Thursday, September 13, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KELENGKENG (Dimocarpus longan L)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KELENGKENG (Dimocarpus longan L)


Buah Kelengkeng (Dimocarpus longan Latau sering juga disebut buah lengkeng, merupakan salah satu buah musiman yang terkenal di Indonesia, karena rasa nya yang manis dan segar, juga aromanya yang khas, sering membuat orang susah berhenti ketika makan buah ini. Sering orang salah mengenal buah kelengkeng ini, karena rasa, bentuk dan ukurannya sangat mirip dengan buah leci, sehingga banyak orang mengira bahwa buah ini adalah buah leci, padahal bukan. Ada perbedaan yang mendasar, yaitu warna dan teksturnya, buah kelengkeng memiliki kulit yang berwarna coklat dan halus sedangkan leci kulit warna merah dan tidak halus. Akan tetapi jika kulit buah nya di buka, memang akan mirip sekali. Terlebih lagi buah kelengkeng dan leci ini sering di gunakan sebagai pelengkap makanan, seperti kue dan jus.



Gambar Buah Dan Daun Kelengkeng (Sumber Google Image)

Gambar Buah Dan Biji Kelengkeng (Sumber Google Image)


Mungkin masih banyang yang belum mengenal pohon buah kelengkeng ini, padahal buah ini merupakan tanaman khas asia tenggara. Pohon kelengkeng sediri merupakan jenis pohon yang besar, tinggi nya bisa mencapai 40 meter, dan diameter batangnya bisa mencapai 1 meter, walaupun pada saat sekarang ini sudah banyak dikembangkan dan dijadikan menjadi tanaman perdu. Berdaun banyak kecil dan berpasangan.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINNYA SILAHKAN KLIK: DISINI

Karena buah ini merupakan buah musiman, buah ini sering di kemas dalam kemasan kalengan, agar tetap awet dan tahan lama, dikarenakan buah ini cukup banyak dicari, bukan hanya karena rasanya yang manis enak dan menyegarkan, akan tetapi juga karena kandungan zat yang terdapat pada buah kelengkeng ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit


KANDUNGAN BUAH KELENGKENG


Buah kelengkeng memiliki zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut daftar kandungan zat yang terdapat dalam satu buah kelengkeng atau berkisar berat 3 gram:

Kalori 1.8 (7.5 kj)
dari karbohidrat 1.6 (6.7 kj)
dari protein 0.1 (0.4 kj)
Catt : KJ (Kilo Joules)
Protein
Threonine 1.0 mg
Isoleusin 0,8 mg
Leusin 1.6 mg
Lisin 1.4 mg Metionin 0.4 mg
Fenilalanin 0,9 mg
Tirosin 0,7 mg Valin 1.7 mg
Arginine 1.1 mg
Histidin 0.4 mg
Alanine 4.7 mg
Asam aspartat 3.8 mg
Asam glutamat 6.3 mg
Glycine 1.3 mg
Proline 1.3 mg
Serine 1.4 mg
Vitamin
Vitamin C 2.5 mg (4%)
Karbohidrat 0.5 g (0%)
Mineral
Magnesium 0,3 mg (0%)
Fosfor 0,6 mg (0%)
Kalium 8.0 mg (0%)

MANFAAT BUAH KELENGKENG

Buah kelengkeng sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut manfaat mengkonsumsi buah kelengkeng:

1. Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Ibu Hamil yaitu selain sebagai sumber vitamin, juga untuk menghilangkan rasa lemas, karena wanita hamil sering dilanda keluhan perasaan lemas dan pusing, buah ini bisa sebagai salah satu solusinya, dikarenakan buah ini mengandung glukosa dan sukrosa yang dapat membantun mengatasi masalah tersebut.

2. Kaya vitamin C

Manfaat Buah kelengkeng mengandung vitamin C sebanyak 84 miligram per 3.5 ons loh! Jumlah ini mampu memenuhi 93 persen kebutuhan asupan vitamin C harian seorang pria, dan lebih dari 100 persen kebutuhan harian wanita.

3. Tulang

Manfaat Buah kelengkeng adalah sangat baik untuk kesehatan tulang, hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung banyak magnesium, dimana magnesium sangat diperlukan untuk menghindari osteoporosis.

4. Sexual

Manfaat Buah kelengkeng adalah untuk kecantikan dan performa seksual atau daya tahan seksual. Sudah menjadi tradisi turun-temurun sejak 2000 tahun lagi bagi masyarakat Tiongkok, untuk meningkatkan daya tahan dan kepuasan seksual, maka solusinya adalah mengkonsumsi buah kelengkeng. Buah kelengkeng juga sangat dianjurkan untuk di konsumsi olwh wanita, dikarenakan akan memberikan manfaat untuk kecantikan.

5. Mata

Manfaat Buah kelengkeng adalah untuk menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung Riboflavin, dimana fungsinya adalah untuk menghindari terkena resiko penyakit katarak.

6. Diet

Manfaat Buah kelengkeng adalah sebagai asupan makanan saat menjalankan diet, hal ini dikarenakan buah kelengkeng memiliki kandungan lemak yang relatif rendah.

7. Energi

Manfaat Buah kelengkeng adalah sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengadung banyak karbohidrat kompleks yang sangat berguna bagi tubuh sebagai sumber energi.

8. Stress

Manfaat Buah kelengkeng adalah dapat membantu mengurangi stress, hal ini dikarenakan buah kandungan buah kelengkeng dapat memberikan efek ketenangan bagi syarat, yaitu kandungan zar anti depresan yang fungsinya mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan dan terhindar dari masalah insomnia.

9. Tekanan Darah

Manfaat Buah kelengkeng adalah dapat membantu mengotrol tekanan darah, hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung magnesium dan potasium alami, dimana fungsinya adalah untuk membantu mengotrol tekanan darah.

10. Kanker

Manfaat Buah kelengkeng adalah membantu mencegah perkembangan kanker. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol yang terdapat pada buah kelengkeng berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menghilangkan sel-sel yang rusah dengan regenerasi sel baru, sehingga perkembangan kanker akan melambat.

11. Anemia

Manfaat Buah kelengkeng adalah melawan anemia, hala ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat dalam buah kelengkeng, akan berperan sangat penting dalam melawan anemia.

12. Gusi

Manfaat Buah kelengkeng adalah sangat baik untuk kesehatan gusi, hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung banyak vitamin C, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi.

13. Penyembuhan Luka

Manfaat Buah kelengkeng adalah membantu dalam proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengadung vitamin C dan Vitamin B, dimana vitamin ini sangat berperan dalam memperbaiki sel yang rusak pada luka, dan juga dapat membunuh mikroba ataupu bakteri yang terdapat pada luka, sehingga luka cepat kering dan pulih.


Demikian lah manfaat buah kelengkeng yang dapat saya sadur dari berbagai sumber dan bagikan dalam tulisan ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan kepada sauda dan kerabat anda.

loading...