juga bermanfaat sebagai pemanis alami karena mengadung Triterpenoid Glycosides yang merupakan bahan pemanis alami yang tidak mengadung kalori. Pemanis alami seperti ini juga dapat ditemuakan di Buah Mahkota Dewa, Alpukat, Acai Berry dan masih banyak lagi buah lainnya yang mengandung pemanis alami ini.

      8.   Mengobati Hipertensi
Lo Han Kuo  juga bermanfaat untuk mengobati penyakit hipertensi dan membatu menormalkan tekanan darah. 

9.   Mengobati Paru-paru
Buah Lo Han Kuo  juga bermanfaat mengobati penyakit paru-paru. Dan juga bermanfaat mencegah penyakit pernafasan seperti asma. Sangat cocok dikonsumsi oleh perokok berat, agar tidak terjangkit penyakit pernafasan.

      10.  Antioksidan
Buah Lo Han Kuo  juga bermanfaat sebagai antioksidan ataupun  penawar racun yang masuk kedalam tubuh, serta dapat mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

      11.  Menjaga Saluran Pencernaan
Buah Lo Han Kuo  juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatasi gangguan lambung atau mag, mengobati susah buang air besar dan sebagai obat diare.

      12.  Menjaga Hati dan Pankreas
Buah Lo Han Kuo  juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan organ tubuh, khususnya Hati dan Pankreas

      13.  Menurunkan Berat Badan
Lo Han Kuo  juga bermanfaat sebagai obat diet alami karena dapat membantu menurunkan berat badan.

      14.  Bumbu Masak
Buah Lo Han Kuo  jugabermanfaat sebagai bumbu masak karena dapat menghilangkan bau amis pada masakan, melunakkan tulang atau daging yang keras serta membuat masakan menjadi lebih lezat dan wangi yang menggugah selera.

      15.  Obat Kanker
Buah Lo Han Kuo juga bermanfaat sebagai obat kanker alami. Berdasarkan studi kultur in-vitro, dengan mengkonsumsi buah Lo Han Kuo, dapat membantu mereduksi pertumbuhan sel-sel kanker bagi penderita. Hampir sama dengan fungsi buah Matoa.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Kanker

      16.  Kesehatan Kulit
Lo Han Kuo juga bermanfaat untuk kecantikan terutama kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah Lo Han Kuo secara rutin dapat membuat kulit lebih bersih, licin tidak kering, mencegah jerawat dan dapat membantu menghilangkan bekas hitam diwajah karena jerawat.

     17.  Penglihatan
Buah Lo Han Kuo juga bermanfaat membantu mengatasi mana minus, dan memperjelas penglihatan apabila di konsumsi secara rutin.

     18.  Mengobati Kelainan pada Uterus
Buah Lo Han Kuo Juga bermanfaat untuk mengatasi kelainan pada uterus.
Itulah sebagian besar manfaat dan kegunaan buah Lo Han Kuo bagi kehidupan yang dapat admin rangkum yang dapat membantu untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi pembaca. Nah berikut merupakan cara penyajian dan cara mengkonsumsi buah Lo Han Kuo:
Langkah-langkah:
  • Cuci Buah Lo Han Kuo  dengan bersih dan pecah menjadi beberapa bagian dan buang bijinya
  • Rebus buah Lo Han Kuo hingga mendidih dalam 1 liter air (setelah mendidih jangan langsung di angkat, akan tetapi biarkan terus mendidih hingga 5-10 menit, agar kandungan zat yang terdapat pada buah Lo Han Kuo dapat keluar.
  • Apabila telah di biarkan mendidih dan air berubah menjadi kecoklatan seperti warna air teh, baru dapat diangkat dan di dinginkan.
  • Air rebusan siap diminum. Ampas sisa rebusan tadi jangan langsung di buah karena masih dapat digunakan sebanyak 1-3 kali tergantung dari hasil warna dan kadar kekentalan air rebusan.


 Gambar 4: Air Rebusan Buah Lo Han Kuo yang siap di konsumsi

Demikian informasi manfaat dan kegunaan buah Lo Han Kuo yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.
loading...