Wednesday, June 27, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN BALAKACIDA (Chromolaena Odorata)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN BALAKACIDA (Chromolaena Odorata)
Daun Balakacida (Chromolaena Odorata) atau sering juga disebut sebagai Kirinyuh adah tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, tanaman ini merupakan tanaman pengganggu musuh dari para petani. Tanaman ini sebenarnya salah satu jenis tanaman gulma yang berasal dari family asteraceae. Adapun ciri daunnya berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya tidak hanya itu daunnya memiliki tekstur sedikit kasar berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya, tanaman ini juga memiliki bunga dan akan berbunga di setiap musim kemarau. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di lahan kosong, apalagi di lahan yang baru selesai di bajak, dan tanaman ini sangat mudah tumbuh besar, asalkan terkena sinar matahari. Itulah kenapa tanaman ini merupakan tanaman yang menjadi musuh para petani.

Gambar: Daun Balakacida 9Sumber google Image)


KANDUNGAN DAUN BALAKACIDA
Walaupun tanaman ini merupakan musuh petani, akan tetapi ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, hal ini dikarenakan daun balakacida mengandung zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti:
Fenol
Alkaloid
Triteperoid
Tannin
Flavonoid
Limonen


MANFAAT DAUN BALAKACIDA

1. Diabetes
Manfaat daun Balakacida adalah dapat membantu mengobati diabetes, hal ini dikarenakan daun balakacida mengandung zat yang memiliki khasiat utuk membantu mengontrol kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu kandungan alaminya mampu menjaga tubuh dari kemungkinan terserang diabetes.
2. Obat Luka

Manfaat daun Balakacida adalah sebagai obat luka. Tanaman balakcida bisa dijadikan penyembuh luka alami yang cara peggunaanya sangat mudah. Terdapat dua cara untuk menyembuhkan luka gores menggunakan tanaman balakacida ini yaitu dengan memanfaatkan batang dan daunnya. Mengobati luka gores dengan bagian batangnya adalah dengan meneteskan cairan yang keluar dari bagian batang balakacida pada luka gores. Sedangkan mengobati luka gores dengan bagian daunnya, caranya adalah dengan menumbuk halus daun balakacida kemudian menempelkannya pada luka gores.

Buah bidara Juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah, silahkan baca DISINI
3. Kista

Manfaat daun Balakacida adalah dapat mengobati kista. Kista adalah salah satu jenis penyakit berupa benjolan yang umumnya menyerang bagia organ reproduksi. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi atau mengobati kista adalah dengan menggunakan daun balakacida. Daun balakacidasangat bermanfaat bagi anda yang ingin menyembuhkan kista dengan efektif.

4. Kolesterol

Manfaat daun Balakacida adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Untuk anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, anda bisa meminum air rebusan daun balakacida saat kadar kolesterol anda.


5. Kanker Serviks

Manfaat daun Balakacida adalah mencegah penyakit kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan bagi wanita, untuk mencegahnya anda bisa meminum teh balakacida.

6. Malaria

Manfaat daun Balakacida adalah dapat membantu mengobati penyakit malaria, hal ini dikarenakan daun balakacida mengandung triteperoid yang merupakan bahan untuk obat malaria.


7. Vertigo

Manfaat daun Balakacida adalah dapat membantu mengobati vertigo. Vertigo merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disepelekan, penyakit ini tidak hanya dapat berujung di rumah sakit saja tetapi juga kematian. Anda dapat mengobatinya dengan meminum air rebusan daun balakacida saat vertigo anda kambuh.

8. Diare

Manfaat daun Balakacida adalah dapat mengobati diare. Hal ini dikarenakan daun bakacida mendandung tanin yaang dapat menciutkan (adstrigensia) dan mengeraskan dinding usus, sehingga dapat mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus. Cukup dengan minum air rebusan daun balakacida, maka diare anda akan sembuh.

9. Anti bakteri

Manfaat daun Balakacida adalah sebagai anti bakteri, daun balakacida dapat membunuh bakteri yang masuk kedalam tubuh. Hal ini dikarenakan Efek antibakteri tanin antara lain melalui reaksi dengan membran sel. Flavonoid dalam tanin akan mendenaturasi dan mengkoagulasi protein serta merusak membran dinding sel.

10. Antioksidan

Manfaat daun Balakacida adalah sebagai antioksidan, hal ini dikarenakan Ketekin dalam tanin mempunyai sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.


11. Penawar Racun

Manfaat daun Balakacida adalah sebagai penawar racun yang masuk kedalam tubuh.  Hal ini dikarenakan Tanin akan mengeluarkan asam tamak yang tidak larut dan bereaksi dengan alkaloida membentuk tanat yang mengendap.

12. Jantung

Manfaat daun Balakacida adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu mencegah dan mengobati penyakit jandung. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang dikandung oleh daun balakacida memiliki fungsi sebagai anti imflamasi yang dapat membantu kesehatan jantung.

Untuk Membaca Manfaat lainnya Klik DISINI

Demikian lah kandungan dan manfaat daun balakacida yang dapat saya bagiakan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman dan sahabat anda.


loading...