Sunday, April 8, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH PIR (pera / peer)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH PIR (pera / peer)

Buah Pir merupakan buah tanamann yang berasal dari Eropa Barat, akan tetapi pada sekarnag ini buah pir sudahsangat muda di temukan di Asia bahkan di Indonesia. Pir yang dalam bahasa Inggris berasal dari nama Latin yaitu ‘pera’ atau ‘Pira’. Nama ini juga diadaptasi dari bahasa Perancis yaitu ‘poire’, dan ‘peer’ dalam Bahasa Belanda. Buah pir yang matang, berwarna kuning dengan bintik kecokelatan yang samar pada kulitnya buah pir ini mirip seperti buah apel, akan tetapi bentuk nya cenderung lonjong, tidak seperti apel yang cenderung bulat. Rasa buah yang manis keasaman menjadikannya sangat segar dikonsumsi saat siang hari yang panas. Saat sekarang ini, di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan buah pir ini, sehingga buah ini mudah untuk di temukan, bahkan telah banyak yang menjual di pasar-pasar tradisional.


 Gambar buah pir 1
Gambar buah pir 2



KANDUNGAN BUAH PIR
Buar pir sangat enak untuk di konsumsi langsung, karena rasanya yang manis dan segar. Buah pir sendiri memiliki kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, karena buah pir ini sangat banyak mengandung kalori, protein, vitamin, mineral dan karbohidrat. Berikut kandungan yang terdapat pada buah pir per 148 gram. (kj=kilo joule)

Kalori 85.8  (359 kj)
Protein 0.6 g (1%)
Vitamin
Mineral
Total Karbohidrat 22.9 g (8%
·         Karbohidrat 82.5 (345 kj)
·         Lemak 1.5 (6.3 kj)
·         Protein 1.9 (8.0 kj)

·         Tryptophan 3.0 mg
·         Threonine 16.3 mg
·         Isoleusin 16.3 mg
·         Leusin 28.1 mg
·         Lisin 25.2 mg
·         Metionin 3.0 mg
·         Sistin 3.0 mg
·         Fenilalanin 16.3 mg
·         Tirosin 3.0 mg
·         Valin 25.2 mg
·         Arginine 14.8 mg
·         Histidin 3.0 mg
·         Alanine 20.7 mg
·         Asam aspartat 155 mg
·         Asam glutamat 44.4 mg
·         Glycine 19.2 mg
·         Proline 31.1 mg Serine 22.2 mg

·         Vitamin A 34.0 IU (1%)
·         Aktivitas Retinol Setara 1.5 mcg
·         Beta karoten 19.2 mcg
·         Beta Cryptoxanthin 3.0 mcg
·         Lutein + Zeaxanthin 66.6 mcg
·         Vitamin C 6.2 mg (10%)
·         Vitamin E 0.2 mg (1%)
·         Vitamin K 6.7 mcg (8%)
·         Thiamin 0.0 mg (1%)
·         Riboflavin 0.0 mg (2%)
·         Niasin 0,2 mg (1%)
·         Vitamin B 0.0 mg (2%)
·         Folat 10.4 mcg (3%)
·         Makanan Folat 10.4 mcg
·         Aset Folat Setara 10.4 mcg
·         Asam pantotenat 0,1 mg (1%)
·         Kolin 7.5 mg
·         Betaine 0,3 mg

·         Kalsium 13.3 mg (1%)
·         Zat Besi 0,3 mg (1%)
·         Magnesium 10.4 mg (3%)
·         Fosfor 16.3 mg (2%)
·         Kalium 176 mg (5%)
·         Sodium 1.5 mg (0%)
·         Seng 0,1 mg (1%)
·         Tembaga 0,1 mg (6%)
·         Mangan 0,1 mg (4%)
·         Seleniu 0,1 mcg (0%)
·         Fluor 3.3 mcg

·         Serat Makanan 4.6 g (18%)
·         Gula 14.5 g
·         Sukrosa 1154 mg
·         Glukosa 4085 mg
·         Fruktosa 9222 mg
·         Laktosa 14.8 mg
·         Maltose 14.8 mg



MANFAAT BUAH PIR
Berdasarkan kandungan zat yang dimiliki buah pir, sehingga dapat di simpulkan bahwa buah pir sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut manfaat buah pir:

1. Menangkal Radikal Bebas
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah menangkal radikal bebas, sehingga tubuh dapar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Hal ini adalah karrena buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan tembaga, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

2. Jantung
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah memcegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan serat yang banyak ditemukan dalam buah pir akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita, sehingga akan memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit jantung. Makan-makanan yang kaya serat seperti buah pir bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 %.

3 . Kanker
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi dalam buah pir akan mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya keluar dari tubuh dan mencegah kanker usus besar. Satu buah pir setiap hari bisa menurunkan resiko kanker payudara hingga 34 % pada wanita setelah menopause.

4 . Alergi
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah tidak menenimbulkan reaksi alergi atau mengurangi resiko alergi.  Pir lebih sedikit memberikan kesempatan alergi dibandingkan dengan buah-buahan lain, sehingga merupakan salah satu dari banyak jenis buah-buahan yang bisa diberikan kepada bayi.

5 . Gula Darah
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah menjaga kadar gula darah. Meskipun buar pir rasanya manis, namun buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah dan tinggi serat, sehingga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

6 . Antibodi
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Han ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan, seperti vitamin C, A, dan tembaga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

7 . Osteoporosis
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah  mencegah osteoporosis. Masalah tulang adalah kejadian yang sangat umum masa kini. Jadi dalam rangka untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan mencukupi asupan kalsium. pH tubuh bisa dipertahankan dengan jalan diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pir kaya akan boron, yang dapat mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

 8. Sumber Energi
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalahmeningkatkan tingkat energi. Kadar glukosa yang tinggi dalam buah pir akan memberikan energi secara cepat ketika merasakan tubuh lemah. Hal ini akan diserap dengan sangat cepat oleh tubuh, dan mengkonversinya menjadi energi .

9 . Pencernaan
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah memperlancar pencernaan. Buah pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 20-25 % asupan serat harian yang direkomendasikan. Karena jenis serat dalam buah pir adalah tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus. Kandungan serat tinggi buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan.

10 . Kehamilan
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah untuk kehamilan. Asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi aman dan terhindar dari cacat lahir. Buah pir banyak mengandung nutrisi ini, dan bisa memakannya secara teratur selama kehamilan untuk memperoleh manfaatnya.

11 . Untuk menyapih anak
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah untuk menyapih anak. Untuk menyapih anak-anak, selalu disarankan untuk memberikan mereka buah pir karena alergen dan keaasamannya yang rendah, sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Buah ini bisa dikupas, dipanaskan dan kemudian dibubur. Kulitnya juga bisa diberikan, akan tetapiharus berhati-hati karena memiliki tepi yang keras dan bisa melukai anak-anak. Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang mengalami diare.

12 . Radang dan Masalah Empedu
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah membantu mencegah masalah kandung empedu, radang usus, radang sendi dan asam urat jika dimakan secara teratur.

13 . Tekanan Darah
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan dalam buah pir akan membantu menjaga tekanan darah.

14 . Peradangan
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah peradangan. Hal ini dikarenakan  Pir memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa membantu mengurangi masalah peradangan seperti arthritis dan lainnya.

15 . Sesak Napas
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah mengurangi gejalan sesak napas. Selama musim panas, gejala sesak napas sangat umum karena hawa panas. Jadi dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir selama hari-hari yang panas.

16 . Tenggorokan
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah mencegah dan mengurangi masalah tenggorokan. Pir mencegah masalah tenggorokan yang sering terjadi selama musim panas. Jadi sangat baik mengkonsumsi buah atau segelas jus pir setiap hari.

17 . Kulit
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah mencegah kerusakan kulit. Hal ini dikarenakan buah Pir tinggi sarat, yang juga berperan penting untuk menjaga kulit kita agar tetap halus dan lembut. Serat dalam Buah pir akan mengurangi kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah, sehingga mencegah kerusakan kolagen(sejenis protein) pada kulit – yang bisa disebabkan karena seringnya lonjakan gula darah. Dengan demikian kita bisa mendapatkan kulit yang halus.

18 . Mencegah Keriput
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah mencegah keriput. Makan buah pir setiap hari akan menjauhkan kulit kita dari penuaan dini. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan tembaga. Semua elemen ini bermanfaat untuk memerangi radikal bebas berbahaya, sehingga sel-sel kulit kita akan terlindung dari kerusakan parah. Hal ini akhirnya akan membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata kita serta daerah bibir.

19 . Kulit Berminyak
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah dapat mengobati kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, buah pir bisa benar-benar bermanfaat bagi Anda. Anda cukup hanya menghancurkan buah pir dan mencampurkannya dengan madu. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah tiga kali dalam seminggu sebagai masker wajah, sehinnga akan mengurangi seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit Anda.

20 . Jerawat
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah menghilangkan jerawat. Orang dengan kulit yang rawan jerawat juga bisa mendapat manfaat dari pir. Hal ini dikarenakan Pir mengandung vitamin dan mineral penting dengan kadar tinggi, sehingga buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih mampu untuk melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

21 . Pelembab Kulit
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah sebagai pelembab kulit alami. Pir tidak hanya baik untuk kulit yang berminyak, tetapi juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Buah ini mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air – senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit. Ekstrak buah per dan gunakan untuk pembuatan lotion pelembab. Asupan rutin jus buah pir juga bisa membuat kulit And halus.

22. Anti-inflamasi
Manfaat buah Pir dan kegunaan buah Pir adalah anti inflamasi alami. Sifat anti inflamasi dari buah pir akan bekerja sebagai obat kecantikan. Mengkonsumsi buah pir atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak pir tidak menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu baik bagi kulit, serta juga berguna untuk bayi.

Nah, untuk menkonsumsi buah pir, tentu kita harus mengetahui mana buah pir yang baik untuk di konsumsi. Pir yang matang adalah yang terbaik. Pilih buah yang berwarna kuning keemasan, penampilannya terlihat baik, harum dan leher yang sedikit lembut. Sebuah pir yang baik harus lembut, serta kulitnya utuh tanpa luka. Jika kulit buah berwarna coklat muda, maka buah dalam keadaan baik. Pastikan bagian atas buah (dekat dengan batang) tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Untuk mengetahuinya, cukup tekan dengan ringan menggunakan ujung jari Anda, bukan meremas seluruh buah.
Dan untuk menyimpan buah pir jika pir sudah matang, sebaiknya simpan didalam lemari es. Sebaliknya, jika Anda ingin membuat nya menjadi matang, simpan dalam mangkuk dengan tanpa mencucinya. Air bisa membuat buah pir menjadi cepat membusuk. Anda juga bisa membantu pir cepat masak, dengan cara menaruhnya kedalam kantong kertas yang dilubangi. Hal ini akan membantu buah untuk mendapatkan cukup oksigen, serta memperlambat pembusukan.

Demikian lah manfaat dan kandungan buah pir yang dapat saya bagikan bagi para pembaca, semoga bermanfaat.


loading...