Wednesday, May 23, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ANGGUR (Vitis vinivera)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ANGGUR (Vitis vinivera)

Anggur (Vitis vinivera) pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena sekarang ini, buah anggur sangat gampang ditemukan di toko buah, bahkan di pasar-pasar tradisional juga sudah mudah ditemuan, buah ini memang sangat enak untuk di konsumsi langsung, karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Buah Anggur sangat sering sebagai makanan pencuci mulut, jus, bahan kue bahkan di ekstrak menjadi minuman beralkohol . Buah anggur ini sudah banyak di budidayakan, dan dilakukan persilangan antar jenis anggur, sehingga saat ini banyak varietas anggur, jika dilihat dengan kasat mata, perbedaan nya adalah pada warna buahnya, ada merah, ungu, hijau, hitam, ungu. 

Gambar: Buah Anggur

Gambar: Buah Anggur

Gambar: Buah Anggur

Gambar: Buah Anggur

Buah ini awalnya berasal dari daerah Timur Tengah, dan sudah dibudidayakan sejak 4000 SM. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia. Dan pada saat ini, anggur sudah dibudidayakan di Indonesia.

KANDUNGAN BUAH ANGGUR

Dibalik rasanya yang enak, buah anggur mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Air 70%
Kalori 104 (435 kj)
Karbohidrat 98.5 (412 kj)
Lemak  2.0 (8.4 kj)
Protein 3.7 (15.5 kj)

Protein 1.1 g (2%)
Tryptophan 16.6 mg
Threonine 33.2 mg
Isoleusin 16.6 mg
Leusin 33.2 mg
Lisin 40.8 mg
Metionin 13.6 mg
Sistin 15.1 mg
Fenilalanin 28.7 mg
Tirosin 15.1 mg
Valin 33.2 mg
Arginine 196 mg
Histidin 33.2 mg
Alanine 33.2 mg
Asam aspartat 57.4 mg
Asam glutamat 122 mg
Glycine 24.2 mg
Proline 121 mg
Serine 33.2 mg

Vitamin
Vitamin  99,7 IU (2%)
Aktivitas Retinol Setara 4.5 mcg
Alpha Carotene 1.5 mcg
Beta karoten 58.9 mcg
Lutein + Zeaxanthin 109 mcg
Vitamin C 16.3 mg (27%)
Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0,3 mg (1%)
Tokoarium gamma 0,1 mg
Vitamin K 22.0 mcg (28%)
Thiamin 0,1 mg (7%)
Riboflavin 0,1 mg (6%)
Niasin 0,3 mg (1%)
Vitamin B6 0,1 mg (6%)
Folat 3.0 mcg (1%)
Makanan Folat 3.0 mcg
Aset Folat Setara 3.0 mcg
Asam pantotenat 0,1 mg (1%)
Kolin 8.5 mg
Betaine 0,2 mg

Mineral
Kalsium 15.1 mg (2%)
Besi 0.5 mg (3%)
Magnesium 10.6 mg (3%)
Fosfor 30.2 mg (3%)
Kalium 288 mg (8%)
Sodium 3.0 mg (0%)
Seng 0,1 mg (1%)
Tembaga 0,2 mg (10%)
Mangan 0,1 mg (5%)
Selenium 0,2 mcg (0%)
Fluor 11.8 mcg

Karbohidrat
Total Karbohidrat 27.3 g (9%)
Serat makanan 1.4 g (5%)
Gula 23.4 g
Sukrosa 227 mg
Glukosa 10872 mg
Fruktosa 12276 mg


MANFAAT BUAH ANGGUR

Buah anggur mengandung sangat banyak zat-zat yang berguna bagi tubuh selain kandungan air. Berikut manfaat buah anggur bagi kesehatan:

1. Kanker

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah dapat mencegah dan mengobati kanker, seperti kanker paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium (lapisan terdalam pada dinding rahim), usus besar, pankreas, dan prostat. Hal ini dikarenakan Resveratrol yang dikandung anggur merupakan salah satu anti oksidan yang kuat yang telah ditemukan yang berperan protektif terhadap kanker.


2. Darah Tinggi

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah dapat membantu mengotrol tekanan darah dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Hal ini karena buah anggur kaya akan flavonoid diduga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, buah anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

3. Tulang

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah Sangat baik untuk kesehatan tulang, hal ini dikarenakan buah anggur mengandung banyak kalsium dan fosfor yang sangat berperan bagi kesehatan tulang.

4. Jantung

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah menjaga kesehatan Jantung. Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah. Sehingga kerja jantung dapat berjalan dengan lancar.


5. Gula Darah

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah membantu menyeimbangkan gula darah, hal ini dikarenakan buah anggur tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.

6. Antiinflamasi dan Anti Alergi
Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah sebagai anti inflamasi dan anti alergi, hal ini dikarenakan kandugan Anthocyanin yang terdapat pada anggur adalah kelas antioksidan polifenolyang memiliki aktivitas anti-alergi, anti-inflamasi, anti-mikroba.

7. Antioksidan

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah sebagai antioksidan, hal ini dikarenakan buah anggur mengandung banyak vitamin terutama vitamin C dan juga flavonoid dan mineral dan protein lainnya yang sangat berfungsi sebagai antioksidan dan membunuh radikal bebas.


8. Hati

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah menjaga kesehatan Hati, hal ini dikarenakan buah anggur mengandung alanine yaitu asam amino yang membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan menghilangkan kelebihan racun dari hati

9. Penuaan Dini

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah menghambat penuaan dini, hal ini dikarenakan Riboflavin atau vitamin B2 berperan penting bagi tubuh dalam produksi energi. Hal ini karena membantu dalam konversi karbohidrat menjadi gula, yang diketahui sebagai bahan bakar untuk fungsi tubuh. Riboflavin juga memiliki peran aktif dalam rantai transpor elektron yang menghasilkan sel energi. Riboflavin juga membantu dalam pengolahan asam amino dan lemak, juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang dikenal dapat menghambat laju penuaan.

10. Kolesterol

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah menurunkan kadar kolesterol, hal ini dikarenakan kandungan niacin atau vitamin B3 yang terdapat pada buah anggur memiliki kemampuan untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol.

11. Pencernaan

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah anggur mengandung banyak Kalium dimana mineral ini merupakan elektrolit, yaitu zat yang akan melaksanakan fungsi listrik dalam tubuh, yang bekerja bersama dengan natrium, klorida, kalsium, dan magnesium. Kalium sangat penting untuk fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. 

Baca Juga: Manfaat Ganggang Merah Untuk Diabetes

12. Otak dan Syaraf

Manfaat buah anggur dan kegunaan buah anggur adalah membantu kesehatan Otak dan Syaraf, hal ini dikarenakan kandungan kolin yang terdapat pada buah anggur  berfungsi Sebagai nutrisi otak yang diperlukan dalam pembentukan phosphatidylcholine dan sphingomyelin. Keduanya merupakan molekul lipid yang bertindak sebagai insulator bagi sirkuit jaringan syaraf.

Demikianlah kandungan dan manfaat buah anggur yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.




loading...