Wednesday, May 2, 2018

MANFAAT MAHKOTA DEWA (Phaleria Macrocarpa)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN MAHKOTA DEWA (Phaleria Macrocarpa)


Mahkota dewa (Phaleria Macrocarpa) pasti sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, karena buah ini memang merupakan tanaman khas yang berasal dari Indonesia tepatnya dari Irian Jaya atau Papua. Walaupun buah mahkota dewa ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia, namun masih banyak yang belum mengenal ataupun belum pernah melihat tanaman yang satu ini. Pohon tanaman mahkota dewa termasuk tumbuhan perdu menahun, dengan pohon yang tidak besar berwarna coklat dengan permukaan kasar, hampir sama besarnya dengan pohon tanaman perdu lainnya. Memiliki daun berbentuk lanset, saling berhadapan mirim dengan daun jeruk, tangkainya pendek serat bagian ujung, pangkalnya runcing berwana hijau tua dan tepi daun yang rata. Buah mahkota dewa berbentuk bulat, berdiameter 3 sampai 5 cm, beralur dan permukaannya licin. Buah mahkota dewa terdapat bagian kulit, cangkang, daging dan juga biji. Buah mahkota dewa berwarna hijau pada sat muda, dan berwarna merah pada saat sudah matang. Buah mahkoda dewa ini juga sering disebut sebagai buah simalakama, sama seperti ungkapan “makan buah simalakama” selain buah ini memiliki manfaat sebagai obat, buah ini juga memiliki racun yang kuat, terutama pada biji buah ini.


Gambar: Pohon Mahkota Dewa


Gambar: Buah Mahkota Dewa

KANDUNGAN BUAH MAHKOTA DEWA
Buah mahkota dewa terkenal sebagai obat karena kandungan zat yang terdapat didalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut kandungan yang terdapat pada buah mahkota dewa:
Saponin, zat anti bakteri, virus dan desinfektan
Alkaloid, Zat yang terkenal sebagai anti racun dan bakteri.
Flavonoid. Zat membantu melancarkan aliran darah.
Polifenol. Zat anti alergi.
Antioksidan. Kulit buah mahkota dewa kaya akan antioksidan.

MANFAAT MAHKOTA DEWA
Mahkota dewa sangat terkenal sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Berikut manfaat mahkota dewa bagi kesehatan:

1. Mengobati Hepatitis
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah dapat mengobati hepatitis. Hal ini dikarenakan  Zat saponin sebagai zat anti virus dalam mahkota dewa bermanfaat untuk membunuh virus yang mengakibatkan hepatitis dan mengobati penyakit hepatitis. Cara mengobati hepatitis menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
Siapkan 5 gram daging mahkota dewa.
Pegagan sebanyak 15 gram.
Daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
Air bersih sebanyak 5 gelas.
Daun dewa sebanyak 15 gram.
Campur semua bahan dan kemudia rebus sampai tersisa tiga gelas saja.
Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

2. Peredaran Darah
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah memperlancar peredaran darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat flavonoid di dalam mahkota dewa yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah.
3. Imunitas
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya zat yang terkandung dalam mahkota dewa yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus sehingga jika mengkonsumsi mahkota dewa, akan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jika sistem imun meningkat, tubuh pun tidak akan mudah terkena penyakit. Kandungan zat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah zat saponin yang ada di dalam tanaman mahkota dewa.
4. Bakteri dan Virus
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah menangkal bakteri dan virus. Hal ini dikarenakan kandungan alkaloid yang ada di dalam tanaman mahkota dewa bermanfaat untuk menangkal bakteri dan virus di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terkena infeksi bakteri dan virus. Tidak hanya itu saja, berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus pun bisa diatasi menggunakan tanaman mahkota dewa.
5.  Detoksifikasi
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah bermanfaat untuk detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Banyak orang yang mulai sadar pentingnya melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, detoksifikasi baru bisa dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas saja dikarenakan harga sekali detox yang mahal dan menguras isi dompet, sehingga dengan mengkonsumsi mahkota dewa dapat sebagai salah satu alternatif untuk detoksifikasi. Caranya adalah: merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.
6. Kolesterol
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah dapat menurunkan kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi bisa menggunakan mahkota dewa, zat flavonoid di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
7. Tumor
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah dapat mengobati tumor. Tumor adalah adanya benjolan tidak normal yang tumbuh di dalam tubuh. Tumor bisa dihilangkan dan diobati menggunakan kulit mahkota dewa kering yang direbus.
8. Jantung Koroner
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah mengobati jantung koroner. Jantung koroner adalah penyakit jantung yang mematikan. Salah satu penyebabnya adalah aliran darah ke jantung yang tersumbat. Untuk mengobati penyakit jantung koroner adalah dengan membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Zat flavonoid pada mahkota dewa bisa melancarkan aliran darah di pembuluh darah. Jika aliran darah ke jantung lancar, kinerja jantung pun bisa menjadi lebih baik lagi.
9. Disentri
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah sebagai obat disentri. Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri bisa disembuhkan menggunakan mahkota dewa karena zat saponin di dalam mahkota dewa bersifat anti bakteri. Cara menyembuhkan disentri menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
Siapkan kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 6 gram.
Siapkan air bersih 5 gelas.
Rebus buah mahkota dewa menggunakan air. Biarkan sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
Minum sebanyak tiga kali sehari.

10. Asam Urat
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah dapat mengobati asam urat. Zat flavonoid pada mahkota dewa bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Jika kadar asam urat bisa diturunkan maka penyakit asam urat pun bisa diobati dan juga dihilangkan.
11. Inflamasi
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah sebagai anti peradangan. Hal ini dikarenakan zat flavonoid di dalam mahkota dewa bermanfaat sebagai anti peradangan. Jika mengkonsumsi air rebusan mahkota dewa secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat inflamasi.
12. Alergi
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah mengobati alergi. Hal ini dikarenakan adanya zaat polifenol dalam mahkota dewa yang bermanfaat untuk mengusir dan menghilangkan alergi khususnya alergi pada makanan.
13. Radikal Bebas
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan Zat antioksidan yang ada dalam kulit buah mahkota dewa bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas.
14. Vitalitas
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah menjaga dan meningkatkan vitalitas. Kandungan saponin di dalam mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas bagi pria. Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa kering dan diminum satu jam sebelum berhubungan seksual dengan istri. Meminum air rebusan itu bisa bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas.
15. Gula Darah
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan saponin yang ada di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi. Cara menurunkan kadar gula menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :
Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis.
Air bersih sebanyak 5 gelas.
Rebus mahkota dewa bersama air dan sisakan sampai setengahnya.
Minum tiga kali sehari.

16. Metabolisme
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Metabolisme adalah hal yang penting di dalam tubuh. Agar tubuh tetap fit diperlukan sistem metabolisme yang baik. Jika sistem metabolisme di dalam tubuh buruk, tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan. Salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh buruknya metabolisme tubuh adalah penurunan kognitif tubuh. Zat flavonoid dalam mahkota dewa dipercaya bisa meningkatkan dan menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh..
17. Flu Dan Batuk
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah mengobati flu dan batuk. Flu dan batuk adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan mahkota dewa yaitu saponin dan alkaloid bersifat antivirus sehingga bisa mengobati flu dan batuk pada tubuh.
18. Gatal-Gatal
Manfaat mahkota dewa dan kegunaan mahkota dewa adalah mengobati gatal-gatal. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol yang ada di dalam mahkota dewa bisa bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal. Cara mengobati gatal-gatal dengan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini : Daun mahkota dewa digiling atau tumbuk, kemudian tempelkan gilingan daun mahkota dewa yang telah halus ke bagian yang gatal. Penggantian dilakukan sebanyak tiga kali sehari.

Efek Samping Mahkota Dewa
Seperti disebutkan diatas tadi, buah mahkota dewa juga sebagai buah simalakama karena memiliki efek samping. Perawatan dengan buah mahkota dewa sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dari ahli perawatan tradisional, konsumsi mahkota dewa tidak sesuai dosis, dapat mengakibatkan efek samping. Beberapa efek samping perawatan dengan mahkota dewa adalah:
1. Air dari daun mangkota dewa dapat mengakibatkan ngantuk dan mabuk
2. Dapat mengakibatkan sariawan dan mulut bengkak
3. Konsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis bisa menyebabkan kepala pusing, mengantuk hingga sakit kepala yang parah.
4. Buah mahkota dewa mengandung racun yang bisa menyebabkan penyakit untuk tubuh, karena itu dosis pemakaian dan cara konsumsi harus sesuai dengan aturan dari ahli dalam perawatan herbal.
5. Bisa menyebabkan reaksi kejang dan kekurangan oksigen sehingga bisa pingsan.

Demikianlah manfaat dan kegunaan mahkota dewa yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

loading...