Monday, April 16, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN CUKA APEL

loading...

Manfaat dan Kegunaan Cuka Apel
Buah Apel merupakan buah favorit bagi masyarakat,selain dikarenakan memiliki rasa yang enak, buah Apel merupakan buah yang sangat kaya dengan vitamin dan mineral serta memiliki serat yang tinggi sehingga buah Apel sering menjadi makanan pengganti bagi orang yang sedang diet atau  yang berusaha menurunkan berat badan. Buah Apel ini merupakan buah yang gampang busuk, sehingga pada musim panen Apel, dimana Buah Apel melimpah dan untuk menghindari buah rusak, sehingga Apel di olah melalui fermentasi dari sari buah Apel dan menghasilakan Cuka Apel yang sangat kaya akan kandungan Nutrisi yang berkhasiat. Cuka Apel hasil fermentasi dari sari buah apel ini biasa digunakan sebagai penambah rasa asam alami pada masakan. Cuka apel juga kerap digunakan untuk mengawetkan makanan seperti sayur, daging, dan juga acar. Selain untuk mengawetkan dan penambah rasa, ternyata cuka apel sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena cuka apel mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat.

Gambar: Cuka Apel


Kandungan Cuka Apel
Beberapa kandungan nutrisi, vitamin dan mineral dalam cuka apel sebagai berikut:
1. Asam Amino
2. Kalium (Potasium)
3. Magnesium
4. Kalsium
5. Vitamin dan Beta Karoten
6. Zat Asam
7. Enzim dan Pectin

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan
Dengan kandungan yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat, berikut beberapa manfaat cuka Apel bagi kesehatan:

1. Meredakan Rematik
Manfaat dan kegunaan Cuka Apel, dapat meredakan penyakit rematik. Permasalahan persendian seperti rematik biasanya terjadi karena endapan zat asam disekitar sendi sehingga mengganggu kekuatan tulang. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga mampu melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

2. Mencegah Diabetes
Manfaat dan kegunaan Cuka Apel adalah dapat mencegah diabetes. Berdasarkan penelitian Carol Johnston, PhD, pakar gizi Arizona State University, Cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah, dimana aktivitas cuka apel sama dengan metformin atau acarbose, dimana keduanya merupakan obat anti diabetes.

3. Menurunkan Berat Badan
Manfaat dan kegunaan Cuka Apel berikutnya adalah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Han ini dikarenakan cuka apel mengandung pectin yang dapat membatu untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi cuka apel juga dapat mengurangi nafsu makan, sehingga asupan kalori akan berkurang dan mencegah terjadinya penumpukan kalori di dalam tubuh. Dengan manfaat dari cuka apel tersebut, maka akan memberikan efek positif pada program diet yang Anda lakukan. Namun tetap saja, Anda membutuhkan olahraga dan mengontrol porsi asupan Anda.

4. Membantu mengatasi Batu Empedu
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah dapat membantu mengatasi batu empedu, hal ini dikarenakan cuka apel mengandung asam malat yang di dalamnya membatu membuat batu empedu menjadi lembek dan mencegah terbentuknya kolesterol yang merupakan pemicu terjadinya batu kolesterol pada empedu.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah  mengatasi tekanan darah tinggi. Pada manfaat yang disediakan pada buah apel sendiri memang sangat mampu untuk menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Khasiatnya tidak berubah meskipun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka.

6. Anti Racun
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah Mendetoksinasi / membuang racun dalam tubuh Cuka apel sangat penting untuk membuang racun dalam tubuh, cuka apel memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu tubuh membuang berbagai racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit

7. Menghilangkan noda di gigi
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah menghilangkan noda gigi. Hal ini dikarenakan Zat asam dalam cuka apel sangat efektif dalam membersihkan berbagai noda dalam gigi.

8. Kolesterol
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah  Menekan Kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka apel meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL-C) atau kolesterol jahat. Sebaliknya ia juga dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein HDL-C ) atau kolesterol baik. Pertimbangkan dan konsultasikan dengan dokter terkait jika anda mengalami masalah dengan kolesterol dan ingin memanfaatkan cuka apel ini.

9. Rambut
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah membersihkan Rambut. Kandungan cuka apel yang bersifat residu bisa merontokkan kotoran rambut yang berasal dari produk kimia seperti gel atau hair sprey. Gunakan cuka rambut untuk pembilas rambut saat keramas agar kotoran terkelupas kulit kepala menjadi bersih.

13. Kulit
Manfaat dan kegunaan cuka apel berikutnya adalah Toner Kulit. Cuka apel bisa mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan cuka apel pada daerah kulit yang berjerawat, kemudian usap dengan kain lembut seperti penggunaan toner saat membersihkan muka.

Tips Mengonsumsi Cuka Apel
Jangan minum cuka apel secara langsung, karena sangat asam dan tidak baik untuk gigi dan espfagus Anda. Selain itu juga jangan di konsumsi terlalu banyak. Cukup dengan melarutkan 1-2 sdm apel cuka dengan satu gelas besar air dan mengonsumsinya di sela waktu makan Anda.


loading...