Saturday, April 7, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH BIT (Beta vulgaris)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH BIT (Beta vulgaris)

Mungkin buat masyarakat umum di Indonesia masih banyak yang belum mengenal buah Bit, atau mngkin di kenal dengan sebutan lain tergantung daerahnya. Buah bit adalah umbi dari akar tanaman bit atau disebut Beta vulgaris, Bit ini sendiri mirip seperti wortel dengan bentuk bulat dan berwarna merah keunguan. Daun Bit biasa di masak untuk dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah bit mengandung tinggi karbohidrat namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah. Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Buah bit sendiri awalnya berasal dari Mesopotamia, dan mulai tersebar ke Benua Asia dan Eropa, namun buah bit ini lebih sering dijumpai di supermarket Amerika Utara dan Inggris. Buah bit mengandung zat besi yang membantu darah memasok oksigen ke otak. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.


 Gambar Buah Bit


Gambar Olahan Buah Bit



KANDUNGAN BUAH BIT

Kandungan alami buah Bit sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, dikarenakan kandungan zat-zat yang terdapat dalam buah bit merupakan zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut kandungan buah bit:
1. Asam folat sebesar 34%, manfaatnya untuk menumbuhkan dan mengganti sel yang rusak. Selain itu dapat menunjang perkembangan otak pada janin.
2. Kalium sebesar 14,8%, manfaatnya menyeimbangkan kondisi cairan dalam tubuh.
3. Serat sebesar 13,6%, manfaatnya memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.
4. Vitamin C sebesar 10,2%, manfaatnya menjaga daya tahan tubuh dan merangsang pembentukan sel dan jaringan baru.
5. Magnesium sebesar 9,8%, manfaatnya menjaga fungsi otot dan sistem syaraf.
6. Zat besi sebesar 7,4%, manfaatnya membantu metabolisme energi dan mengikat oksigen dalam darah.
7. Tembaga sebesar 6,5%, manfaatnya membantu pembentukan sel darah merah.
8. Fosfor sebesar 6,5%, manfaatnya untuk memperkuat tulang.
9. Triptofan sebesar 1,4%, manfaatnya untuk mendukung pertumbuhan anak dan mempercepat penyembuhan saat sakit.
10. Caumarin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel tumor
11. Betasianin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel kanker
12. asam alpha-lipoic yang mampu menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah

MANFAAT BUAH BIT
Berdasarkan kandungan zat yang terkandung pada buah bit, dapat disimpulkan bahwa buah bit sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut manfaat buah bit:

1. Kolesterol

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah dapat menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka kadar kolesterol dalam darah akan tetap stabil.

2. Tekanan Darah

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menstabilkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan Kandungan nitrat pada buah bit akan diubah menjadi nitrit yang akan membuat otot menjadi rileks, sehingga tekanan darah pun akan menjadi normal.

3. Tumor dan Kanker

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah mengobati penyakit tumor dan kanker. Hal ini dikarenakan buah bit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menghancurkan sel tumor dan kanker dalam tubuh, sehingga dengan penggunaan yang tepat buah bit dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati kedua penyakit berbahaya tersebut.

4. Ginjal dan Kantung Empedu

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah membersihkan ginjal dan empedu. Ginjal dan kantung empedu berfungsi untuk menetralisir racun dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih. Dengan bantuan buah bit, kerja dari kedua organ tersebut menjadi terbantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Belimbing

5. Anemia

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah dapat mencegah dan mengobati anemia. Hal ini dikarenakan Buah bit mengandung zat besi yang berkhasiat dalam mengatasi penyakit anemia. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Stamina Tubuh

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menjaga stamina tubuh. Hal ini dikarenakan Kandungan karbohidrat pada buah bit akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin maka stamina tubuh akan tetap terjaga.

7. Pencernaan

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah memperlancar proses pencernaan. Hal ini dikarenakan Buah bit mengandung banyak serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan organ pencernaan, karena sisa makanan dan racun dalam usus besar akan terbuang bersama serat dalam bentuk feses.

8. Peradangan

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung kolin yang berfungsi mempertahankan struktur membran sel dan mengurangi peradangan kronis. Selain itu kolin juga dapat membantu dalam pergerakan otot, penyimpanan memori dan tidur manusia.

9. Hati

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah membantu menjaga kesehatan hati. Manfaat yang satu ini belum dilakukan penelitian yang lebih lanjut, akan tetapi buah bit dipercaya mengurangi timbunan lemak di hati sehingga hati dapat berfungsi dalam keadaan normal dan sehat.

10. Energi

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah sebagai sumber energi. Buah bit membantu menyuplai lebih banyak energi sehingga dapat membuat seseorang lebih lama dalam berolahraga. Selain itu buah bit juga dapat mengurangi resiko sesak akibat masalah kardiovaskular dan pernapasan sehingga membuat olahraga lebih nyaman.

11. Diabetes

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah dapat mengobati penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan zat dalam buah bit dapat merangsang dan meningkatkan produksi insulin serta mencegah proses oksidasi sel. Selain itu buah bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang mampu menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah.

12. Otak

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menjaga kesehatan otak dan mencegah pikun. Hal ini dikarenakan senyawa nitrat yang terkandung dalam buah bit akan diubah menjadi nitrit. Fungsi nitrit sendiri yaitu memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tentu saja pasokan oksigen ke otak akan meningkat. Kondisi tersebut akan membuat otak selalu sehat dan terhindar dari pikun.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini adalah karena buah bit mampu menstabilkan tekanan darah, otomatis kesehatan jantung juga akan meningkat. Selain itu kandungan kaliumnya dapat menekan senyawa homosistein yang dapat mengganggu kinerja jantung.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam

14. Bayi

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah meningkatkan kecerdasan otak pada bayi. Buah bit mengandung folat yang terbukti dapat mendukung perkembangan otak dan membuat bayi menjadi lebih pintar. Karena itu buah bit dapat dikonsumsi ibu hamil agar janin dalam kandungan mendapat asupan folat yang cukup.

15. Mata

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan betakaroten pada buah bit akan menangkal radikal bebas akibat polusi dan racun dari makanan yang mengandung bahan kimia, sehingga dapat mencegah degenerasi makula dan dapat menyehatkan mata.

16. Alergi

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah mencegah alergi, iritasi dan radang. Hal ini dikarenakan buah bit yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

17. Tulang dan Gigi

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor pada buah bit, pertumbuhan tulang dan gigi akan lebih optimal. Selain itu buah bit juga dapat memperkuat tulang pada bayi yang memungkinkannya untuk cepat merangkak dan berjalan.

18. Diet

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah membantu menurunkan berat badan. Karena buah bit mengandung karbohidrat namun rendah lemak dan kalori, mengkonsumsinya secara rutin akan membantu program diet dan menurunkan berat badan secara alami.

19. Imunitas

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam buah bit dapat bertindak sebagai penangkal radikal bebas dan menguatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit.

20. Stroke

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah mencegah penyakit stroke. Stroke terjadi akibat penumpukan kolestrol pada pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah menjadi sempit dan dapat pecah sewaktu-waktu, itulah yang menyebabkan penyakit stroke. Kandungan kalium pada buah bit dapat memperlebar pembuluh darah, dan buah bit juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

21. Sembelit

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah dapat mengurangi sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat pada buah bit pencernaan akan menjadi lebih lancar sehingga buang air besar juga tidak akan terhambat.

22. Sel Darah Merah

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah membantu memproduksi sel darah merah. Seseorang yang kekurangan darah akan merasa pusing dan lemas. Dengan rutin mengkonsumsi buah bit produksi sel darah merah akan meningkat sehingga tubuh terhindar dari kekurangan darah.

23. Otot

Manfaat buah Bit atau kegunaan buah Bit adalah menjaga fungsi otot dan syaraf. Hal ini dikarenakan buah bit memiliki kandungan magnesium sangat baik dikonsumsi agar kesehatan selalu terjaga.

Demikian lan manfat dan kandungan buah bit yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

loading...