Monday, April 17, 2017

Kandungan dan Manfaat Buah Salak (Salacca zalacca)

loading...


Kandungan dan Manfaat Buah Salak (Salacca zalacca) Bagi Kesehatan

Salak merupakan buah yang berasal dari daerah tropis seperti indonesia. Buah salak ini memiliki pohon seperti pohon sawit, dan memiliki duri yang runcing tajam dan panjang. Sedangkan buah salak sendiri memiliki kulit kecoklakan bersisik tajam dan memiliki daging warna putih, serta memiliki biji warna coklat kehitaman yang tekstur keras.




 Gambar 1 : Pohon Salak


Gambar 2: Buah Salak


Bagi kita  masyarakat indonesia tntu sudah tidak asing lagi dengan buah salak, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari buah salak bagi kesehatan, buah salak bagi kebanyakan orang hanya sebagai makanan buah saja tanpa mengetahui manfaat dan kegunaannya, berikut saya coba rangkum dan informasikan mengenai kandungan zat dan manfaat dari buah salak.



Kandungan Nutrisi Buah Salak

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan


Sama seperti buah lain, buah salak sangat bermanfaat buat kesehatan, bahkan kulit ari yang biasanya ketika kita makan buah salah, ternyata ada manfaatnya loh, berikut saya coba rangkum manfaat dan kegunaan buah salak tersebut.

1. Manfaat Buah Salak untuk Mencegah Kanker



Buah salak sangat bermanfaat buat mencegah penyakit kanker, karena kandungan zat yang terdapat di kulit ari dari buah salak, sehingga alangkah lebih baik pada saat kita mengkonsumsi buah salak, jangan membuang kulit arinya seperti yang selama ini kita lakukan.

2.    Manfaat Buah Salak Untuk Obat Diare 

 

Buah salak bermanfaat juga sebagai obat diare, hal ini dikarenakan buah salak mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga ketika kita mengalami atau menderita diare, buah salak dapat sebagai obat alternatif alami untuk mengobatinya. 


3.    Manfaat Buah Salak Untuk Diet

 

Buah salak bermanfaat juga untuk yang sedang menjalankan diet, dikarenakan buah salak memiliki Kandungan fitonutrien, Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


4.    Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Mata

 

Buah salak bermanfaat juga untuk kesehatan mata, dikarenakan Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata anda. Dimana kandungan buah salak ini sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.

5.   Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Antibodi


Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau antibodi tubuh kita. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki Kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit. 

6.   Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan


Buah salak juga bermanfaat untuk pencernaan. Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi kalau makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


7.    Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
Buah Salak juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dikarenakan buah salak memiliki kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak 


8.    Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Stamina


Buah salak juga bermanfaat untuk  meningkatkan stamina, dikarenakan Kalsium yang cukup tinggi.


9.   Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil



Buah salak juga bermanfaat untuk ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness yang sering kali merasa mual. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan.


10.  Manfaat Buah Salak sebagai Agen Antioksidan



Buah salak juga bermanfaat sebagai agen aktioksidan dikarenakan buah salak mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Senyawa alami lain yang dapat di temukan dalam kandungan buah salak juga dapat bermanfaat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan danker pada janin maupun ibu hamil.


11.  Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Anemia



Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil. 

Baca Juga: Manfaat buah Alfukat untuk kesehtan Jantung


12.  Manfaat Buah Salak untuk Penyakit Mag
Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami penyakit mag.

13.   Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan jantung kita, dikarenakan buah salak memiliki Kandungan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi buah salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.


14.   Manfaat Buah Salak untuk Tulang

Buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan Tulang, dikarenakan buah salak mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan tubuh dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

15.  Membantu Sistem Memori pada Janin

Buah salak juga bermanfaat untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Dikarenakan buah salak memiliki Kandungan pektin yang ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. 

Nah, sangat luar biasa ya buah salak, diluar perkiraan kita selama ini. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan informasi bagi pembaca sekalian.
 
 





loading...