Monday, May 28, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ARBEI (Fragaria Vesc)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ARBEI (Fragaria Vesc)

Buah Arbi (Fragaria Vesc) atau sering disebut buah murbei cukup asing bagi masyarakat indonesia, karena buah ini memang jarang ditemukan di toko buah atau pasar buah tradisional. Padahal buah ini termasuk mudah ditemukan di Indoneisa, karen iklim Indonesia yang tropis dan buah ini sangat cocok untuk tumbuh. Mungkin buah ini kurang terkenal karena masyarakat Indonesia masih belum mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah ini. Buah arbei ini mirip dengan buah anggur akan tetapi lebih kecil. Buah ini memiliki parisai warna antara merah, hitam dan ungu tergantung varietasnya. Buah ini sering digunakan sebagai buah penghias kue, buah ini juga sering disebut sebagai Strawberry alpine (Strawberry kecil). Buah ini memiliki rasa enak, agak asam dan segar. Buah ini sebenarnya termasuk mudah untuk dibudidayakan, hanya dalam pot bisa tumbuh dan berbuah, mungkin karena kurang familiar, sehingga buah ini masih jarang untuk dikonsumsi.

Gambar: Pohon dan Buah Arbei

Gambar: Buah Arbei


KANDUNGAN BUAH ARBEI
Buah Arbei ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, berikut kandungan buah Arbei:

Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM),
buah arbei terkandung :
Air 89,9 gr
Asam folat 30 mcg
Energi 37 kkal
Fosfor 27 mg
Favonoida
Fitonutrien
Karbohidrat 8,3 gr
Kalsium 28 mg
Karotenoid
Lemak 0,5 mg
Protein 0,8 gr
Polifenol
Saponin
Vitamin A 60
Vitamin C 60mg
Vitamin B1 0,003 mg

MANFAAT BUAH ARBEI

Berikut manfaa dan kegunaan buah Arbei:

1. Antioksidan

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah sebagai antioksidan bagi tubuh, hal ini dikarenakan buah arbei mengandung zat saponin, polifenol dan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan tinggi.


2. Hati

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah mengurangi resiko penyakit hati, hal ini dikarenakan buah arbei memiliki kandungan favonoida yaitu senyawa kimia aktif yang dikenal dengan nama silimarin dapat dipakai sebagai obat atau pelindung dari penyakit hati.

3. Melawan Kanker

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah melawan kanker. Hal ini dikarenakan kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah arbei merupakan manfaat antioksidan, ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker. Bagi yang mengkonsumsi buah arbei ini, tidak akan mudah terserang kanker.
4. Tulang dan Gigi

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah sangat bagus untuk tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah arbei mengandung kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi.

5. Sariawan

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan sumber vitamin yang ada pada buah arbei adalah manfaat vitamin C dengan kadar 60 mg. Jumlah ini setara dengan kebutuhan harian vitamin C, sehingga penyakit yang membutuhkan penyembuhan seperti sariawan pun dapat terobati.Caranya sendiri cukup mudah, yakni hanya dengan mengkonsumsi buah arbei tersebut sebanyak 10 gr yang sebelumnya telah dicuci terlebih dahulu.
6. Tumor

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah dapat mengobati tumor. Peneliti dari Australia menemukan bahwa buah arbei langka yang berada di ujung utara negara bagian Queensland adalah obat tumor yang mampu dikembangkan. Senyawa buah arbei ini bisa mematikan tumor kepala dan leher serta benih tumor itu sendiri. Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah dan kemudia mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor. Tak ada efek samping sama sekali, justru senyawa itu bekerja lebih cepat dari yang telah diduga sebelumnya.
7. Maag

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah dapat mengobati penyakit maag. Meski buah arbei memiliki vitamin C dan rasanya asam, namun vitamin C ini tidak memberikan efek samping yang membahayakan bagi lambung. Jadi, bagi siapapun yang menderita maag, dapat dengan tenang jika mengkonsumsi buah arbei ini. Cara penggunaannya cukup dengan mengolah buah arbei tersebut menjadi sebuah jus hingga akhirnya diminum.
8. Tifus

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah melawan penyakit tifus. Tifus merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus, dan ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk mencegah penyakit ini, maka manfaat buah arbei adalah salah satu solusinya agar tubuh dapat terbantu dalam melawan penyakit infeksi bakteri tifus itu sendiri.
9. Kesuburan
Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah sangat mbermanfaat untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita, hal ini dikarenakan buah arbei mengandung asam folat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.
10. Diare

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah meringankan gejala diare. Hal ini dikarenakan buah arbei memiliki kandungan fitonutrien yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diare. Selain itu, buah ini juga mampu melancarkan pencernaan dan mampu mengobati penyakit perut.
11. Penuaan Dini

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah menunda proses penuaan dini. Hal ini dikarenkan buah arbei memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, maka buah arbei mampu membersihkan tubuh secara mendalam sehingga dapat menunda proses penuaan yang sering dialami oleh setiap manusia. Bahkan sebuah penelitian dari Harvard sudah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi buah arbei, mampu memperlambat kehilangan memori hingga tiga tahun lamanya.
12. Kulit Wajah

Manfaat buah Arbei dan kegunaan buah Arbei adalah untuk merawat kulit wajah. Hal ini dikarenakan buah arbei mengandung vitamin C yang tinggi, Dan vitamin ini, mampu melembutkan kulit yang kering. Cara mengolahnya cukup mudah : Campurkan satu sendok teh mentega cair dengan sari buah arbei yang segar. Kemudian, oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu, cucilah wajah dengan sabun dan bubuhkan tonik wajah
Demikianlah kandungan dan manfaat buah arbei yang dapat saya bagikan bagi para pembaca, semoga bermanfaat.

loading...