Sunday, November 25, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KEDONDONG (Spondias dulcis L)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH KEDONDONG (Spondias dulcis L)

Kedondong atau Spondias dulcis L adalah jenis buah yang masuk ke golongan suku mangga-manggan. Buah kedodong sangat cocok untuk tubuh di darah tropis. Di Indonesia sendiri, buah kedondong ini termasuk buah yang terkenal. Bahkan kedondong sudah banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias. Karena memang kedondong sudah di budidayakan menjadi tanaman pot atau hias. Selain sebagai tanaman hias, buah tanaman kedondong ini juga dapat di konsumsi. Biasanya dapat di konsumsi langsung, namun sering dijadikan rujak, asinan ataupun acar. Selain buah kedondong yang dapat di konsumsi langsung, daunnya juga dapat diolah menjadi bahan untuk pepes ikan.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINNYA SILAHKAN: KLIK DISINI


Gambar Buah Kedondong (Sumber Google Image)

Gambar Pohon Buah Kedondong (Sumber Google Image)

Kedondong memang sering dikonsumsi oleh masyarakat, namun masih sedikit masyarakan yang mengetahui manfaat mengkonsumsi kedondong, ternyata kedondong memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan, karena kedondong memiliki kandungan zat yang dapat menyokong untuk meningkatkan kesehatan.

KANDUNGAN BUAH KEDONDONG

Dalah suatu penelitian yang dilakukan terhadap 100 gram buah kedondong masak, mengandung berbagai zat yang sangat berguna bagi tubuh, seperti yang di liris oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya. Berikut kandungan buah kedondong:
Energi = 41 kkal
Protein = 1 gr
Lemak = 0,1 gr
Karbohidrat = 10,3 gr
Kalsium = 15 mg
Fosfor = 22 mg
Zat = 3 mg
Vitamin A = 233 IU
Vitamin B1 = 0,08 mg
Vitamin C = 30 mg


MANFAAT BUAH KEDONDONG

Dari kandungannya dapat disimpulkan bahwa kedondong sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut manfaat kedondong:

1. Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kedondong adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung banyak Vitamin C yang berfungsi untuk membantu pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Vitamin C ini juga akan membantu meningkatkan sel darah putih yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

2. Mata

Manfaat buah kedondong adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung banyak vitamin A yang berguna untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan serta membantu mencegah gangguan pada mata.

3. Obat Batuk

Manfaat buah kedondong adalah dapat sebagai obat batuk, hal ini juda dikarenakan kandungan Vitamin C dan antioksidan yang dikandung buah kedondong akan membunuh virus penyebab penyakit batuk. Penggunaan buah kedondong untuk mengobati batuk adalah: Ambillah 3-4 buah kedondong dan di cusi bersih, kemudian parut buah kedondong sampai halus dan diperas untuk mengabil airnya. Minumlah air perasannya 2 kali sehari, niscaya batuk akan sembuh.

4. Anemia

Manfaat buah kedondong adalah membantu untuk mengobati anemia, hal ini dikarenakan buah kedondong mengadung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kandungan darah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

5. Tulang dan Gigi

Manfaat buah kedondong adalah membantu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung kalsimu dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga untuk memperkuat tulang dan gigi.

6. Jantung

Manfaat buah kedondong adalah dapat untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung kalsium yang bermanfaat untuk meingkatkan kekuatan otot jantung, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

7. Kulit

Manfaat buah kedondong adalah untuk menjaga kesehehatan kulit, hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung Vitamin B1 yang bermanfaat untuk menitrisi kulit sehingga kulit terhindar dari kulit bersisik dan kasar.

8. Mencegah Penyakit Berbahaya

Manfaat buah kedondong adalah dapat membantu mencegah penyakit berbahaya. Beberapa kandungan nutrisi dari buah kedondong sangat penting sebagai pencegah penyakit kronis dan penyakit berbahaya. Seperti Penyakit Penyakit jantung, Penyakit kanker, Kolestrol tinggi (kedondong dapat menurunkan kadar kolesetrol di dalam darah)

9. Pencernaan

Manfaat buah kedondong adalah melancarkan pencernaan, hal ini dikarenakan buah Kedondong mengandung serat tinggi, sehingga tidak diragukan lagi bahwa buah ini penting untuk pencernaan. Serat membantu buang air besar sehingga proses pembuangan limbah makanan menjadi lancar.


Mungkin masih banyak lagi manfaat buah kedondong yang belum disebutkan, namun itulah manfaat terbesar dari mengkonsumsi buah kedondong. Jangan lupa untuk share atau bagikan kepada sauadara atau kerabat anda, semoga bermanfaat.

loading...