Tuesday, July 10, 2018

KANDUGAN DAN MANFAAT BUAH MATOA (Pometia pinnata)

loading...

KANDUGAN DAN MANFAAT BUAH MATOA (Pometia pinnata)

Mungkin kebanyakan orang belum mengenal buah yang satu ini, tapi untuk orang yang berasal dari Irian Jaya atau Papua, pasti sangat familiar dengan buah ini, karena buah Matoa terkenal sebagai buah khas Papua. Pohon matoa adalah tumbuhan yang masih satu keluarga dengan rambutan, yaitu famili Sapindaceae. Meskipun dikenal sebagai buah khas Papua, ternyata matoa terdapat juga di berbagai belahan dunia. Matoa tumbuh tersebar mulai dari Sri Lanka dan Kepulauan Andaman melalui Asia Tenggara, sampai Fiji dan Samoa. Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, Jawa, Kalimantan, Malaysia dan Papua Nugini.

Gambar Buah Matoa (Sumber Google Image)

Gambar Buah Matoa (Sumber Google Image)

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINNYA KLIK : DISINI

Pohon buah matoa hampir sama dengan pohon rambutan. Pohon matoa termasuk tanaman pohon besar, tingginya dapat mencapai 50 meter. Memiliki kayu yang cukup keras. Akar papan tingginya mencapai 5 meter. Daun majemuk berseling, bersirip genap. Tangkai daun panjang -/+ 1 m. Anak daun 4-3 pasang, bentuknya bundar memanjang dengan tepi yang bergerigi. Mahkota bunga agak berbulu bagian luar dan kelopak bunga agak menyatu. Bentuk buah matoa bulat lonjong dengan ukuran sebesar telur burung puyuh hingga sebesar buah pinang. Panjang buah 1,5-5 cm dengan diameter 1-3 cm. Buah matoa mirip juga dengan buah duku, kulitnya yang berwarna cokat kemerahan dan licin, dan jika kulitnya dibuka, daging buahnya mirip dengan buah duku atau rambutan, memiliki aroma dan rasanya manis.

KANDUNGAN BUAH MATOA

Buah matoa, akhir-ahir ini mulai terkenal, karena khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan bahkan buah matoa sudah mulai di ekstrak untuk dijadikan obat herbal. Buah matoa ternyata mengandung banyak zat-zat yang berfungsi bagi kesehatan, seperti:
Vitamin C
Vitamin E
Glukosa Jenuh
Tanin
Saponin
Alkaloid
Fruktosa

MANFAAT BUAH MATOA
Dikutip dari berbagai sumber, Buah matoa sangat banyak manfaat nya, diantaranya adalah:

1. Sebagai Pemanis Alami Bagi Penderita Diabetes

Manfaat buah Matoa adalah dapat digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula bagi penderita diabetes, hal ini dikarenakaan buah matoa memiliki rasa yang manis dan mengandung fruktosa yang tinggi. Konsumsi buah matoa lebih aman bagi penderita diabetes daripada konsumsi gula tebu dan semacamnya. Sifat pemanis dari fruktosa tidak seperti pemanis dari tebu, dimana pemanis dari tebu saat di dalam tubuh susah untuk dipecah untuk dimanfaatkan (dikirim) menuju otot tubuh.
Dengan begitu, kandungan fruktosa ini tidak mudah menumpuk (mengendap) pada darah di dalam tubuh. Sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.


2. Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah Matoa adalah meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan buah matoa mengandung sangat banyak vitamin C yang berfungsi  untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kanker

Manfaat buah Matoa adalah dapat mengurangi resiko penyakit kanker.  Hal ini dikarenakan buah matoa mengandung vitamin C dan sifat antioksidan yang berkontribusi dalam pencegahan sel kanker yang tumbuh secara tidak terkendali akibat zat berbahaya karsinogen. Hidrogen peroksida yang merupakan pemicu penyakit kanker, dengan adanya vitamin C yang memelihara sel-sel, akan menangkap hidrogen peroksida pemicu kanker tersebut. Sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/02/manfaat-vitamin-c-untuk-terapi-kanker

4. Stress

Manfaat buah matoa adalah membantu mengurangi stress, hal ini dikarenakan dalam buah matoa terkandung zat yang dapat berfungsi sebagai obat penenang. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa vitamin E dapat membantu mengatasi stres. Dengan begitu dengan mengkonsumsi buah matoa secara rutin dapat mengurangi stres yang Anda alami. Kandungan vitamin E di dalam buah matoa juga bermanfaat untuk meredakan stress dan memperbaiki mood.
Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2011/07/20/12014239/Suplemen.yang.Membantu.Memerangi.Stres

5. Jantung

Manfaat buah matoa adalah membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah timbulnya masalah proses oksidasi di dalam tubuh, sehingga menghindari terjadinya penumpukan plak ataupun sumbatan arteri, dan vitamin C pada buah matoa juga dapat berguna untuk menangkal radikal bebas yang akan menymbat pembuluh darah, sehingga darah mengalir dengan lancar, dan jantung dapat berfungsi dengan baik.


6. Kesuburan

Manfaat buah matoa adalah untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita, hal ini dikarenakan buah matoa mengandung banyak vitamin E. Dimana Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Pada wanita, vitamin E memiliki fungsi untuk melindungi sel telur, meningkatkan kesuburan, dan mencegah terjadinya perpecahan membran selama masa kehamilan. Dan juga vitamin E berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma dan motilitas pada pria.

7. Kulit

Manfaat buah matoa adalah untuk menjaga kesehatan kulit, hal ini dikarenakan lagi-lagi kandungan vitamin E yang sangat banyak dalam buah matoa. Diamana vitamin E ini berfungsi untuk mejaga kesehattan kulit, bahkan hampir semua produsen kecantikan menambahkan vitamin E ini dalam produknya.

8. Penuaan Dini

Manfaat buah matoa adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan buah matoa memiliki fungsi antioksidan yang melindungi kulit dari tubuh serangan radikal bebas. Sehingga dengan mengkonsumsi buah matoa ini, anda dapat terhindar dari penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambung Nyawa

9. Ginjal

Manfaat buah matoa adalah menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan buah matoa dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan juga sebagai antioksidan. Sehingga akan mempermudah proses kerja ginjal sebagai filterisasi racun.

10. Pencernaan

Manfaat buah matoa adalah dapat memperlancar pencernaan, hal ini dikarenakan buah matoa mengandung serat alami, yang berfungsi dalam membantu memperlancar pencernaan.


11. Tekanan Darah

Manfaat buah matoa adalah dapat mengotrol tekanan darah, hal ini dikarenakan buah matoa yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan juga antioksidan, akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh, sehingga tekananan darah tetap stabil.

Demikianlah kandungan dan manfaat buah Matoa yang dapat saya sajikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk membagikan kepada sahabat dan saudara anda.




loading...