Thursday, September 6, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KIWI (Actinidia deliciosa)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KIWI (Actinidia deliciosa)

Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) salah satu buah yang terkenal dan banyak dicari oleh orang akhir-akhir ini. Selain dikarenakan rasanya yang enak, juga dikarenakan manfaatnya bagi kesehatan. Buah kiwi memang masih tergolong buah yang gampang-gampang susah di cari. Jika ingin mencari buah ini, biasanya lebih mudah ditemukan di toko buah, dari pada di penjual buah pinggir jalan atu pasar.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINNYA KLIK: DISINI

Buah kiwi ini hampir mirip dengan buah sawo. Berbentuk oval kira-kira seukuran dengan telor ayam, atau diameter berkisar 4,5-6 cm. Warna kulitnya hijau kecoklatan dan kulitnya seperti ada bulu-bulu halus. Daging buahnya cenderung berwarna hijau, walaupun ada jenis tertentu yang berwarna kuning keemasan. Di dalam daginggnya terdapat biji kecil-kecil berwarna hitam dan bisa dimakan. Buah kiwi memiliki rasa yang unik dan segar.

Gambar Buah Kiwi (Sumber Google Image)

Buah kiwi sebenarnya berasal dari negara Tiongkok dan awalnya dinamai dengan Gosberi Cina. Pada tahun 1950-an buah ini termasuk menjadi salah satu buah eksport Tiongkok dan dinamai menjadi Kiwi. Seiring berkembangnya waktu, buah ini sudah banyak tumbuh di berbagai negara dengan iklim tropis, dan di Indonesia, buah ini sudah di budidayakan.

KANDUNGAN BUAH KIWI

Dengan mengkonsumsi buah kiwi, akan memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan, hal ini tidak terlepas dari kandungan zat buah kiwi, yang memiliki manfaat yang sangat banyak. Berikut kandungan zat yang terrdapat pada buah kiwi per 100 gram nya:

Protein                   : 0.99 gram.
Air                          : 83,05 gram.
Karbohidrat            : 14.88 gram.
Kalori                     : 61 kcal.
Abu                        : 0.64 gram.
Lemak                   : 0.44 gram.
Magnesium           : 30 mg.
Fiber                      : 3.4 gram.
Besi                        : 0.41 mg.
Vitamin C             : 75.0 mg.
Potassium, K      : 332 mg.
Vitamin A            : 9 mcg.
Kalsium                : 26 mg.
Phosphorus, P   : 40 mg.
Niacin                    : 0.500 mg.
Vitamin A            : 175 iu.
Retinol                  : 0 mcg.
Sodium                 : 5 mg.
Thiamin                : 0.020 mg.
Kolesterol           : 0 mcg.
Riboflavin            : 0.050 mg.
Actinidin
Asam askobin


MANFAAT BUAH KIWI

1. Hipertensi

Manfaat buah kiwi adalah dapat membantu mengobati penyakit darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan buah Kiwi mengandung kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

2. Gigi dan Tulang

Manfaat buah kiwi adalah dapat meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, hal ini dikarenakan buah kiwi mengandung kalsium alami, yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan tulang.

3. Radikal Bebas

Manfaat buah kiwi adalah menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin

4. Mata

Manfaat buah kiwi adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah kiwi mengandung vitamin A, lutein dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kiwi adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan Buah kiwi Tinggi konten vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Masalah Pencernaan

Manfaat buah kiwi adalah dapat membantu mengobati masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan kiwi mengandung actinidain, enzim protein yang larut dalam air seperti papain daatau bromelain yang fungsinya adalah untuk membantu mencerna makanan. Sehingga jika anda memiliki masalah dalam pencernaan, anda dapat mengkonsumsi buah ini, sehingga buang air yang tidak teratur dapat teratasi.


7. Kehamilan

Manfaat Buah Kiwi adalah sangat bermanfaat untuk wanita hamil. Hal ini dikarenakan buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi pada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

8. Jantung

Manfaat buah kiwi adalah dapat mengobati penyakit jantung dan memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan potasium potasium rendah garam yang berpotensi memberi manfaat dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Buah kiwi juga memiliki manfaat anti-pembekuan darah yang alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

9. Untuk Keseimbangan Alkaline

Kiwi adalah termasuk dalam kategori 'paling basa' untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan asam, kebanyakan orang mengkonsumsi buah kiwi. Beberapa manfaat dari tubuh asam/basa yang seimbang untuk: kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik berlimpah, mencegah pilek, mengurangi arthritis, dan mengurangi osteoporosis.

10. Kulit

Manfaat buah kiwi adalah menjaga kesehatan Kulit. Hal ini dikarenakan Kiwi merupakan sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk melindungi kulit dari degenerasi.

11. Diabetes

Manfaat buah kiwi adalah cocok untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah kiwi adalah tergolong dalam kategori 'rendah' ​​untuk indeks glikemik, yang berarti itu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik dari 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.

12. Diet

Manfaat buah kiwi adalah dapat menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan Buah Kiwi rendah Indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan terburu-buru membuat insulin yang kuat seperti buah lain dengan isi gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak.

13. DNA

Manfaat buah kiwi adalah dapat melindungi dari kerusakan DNA. Hal ini dikarenakan kandungan beberapa anti oksidan yang terkandung dalam buah kiwi, akan berkombinasi dan membantu melindungi DNA dari kerusakan oksidatif, seperti yang telah dibuktikan oleh hasil sebuah study oleh Collins, Horska dan Hotten, bahkan ada juga beberapa ahli mengatakan dengan mengkonsumsi buah kiwi secara rutin, akan membantu mengobati penyakit kanker.


14. Stres

Manfaat buah kiwi adalah dapat membantu menghilangkan stres, hal ini dikarenakan buah kiwi kaya akan vitamin C, karotenoid, provitamin A beta-karoten yang berfungsi membantu menghilangkan stres dan memberikan efek tenang sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

15. Konsentrasi

Manfaat buah kiwi adalah untuk meningkatkan konsentrasi, hal ini dikarenakan buah kiwi kaya akan hormon serotonin yang dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan konsentrasi pada saat belajar, sehingga buah kiwi sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anak sekolah.


Demikianlah kandungan dan manfaat buah kiwi yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share atau bagikan kepada saudara dan kerabat anda.

loading...