Thursday, June 21, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SAMBUNG NYAWA (Gynura Procumbens)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN SAMBUNG NYAWA (Gynura Procumbens)

Tanaman sambung nyawa (Gynura Procumbens) merupakan tanaman yang cukup terkenal di Indonesia, karena tanaman ini sering di tanam sebagai tanaman hias dan daunnya sebagai tanaman obat herbal. Akan tetapi belum banyak yang mengetahui manfaat sebenarnya dari daun sambung nyawa ini.

Gambar: Daun Sambung Nyawa (Sumber Google Image)

Daun sambung nyawa sendiri, sudah lama digunakan sebagai obat alami oleh masyarakat tradisional Indonesia. Namun bagi masyarakat jaman now, kebanyakan tidak mengenal daun sambung nyawa, hanya namanya saja sering dikenal. Daun sambung senyawa memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau muda, tangkai daun panjangnya hingga 1 – ½ cm, serta letak daunnya yang berselingan. Bentuk daunnya bulat seperti telur pada pangkalnya, memanjang pada ujung runcingnya, panjangnya sekitar 3 – 12 cm, serta lebar pada daunnya hingga 5 cm. Permukaan daunnya sedikit kasar karena memiliki bulu-bulu halus, daun yang bergelombang, menyirip dan sedikit bergigi.

Gambar: Daun Sambung Nyawa (Sumber Google Image)


Tanaman sambung nyawa adalah merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia di daerah Sumatera, pulau Jawa dan Bali, dan ada juga ditemukan di Cina dan Nyanmar. Olahan daun sambung nyawa sebagai obat tradisional atau herbal ini sudah lama di gunakan sejak jaman dulu yang di percaya mampu mengobati berbagai maca penyakit.

Meskipun banyak sekali manfaat dari daun sambung nyawa namun beberapa masyarakat Indonesia belum mengetahui apa saja manfaat dari daun sambung nyawa. untuk itu kami akan membahas tentang beberapa manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan. Daun sambung nyawa sering juga disebut dengan Daun Dewa, karena dari namanya sendiri memang sudah terlintas bahwa tanaman ini adalah obat.
KANDUNGAN DAUN SAMBUNG NYAWA

Daun sambung nyawa sudah terkenal dapat mengobati berbagai penyakit, hal tersebut juga sudah di buktikan berbagai ahli dalam penelitiannya. Daun sambung nyawa memang banyak mengandung zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti:
Asam kafeat,
Asam vanilat,
Asam para kumarat,
Asam p-hidroksi benzoat
Flavonoid: tiga flavonoid golongan flavon dan flavonol.
Fenolik
Klorogenat
Kaempferol-3-O-neohesperidosida
Kaempferol-3-glukosida
Polifenol
Minyak atsiri 
Tanin
Triterpenoid
Triterpen
Saponin
Steroid
Sterol tak jenuh
Quercetin, 
Quercetin-3-O-rhamnosyl(1-6)galaktosida, 
Quercetin-3-O-rhamnosyl(1 -6)glukosida.

Sumber: Meiyanto, E., Sugiyanto, dan Sudarto, B., 1997, Uji Antikarsinogenik dan Antimutagenik Preparat Tradisional Daun Gynura procumbens (Lour.) Merr., Fakultas Farmasi UGM, Prosiding Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia XII, 32. Suganda, A., Sudiro, I., dan Ganthina, 1988. Skrining Fitokimia dan Asam Fenolat Daun Dewa (Gynura procumbens (Luor) Merr), Simposium Penelitian Tumbuhan Obat III, Universitas Indonesia, Jakarta.

MANFAAT DAUN SAMBUNG NYAWA

1. Maag

Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat mengobati penyakit maag. Hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengandung senyawa aktif yang dapat mengotrol dan menurunkan kadar asam lambung. Selain itu daun sambung nyawa juga mengandung zat flavonoid dan yang lainnya yang berfungsi sebagai zat anti implamasi yang dapat merangsang hormon lainnya sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit maag.


2. Diabetes
Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat membatu mengobati diabetes. Daun sambung nyawa sudah terkenal dapat mengobati diabetes. Bagi yang menderita diabetes maka disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal daun sambung nyawa untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Hal ini dikarenankan sifat hipoglikemin yang terdapat dalam daun dewa dipercaya ampuh menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah yakni dengan meminum air rebusan daun sambung nyawa secara rutin minimal satu kali dalam sehari. Atau juga dapat mengkonsumsi langsung sebagai lalapan.
3. Hipertensi
Manfaat daun sambung nyawa adalah membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan daun sambung nyawa memiliki sifat hipotesif yang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah.
4. Jantung

Manfaat daun sambung nyawa adalah mencegah dan mengobati penyakit jantung. Dengan sifat hipotesif yang dimiliki kandungan daun sambung nyawa yang dapat mengotrol tekanan darah, sehingga daun ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, karena dengan tekanan darah teratur, jantung juga akan stabil dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.
5. Antioksidan
Manfaat daun sambung nyawa adalah sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan kandungan tanin dalam daun sambung nyawa mempunyai sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
6. Malaria
Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat mengobati penyakit malaria, hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengadung senyawa Triterpenoid, yang berfungsi sebagai obat malaria. Triterpenoid adalah bahwan dasar pembuatan obat malaria.


7. Kanker
Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat mengobati kanker. Hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengandung saponin memiliki beberapa kualitas yang berfungsi melawan sel kanker. Secara khusus, beberapa jenis saponin memiliki efek antioksidan dan dapat langsung menjadi racun bagi sel kanker. Saponin mampu berikatan dengan senyawa-senyawa dan mengganggu proliferasi sel kanker.
8. Kolesterol
Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengobati penyakit kolesterol, hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengandung saponin berfungsi mengikat asam empedu dan kolesterol sehingga tidak dapat masuk ke sistem tubuh. Hal Ini akan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh Anda dan meningkatkan jumlah yang dikeluarkannya.

9. Penyembuh Luka

Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat sebagai penyembuh luka. Hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengandung steroid yang memiliki fungsi untuk membentuk otot serta mempercepat penyembuhan luka. Cara penggunaanya cukup mudah, yaitu dengan cara: ambil daun sambung nyawa, kemudian bersihkan dengan air hingga, kemudian tumbuk hingga halus dan mengeluarkan air, kemudian tempelkan pada luka.

10. Anti Alergi

Manfaat daun sambung nyawa adalah sebagai anti alergi. Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi quercetin yang terkandung dalam daun sambung nyawa untuk mengatasi reaksi alergi seperti pada asma, gatal-gatal, demam, batuk, dll. Quercetin memiliki kemampuan menghambat produksi dan pelepasan histamin dan mediator inflamasi lainnya.Itu sebab, antioksidan ini mampu mengurangi kemungkinan seseorang terinfeksi dengan berbagai alergen dan juga membantu penyembuhan dari alergi.
11. Ginjal dan Tulang

Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat mengobati penyakit ginjal. Hal ini dikarenkan kandungan  Kaempferol dalam daun sambung nyawa dapat berfungsi untuk merangsang perbaikan ginjal dan mengatur pembentukan tulang dan mungkin bermanfaat dalam mengobati penyakit ginjal kronis dan osteoporosis


12. Demam

Manfaat daun sambung nyawa adalah dapat mengobati demam, hal ini dikarenakan daun sambung nyawa mengandung senyawa Fenolik yang dapat menurunkan demam, senyawa ini juga adalah sebagai bahan dasar pembuatan aspirin.

Masih banyak lagi manfaat lainnya dari daun sambung nyawa yang belum saya sertakan. 12 manfaat daun sambung nyawa diatas adalah manfaat yang sudah teruji dan terbukti.

Demikianlah manfaat daun sambung nyawa yang dapat saya bagikan kepada pembaca. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan kepada sahabat-sahabat anda.

loading...