Tuesday, June 5, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH ZURIAT (Hyphaene Thebaica)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH ZURIAT (Hyphaene Thebaica)


Dari nama nya, buah Zuriat (Hyphaene Thebaica) cukup terkenal di Indonesia, akan tetapi masih banyak juga orang Indonesia yang hanya mengenal atau mengetahui nama buah Zuriat, akan tetapi belum pernah melihat langsung ataupun memakan nya. Buah ini sebenarnya berasal dari daerah Afrika Utara dan Tengah seperti Mesir, Tchad, Djibouti, Sudan, Erythrea, Somalia, Camerouns, Republik Afrika Tengah, Benin, Burkina Faso, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Mali, Mauritania, Niger, Kenya, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, dan Togo serta semenanjung Arab (Arab Saudi dan Yaman). 

Gambar: Pohon Zuriat (Sumber Google)


Gambar: Pohon Zuriat (Sumber Google)

Buah ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib bagi masyarakat Indonesia yang berangkat naik Haji dan Umroh, karena buah ini berkhasiat untuk memperoleh kehamilan dan keturunan, sehingga buah ini sering disebut sebagai buah Adam Hawa, sedangkan di negara Aslinya, buah zuriat diskenal dengan naman buah Doum.

Gambar: Buah Zuriat (Sumber Google)

Gambar: Buah Zuriat (Sumber Google)

Gambar: Buah Zuriat Kembar (Sumber Google)


Zuriat merupakan tumbuhan yang masuk kelompok palm, yang bisa tumbuh dengan baik hingga 50 kaki atau sekitar 15.2 meter. Ciri batangnya bercabang dan kecil seperti bentuk Y. Setiap ujunganya kaku, kecil, memiliki warna hijau serta daunnya mirip kipas. Buah Zuriat berbentuk agak lonjong, warna merah ke-orange-an, ada aromanya dan rasanya manis seperti roti jahe.

KANDUNGAN BUAH ZURIAT

Buah zuriat meiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi manusia, dan yang palaing terkenal adalah bagi kesuburan. Berikut kandungan zat yang terdapat pada buah Zuriat:

Karbohidrat
Energi
Lemak
Protein
Vitamin B1 (Tiamin)
Vitamin B2 (Ribloflavin)
Viatmin B3 (Niacin)
Vitamin C
Kalsium
Fosfor


MANFAAT BUAH ZURIAT

Buah zuriat memiliki banyak manfaat bagi manusia, diantaranya adalah:

1. Kesuburan/Kehamilan

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah untuk meingkatkan kesuburan dan membantu progam kehamilan. Buah zuriat dipercaya mampu menyuburkan sperma dan ovum, mengentalkan sperma, sangat baik dikonsumsi wanita hamil atau yang pernah mengalami keguguran karena buah zuriat berperan untuk menguatkan dinding rahim. Ini merupakan manfaat buah zuriat yang paling terkenal.

2. Otot

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah menyehatkan otot, hal ini dikarenakan buah zuriat mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan bakar kontraksi otot, sehingga dapat menyehatkan otot.

3. Saraf

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah hal ini dikarenakan buah zuriat mengandung banyak Vitamin B1 (Tiamin) yang mana berfungsi untuk menyehatkan sistem saraf dan menjaga transmisi saraf kepada seluruh sel dalam tubuh.

4. Tulang dan Gigi

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah zuriat banyak mengandung Kalsimu dan Fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta dapat menjaga kesehatan otot dan detak jantung.


5. Radikal Bebas

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah menangkal radikal bebas. Efek radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu perkembangan sel kanker. Buah zuriat memiliki kandungan tinggi nitrogen dan tinggi antioksidan , yang keduanya memiliki peran untuk melawan radikal bebas.

6. Hipertensi

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah mengontrol tekanan darah, sehingga dengan mengkonsumsi buah zuriat dapat terhindar dari gejala hipertensi.


7. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah zuriat memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi dan membunuh kuman-kuman yang membahayakan luka. Hal lain yang harus diperhatikan saat tubuh sedang terluka adalah bisa jadi imunitas tubuh menjadi menurun.

8. Mencegah Stress

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah mencegah stress. Hal ini dikarenakan buah zuriat memiliki kandungan antioksidan phytochemical, hydroxycinnamates, kumarin dan flavonoid serta lignin memiliki manfaat yang tinggi untuk mengurangi stress oksidatif atau stress yang disebabkan dari pengaruh radikal bebas.

9. Osteoporosis

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah mencegah osteoporosis, hal ini dikarenakan buah Zuriat tinggi kandungan kalsium yang bermanfaat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh. Tingginya kandungan kalsium pada buah zuriat jika dikonsumsi secara rutin efektif untuk mencegah masalah kesehatan tulang, seperti mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Manfaat Buah Buni

10. Alergi

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah dapat mengatasi alergi. Hal ini dikarenakan buah Zuriat mengandung kandungan senyawa flavonoid dan hydroxycinnamates pada buah zuriat berfungsi sebagai anti-alergi, sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengatasi alergi.

11. Peradangan

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah dapat mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan buah zuriat memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan. Mengkonsumsi buah zuriat juga bermanfaat baik untuk dikonsumsi untuk mengatasi peradangan, cedera dan infeksi.

12. Kanker

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah zuriat tinggi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang memicu munculnya perkembangan sel kanker.


13. Haid

Manfaat buah zuriat atau kegunaan buah zuriat adalah melancarkan haid. Mengkonsumsi rebusan buah zuriat dapat membantu untuk lebih teratur ketika datang bulan. Hal ini karena buah zuriat memiliki fungsi yang mampu melancarkan saluran peredaran darah.

Untuk memberoleh hasil yang optimal, merikut cara atau metode untuk mengkonsumsi buah zuriat seperti yang dilansir pada situs www.kurmapedia.com

Cara I :
Belah buah Zuriat menjadi dua bagian. Rajang rajang buahnya jadi kecil kecil (baik kulit maupun isinya). Rebus dengan 1 gelas air hingga dapat 1/3air (warna air akan berubah kecoklatan seperti air teh). Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari (pagi dan malam).

Cara II :
Potong buah Zuriat dengan Pisau. Hati hati saat memotongnya, karena biji bagian dalamnya sangat keras. Ambil bagian dagingnya saja (yang warna putih), lalu potong lagi menjadi beberapa bagian. Rebus buah dengan 3 gelas air hingga dapat 1 ½ gelas saja. Minum air rebusan buah Zuriat secara rutin pada pagi dan malam hari. Anda bisa menambahkan gula atau madu.

Cara III:
Geprek buah Zuriat dengan palu atau pemukul lainnya (tidah usah dibelah). Haluskan hingga menjadi serbuk. Makan begitu saja ataupun dicampur dengan yang lain.

Cara IV:
Ambil dua biji buah Zuriat, kupas hingga habis dagingnya. Ambil dagingnya yang berwarna putih. Potong kecil kecil. Rebus selama ½ jam atau sampai berwarna kecoklatan. Minum air rebusan secara rutin. Buah yang dipotong potong tadi bisa digunakan berulang ulang sampai airnya tidak berwarna kecoklatan lagi .

Cara V:
Ambil 2  buah biji Zuriat yang telah dikupas. Rebus kulit dan biji buah Zuriat dalam 5 cangkir air selama 15 menit. Biarkan selama 6 jam. Blender kulit buah Zuriat saja bersama air rebusan tadi. Hanya kulitnya saja yang boleh diblender. Saring dan minum airnya. Lakukan hal serupa berulang sampai hamil

Catatan:
Sepasang buah Zuriat bisa digunakan berkali kali sampai airnya tidak berubah menjadi kecoklatan lagi. Minum ramuan ini selama 40 atau 44  hari. Tetap berusaha dan berdoa. 

Amalan:
Bagi umat Islam, bisa mengamalkan amalan sebelum meminum air rebusan Zuriat.
  1. Baca shalawat (11 x).
  2. Baca Al Fatihah (7 x).
  3. Baca surat Ali Imran ayat 38 dan 200, (3 x).
  4. Baca surat Al Anbiya ayat 30, (3 x).
  5. Baca surat As Syu’ara ayat 80, (1 x).
  6. Niat dalam hati , memohon diberi keturunan.
Demikianlah manfaat dan kandungan buah zuriat yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.


loading...