Friday, July 6, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT PARE (Momordica Charantia)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN PARE (Momordica Charantia)

Pare (Momodica Charatia) merupakan tanaman senis dengan timun. Pare merupakan salah satu tanaman khas Indonesia, banyak di temukan di berbagai daerah Indonesia, pare mempunyai sebutan berbeda-beda tergantung daerahnya, seperti Sumatera menamainya pepare sedangkan jawa barat menyebut buah yang satu ini dengan Paria. Walaupun khas Indonesia, pare ini juga dapat ditemukan di Eropa dengan sebutan Bitter Melon.

Pare yang merupakan keluarga dati mentimun ini, memiliki ciri-ciri tanaman mirip dengan mentimun, yaitu pohon nya tumbuh menjalar, dengan daunnya mirip dengan daun mentimun. Bentuk buah pare memiliki permukaan kulit yang tidak mulus akan tetapi berliku-liku dan kasar, ini merupakan perbedaan yang mencolok dengan mentimun.
Gambar: Pohon dan Buah Pare (Sumber Google Image)

Buah pare ini sangat terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, sehingga banyak orang yang tidak suka untuk mengkonsumsi buah ini. Akan tetapi di balik rassanya yang pahit, ternyata pare memiliki kandungan zat- zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Gambar: Pohon dan Buah Pare (Sumber Google Image)


KANDUNGAN PARE
Pare dengan rasa yang pahit, ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada pare:
  • Kalori - Kalori dalam pare lumayan sedikit. Kandungan kalori dalan pare adalah 17 kalori per 100g.
  • Phyto Nutrien – Phyto Nutrien yang dikandung dalam 100 gram pare, terdapat Pare mengandung Karoten-ay 190 mcg, Karoten-a 185 g dan Lutein-zeaxanthin 170 mcg. Phyto terutama polipeptida-P yaitu insulin tanaman yang dikenal untuk menurunkan kadar gula darah.
  • Folat – Pare segar merupakan sumber folat yang sangat baik sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, ketika dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.
  • Karbohidrat – Dari 100 gram pare, terdadapa kandungan Karbohidrat sebesar 3.70 g
  • Protein – Dari 100 gram pare, terdapat kandungan Protein sebesar 1.00 g
  • Vitamin C – Pare segar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C (100 g pare mentah menyediakan 84 mg atau sekitar 140% dari RDI). Manfaat vitamin Cmerupakan salah satu antioksidan alami yang kuat dan membantu mengikat radikal bebas yang merusak tubuh manusia.
  • Flavanoid – Flavanoid adalah sumber yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat flavonoid seperti ß-karoten, α-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu juga berisi sejumlah vitamin A. Senyawa-senyawa ini membantu bertindak melindungi terhadap radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan, kanker dan berbagai penyakit.
  • Niacin – Dalam 100 gram pare, terdapat 0,400 mg atau sekita 2,5%
  • Vitamin B Kompleks – Selain itu, itu pare merupakan sumber moderat vitamin B kompleks seperti niasin (vitamin B-3), asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6) dan mineral seperti zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium.
  • Asam pantotenat -  Dalam 100 gram pare, mengandung asam pantotenat sebesar 0,212 mg atau sekitar 4%
  • Bahan galian – Dalam 100 gram pare, terdapat berbagai kandungan bahan galian seperti Tembaga 0,034 mg atau sekitar 4%, Besi 0,43 mg atau sekitar 5%, Manggan 0,089 mg atau sekitar 4% dan kandungan Seng 0,80 mg atau sekitar 7%.
  • Pyridoxine -  Dalam 100 Gram pare terdapat 0,043 mg Pyridoxine, atau sekitar 3%
  • Riboflavin - Dalam 100 Gram pare terdapat 0,040 mg atau sekitar 3%
  • Thiamin – Dalam 100 gram pare, terdapat kandugan Thiamin sekitar 0,040 mg atau 3,5%
  • Kalium – Dalam 100 gram pare, terdapat kandungan kalium sebesar 296 mg atau sekitar 6%
  • Magnesium – Dalam 100 gram pare, mengandug 17 mg magnesium, atau sekitar 4%
  • Kalsium – Dalam 100 gram pare, mengadung 19 mg kalsium atau sekitar 2%
  • Elektrolit Sodium – Dalam 100 gram pare terdapat kandungan elektrolit sodium sebesar 5 mg, atau sekitar <1%
  • Serat – Dari 100 gram pare. Terdapat kandungan serat sebesar 2,80 gram. Pare dapat merangsang pencernaan yang mudah dan gerakan peristaltik pada makanan melalui usus sampai diekskresikan dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini akan membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan masalah sembelit.
  • Lemak –  Pare mengadung lemak yang sangat sedikit diaman Kandungan Lemak dalam 100 gram pare terdapat lemak sekitar 0,17 g atau sekitar 0,5%
  • Vitamin A – Dalam 100 gram pare, terdapat kandungan Vitamin A 471 IU atau sekitar 16%. Kandungan ini termasuk cukup besar, karena itu pare sangat bagus untuk kesehatan mata.


UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINNYA SILAHKAN KLIK : DISINI

MANFAAT PARE

Pare mengandung sangat banyak protein yang terkandung didalamnya, sehingga mempunyai sangat banyak manfaat. Berikut manfaat pare:

1. Mata

Manfaat Pare adalah sangat baik untuk kesehatan mata, hal ini dikarenakan pare mengandung banyak vitamin A, yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Dan juga terdapat lutein dan zeaxanthin juga dikenal untuk kesehatan mata, dan terutama dalam melindungi terhadap penyebab kehilangan penglihatan di kemudian hari, yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD) dan katarak.


2. Antioksidan

Manfaat pare adalah sebagai antioksidan tubuh. Hal ini dikarenakan pare mengandung vitami C dan flapanoid yang sangat membantuk untuk menangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan.

3. Diabetes

Manfaat pare adalah mengobati Diabetes. Hal ini dikarenakan buah pare mengandung Phytonutrient dan Polipeptida-P yang berfunsi sebagai insulin guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, zat-zat tersebut juga membentuk Charantin yang berguna untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam sel-sel hati, otot, dan jaringan lemak. Sehingga pare pahit dianggap ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes tipe-2.


4. Jantung

Manfaat pare adalah menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam pare  mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri, sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung. Manfaat pare pahit juga mampu menjaga kesehatan jantung, karena mengandung nutrisi yang mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Walaupun rasanya yang pahit, kandungan yang terdapat di dalam pare akan sangat bermanfaat untuk  meningkatkan kesehatan jantung.

5. Tulang dan Gigi

Manfaat pare adalah sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan pare mengandung banyak vitamin C dan Kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang. Sehingga jika anda ingin memiliki tulang dan gigi yang sehat, banyak-banyaklah konsumsi pare.

6. Kemahilan

Manfaat pare adalah sangat baik untuk menjaga dan melindungi kehamilan, hal ini dikarenakan Pare memiliki kadar Folat yang sangat baik, yaitu 72 /100 gram (18% dari RDA). Kandungan Folat sangat terutama bagi ibu hamil, terutama pada waktu awal kehamilan. Kandungan folat pada pare pahit akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi.


7. Kulit

Manfaat pare adalah membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda pada kulit wajah wajah. Hal ini dikarenkan banyaknya kandungan anti-oksidan dan vitamin C dalam pare pahit yang baik untuk regenerasi kulit wajah.

8. Pencernaan dan Mengurangi sembelit

Manfaat pare adalah untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit, hal ini dikarenkan kandungan nutrisi yang dikandung pare merangsang gerak peristaltik dan pencernaan makanan melalui usu sampai dikelurkan dari dalam tubuh. Hal tersebut sangat membantu dan mengurangi  gangguan pada pencernaan dan masalah sembelit.

9. Pernafasan

Manfaat pare adalah dapat mengobati gangguan pernafasan. Sudah sejak lama dipercaya bahwa dengan mengkonsumsi pare adalah merupakan obat yang sangat baik untuk masalah gangguan pada pernafasan, seperti asma, batuk, pilek, dll.

10. Anemia

Manfaat pare adalah dapat mengobati anemia, hal ini dikarenakan buah pare mengadung pyridoxine yang berfungsi untuk mengobati anemia atau kekurang sel darah merah.


11. Kanker

Manfaat pare adalah dapat mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan Karoten yang dikandung oleh pare merupakan salah satu senyawa yang berperan aktif sebagai antioksidan. Kemampuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat baik untuk melawan racun akibat radikal bebas. Selain itu, karoten yang memiliki peran aktif dalam sistem komunikasi antar sel dapat meningkatkan kesehatan sel sehingga perkembangan sel kanker dapat dicegah.

12. Kolesterol

Manfaat pare adalah dapat menurunkan dan mengotrol kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini dikarenakan buah pare mengadung niacin, diamana niacin atau vitamin B3, sangat terkenalan untuk menyerap kolseterol dan membuang dari dalam tubuh.

13. Saraf

Manfaat pare adalah dapat melindungi sistem saraf, hal ini dikarenakan pare mengandung ribofavin atau Vitamin B2 yang dapat membantu dalam mengobati berbagai kondisi sistem saraf seperti penyakit mati rasa, Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan dan epilepsi. Diperkirakan bahwa riboflavin bila digunakan bersama dengan vitamin B6 cukup efektif untuk membantu sindrom Carpal Tunnel.

14. Stress

Manfaat pare adalah dapat mengatasi strees, hal ini dikarenakan buah pare mengandung Asam pantotenat yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi mental seseorang agar tidak mengalami stress. Stress yang dialami berupa rasa cemas dan juga depresi, dapat diatur oleh asam pantotenat agar pikiran dapat kembali menjadi segar. Dengan pikiran yang segar, stress yang dialami dapat menghilang.


15. Darah

Manfaat pare adalah dapat memurnikan darah, hal ini dikarenakan jus pare mengandung anti-mikroba dan anti-oksidan yang membantu mengatasai masalah kulit, kelainan darah, memurnikan darah, mengeluarkan racun dalam darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Dan masih banyak lagi manfaat pare lainnya yang belum tercantum dala tulisan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa untuk membagikan ke sahabat-sahabat anda.


loading...