Monday, September 24, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH OKRA (Abelmoschus esculentus Moench)

loading...


Okra (Abelmoschus esculentus Moench) atau sering disebut juga dengan “Bamia” dan juga punya sebutan lain yaitu jari wanita, merupakan tanaman yang masuk keluar ga kapas-kapasan (Malvaceae), yaitu dalam genus Hibiscus atau tanaman yang sering juga disebut dengan jenis tanaman berbunga abadi. Disebut tanaman berbunga abadi, dikarenakan memang bunganya tidak layu, seperti kapas yang tetap awet. Tanaman ini disebut jari wanita, dikarenakan bentuknya memanjang seperti jari. Tanaman ini adalah merupakan tanaman penghasil serat yang banyak di temukan dan dibudidayakan didaerah dengan iklim tropis dan hangat.

Gambar Daun Dan Pohon Okra (Sumber Google Image)

Gambar Buah Okra (Sumber Google Image)


Tanaman ini memang kurang dikenal di Indonesia, mungkin karena memang tanaman ini berasal dari benua afrika, walaupun saat ini sudah banayak ditemukan di belahan Amerika dan Eropa. Akan tetapi bukan berarti tanaman atau buah Okra tidak dapat ditemukan di Indonesia, buah Okra sudah ada di jual di supermarket-supermarket khusus buah di berbagai kota di Indonesia. Karena memang saat ini  buah Okra sudah terkenal dengan kandungannya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Sebenarnya Buah Okra ini termasuk jenis sayuran yang mengandung sangat banyak serat dan juga glutation. Buah Okra termasuk buah dengan biji yang banyak dan kecil-kecil, dimana bijinya mengandung minyak, yaitu minyak alami tumbuhan yang kaya akan asam lemak jenuh asam oleat dan asam linoleat yang tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINYA KLIK : DISINI

Kandungan Buah Okra

Buah Okra memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, berikut kandungan zat-zat yang terdapat pada Okra:

Item
Nilai gizi
% RDA
Energi
1.5%
31 kcal
Karbohidrat
7.03 g
5.4%
Protein
2.0 g
4%
Lemak
0.1 g
0.5%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat
3.2 g
9%
Folat
88 µg
22%
Niacin
1.000 mg
6%
Asam Pantotenat
0.245 mg
5%
Pyridoxin
0.215 mg
16.4%
Riboflavin
0.060 mg
4.5%
Thiamin
0.200 mg
17%
Vitamin A
375 IU
12.5%
Vitamin C
21.1 mg
36%
Vitamin E
0.35 mg
2.5%
Vitamin K
53 µg
44%
Sodium
8 mg
0.5%
Potasium
303 mg
6%
Kalsium
81 mg
8%
Tembaga
0.094 mg
10%
Besi
0.80 mg
10%
Magnesium
57 mg
14%
Mangaan
0.990 mg
43%
Fosfor
63 mg
9%
Selenium
0.7 µg
1%
Seng
0.60 mg
5.5%
Karoten-β
225 µg
Crypto-xanthinn-β
0 µg
Lutein zeaxanthin
516 µ

MANFAAT BUAH OKRA

1. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah Okra adalah membantu dan menjaga sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan buah okra mengandung sangat banyak Vitamin C, dimana berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengembangkan sistem imunitas atau kekebalan terhadap infeksi yang disebabkan oleh radikal bebas.


2. Aliran Darah

Manfaat buah Okra adalah membantu memperlancar peredaran darah, hal ini dikarenakan buah Okra mengandung cukup banyak zat besi yang berfungsi untuk mengatur molekul hemoglobin, sehingga sel-sel darah merah dapat dengan lancar mengalir dalam pembulu darah dalam pendistribusian onsigen keseluruh bagian tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.

3. Berat Badan

Manfaat buah Okra adalah membantu menurunkan berat badan jika mengkonsumsinya,hal ini dikarenakan Okra merupakan jenis buah/sayuran yang rendah kalori akan tetapi kaya dengan serat alami. Sehingga dengan mengkonsumsi Okra, dapat sebagai makanan pengganti untuk penderita obesitas.

4. Sembelit

Manfaat buah Okra adalah membantu mencegah sembelit, hal ini dikarenakan Okra merupakan jenis polong-polongan yang kaya akan zat lendir, hal ini berguna untuk membantu dalam peristaltik kelancaran makanan yang dicerna melalui usus sehingga dapat membantu meredakan atau mencegah kondisi sembelit.

5. Paru-paru

Manfaat buah Okra adalah membantu melindungi paru-paru, hal ini dikarenakan Okra merupakan tanaman sayur yang banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah manfaat senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru. Dengan mengkonsumsi Okra, maka dapat membantu juga mengurangi terserang penyakit paru seperti asma dan TBC.

6. Tulang dan Gigi

Manfaat buah Okra adalah memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan okra mengandung banyak kalsium dan vitamin K, yang berfungsi merangsang enzim yang memperkuat tulang.

7. Mata

Manfaat buah Okra adalah menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan Okra mengandung banyak Vitamin A, yang sangat baik untuk membantu menjaga dan memelihara kesehatan mata.

8. Kanker Rongga Mulut

Manfaat buah Okra adalah membantu mencegah kanker rongga mulut, hal ini dikarenakan Okra mengandung suatu Antioksidan yang merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu mencegah kanker rongga mulut.

9. Cacat Pada Janin

Manfaat buah Okra adalah menurunkan resiko cacat pada janin, hal ini dikarenakan Okra penghasil folat, dari 100 gram okra segar terdapat kandungan sekitar 22% RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat terutama bagi wanita hamil, dapat membantu menurunkan resiko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.

10. Menjaga keseimbangan tubuh

Manfaat buah Okra adalah menjaga keseimbangan tubuh, hal ini dikarenakan Okra kaya akan vitamin B kompleks seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat. Kinerja vitamin B kompleks saling berkaitan erat satu sama lain. Kekurangan salah satu dari jenis vitamin B kompleks bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh seperti kekurangan energi, sistem saraf yang kurang sehat, pencernakan yang buruk, serta kadar kolesterol yang tidak sehat.

11. Pencernaan

Manfaat buah Okra adalah membantu proses pencernaan, hal ini dikarenakan Okra mengandung banyak serat alami, yang berfungsi memperlancar proses pencernaan baik dalam lambung maupun usus.

13. Jantung

Manfaat buah Okra adalah mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Okra mengandung kandungan serat dan manfaat antioksidan seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan rutin pada ora dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung.



Demikian lah kandungan dan manfaat buah Okra yang dapat kami bagikan kepada para pembaca, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share atau bagikan kepada saudara atau kerabat anda.

loading...