Tuesday, April 3, 2018

Manfaat dan Kandungan Kunyit (Curcuma longa)

loading...

Manfaat dan Kegunaan Kunyit

Kunyit merupakan tanaman rempah-rempah yang sangat terkenal di Indonesia, selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga sering di gunakan sebagai bahan pembuat minuman herbal kesehatan seperti jamu. Kunyit yang memiliki bahasa latin Curcuma longa yang adalah tanaman herbal yang berasal dari tumbuh di India dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia. Akar kering dari kunyit "Curcuma longa" digunakan untuk membuat bubuk kunyit. Bubuk ini juga dimanfaatkan sebagai penyedap dalam masakan Asia Selatan. Daun dari tanaman kunyit juga memberikan rasa yang berbeda. Kunyit juga sering dimanfaatkan orang sebagai minuman penghangat bersama temulawak, jahe atau madu.

 Gambar Tumbuhan Kunyit
Gambar Kunyit

Gambar Kunyit dan Olahannya



Kandungan Kunyit
Kunyit memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia, hal ini dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti:
Kunyit memiliki sejumlah kandungan diantaranya :
Zat warna kurkuminoid – Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
Minyak atsiri – Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
Mineral – magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth
Zat lain – Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammardan tannin

Manfaat Kunyit
Kunyit bisa dikatakan merupakan tanaman ajaib, selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit sangat banayak manfaat nya bagi kesehatan. Berikut manfaat dan kegunaan kunyit:

1. Peradangan

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah anti peradangan atau anti inflamasi. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki senyawa kurkumin, senyawa utama dan yang kuat dalam kunyit, dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Salah satu cara mendapatkan  manfaat kunyit adalah dengan menambahkannya ke masakan rumah. Anda dapat membuat minum teh kunyit juga – hanya rebus dengan empat gelas air dan tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit. Anda juga dapat menambahkan lemon atau madu untuk menambah rasa. Dalam satu studi baru-baru ini, pasien osteoarthritis menambahkan 200 mg kurkumin hari berpengalaman menurunkan rasa sakit dan meningkatkan mobilitas.  
Anti-inflamasi kurkumin kunyit adalah begitu kuat dan sangat efektif sebagai obat-obatan. Cara lain yang bisa menggabungkan senyawa piperin (senyawa yang berasal dari lada). Kunyit dengan lada hitam adalah satu kombinasi yang hebat.


Baca Juga : Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

2. Antioksidan

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah anti oksidan. Kunyit dikenal untuk mengikat radikal bebas, menghambat peroksidasi, dan mengurangi kekurangan zat besi – yang semuanya adalah akibat langsung dari kurangnya antioksidan. Dan tidak hanya buah atau rimpang kunyit saja, tetapi bahkan minyak kunyit juga memiliki sifat antioksidan.

3. Otak

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit neurologis. Hal ini dikarenakan Kurkumin dalam kunyit juga dapat meningkatkan regenerasi sel-sel otak. Dan aromatic-turmerone, lain bioaktif senyawa dalam kunyit, dapat meningkatkan pertumbuhan sel induk saraf di otak sebanyak 80%. Anti-inflamasi atau peradangan dan antioksidan dari kunyit, ramuan juga dapat menlindungan menyeluruh untuk otak. Dan karena pasien-pasien dengan penyakit Alzheimer cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi dari peradangan di otak. Sehingga kunyit bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengobatai alzheimer.

4. Jantung

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mencegah penyakit jantung. Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah hal ini dikarenakan Sifat antioksidan dari kunyit dikenal untuk memberikan perlindungan pada kesehatan jantung. Kurkumin dalam kunyit bekerja membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung. Dalam kasus obesitas, ramuan kunyit berguna mengurangi konsentrasi lemak dan kolesterol jahat – dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kurkumin juga telah ditunjukkan untuk mencegah berbagai gangguan jantung yaitu melancarkan suplai darah ke jaringan dalam jantung.

5. Kanker

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mencegah kanker, hal ini dikarenakan Kurkumin dalam kandungan kunyit telah menunjukkan sifat antikanker dalam berbagai penelitian. Dalam kenyataannya, negara-negara yang mengkonsumsi sekitar 100 hingga 200 miligram kunyit setiap hari ditemukan memiliki tingkat lebih rendah dari penyakit kanker. Pada beberapa pasien kanker yang diberi kunyit, tumor dapat menyusut. Pada beberapa orang lainnya, bahan-bahan kimia dari sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan sel-sel kanker menjadi lebih terkonsentrasi.

6. Penuaan Kulit

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah menunda penuaan kulit. Hal ini dikarenakan Kunyit mengandung curcuminoid pigmen yang mengaktifkan gen-gen yang meningkatkan sintesis tubuh dari antioksidan. Ini melindungi sel-sel otak dan kulit dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan konsentrasi, dan bahkan memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan kulit.

7. Diabetes

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu dalam pengobatan Diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga membantu mencegah diabetes. Dalam studi lain, orang-orang dengan diabetes yang diberi dosis curcumin selama 9 bulan ditemukan untuk menjadi kurang mungkin untuk mengembangkan penyakit. Senyawa tersebut juga dapat mengubah cara sistem kekebalan terlalu aktif bekerja pada pasien dengan diabetes tipe 1.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor

8. Kekebalan Tubuh

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mdapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat Anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kurkumin juga ditemukan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan bakteri yang menyebabkan tb yang resistan terhadap obat. Hal ini juga menginduksi apoptosis (mekanisme yang digunakan oleh sel-sel kekebalan tubuh manusia untuk membunuh bakteri)

9. Antiseptik

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah sebagai antiseptik alami. Kunyit menampilkan sifat antibakteri yang sangat baik terhadap berbagai jenis bacteri, seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi menonjolkan sifat antiseptik alami. Membuat larutan kunyit ekstrak keju telah mengurangi jumlah bakteri S. typhi bakteri. Senyawa tersebut juga telah menunjukkan  dalam kombinasi dengan antibiotik tertentu. Dan tidak hanya bakteri, tetapi kunyit telah dipamerkan sifat pelindung terhadap berbagai macam jamur dan virus.

10. Mendetoksifikasi Hati

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mampu mendetoksifikasi hati. Menurut University of Maryland Medical Center, kurkumin dalam kunyit merangsang produksi empedu oleh kandung empedu. liver atau Hati, seperti yang kita tahu, kegunaan empedu adalah untuk mengeluarkan racun. Empedu juga meremajakan sel-sel dalam hati yang memecah senyawa berbahaya. Khasiat kunyit dan Efeknya sangat baik untuk liver bahwa senyawa ini dapat digunakan untuk mengobati keracunan merkuri.

11. Nyeri Haid 

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mampu mengurangi nyeri haid pada wanita. Menurut salah satu studi di Iran, kurkumin dalam kunyit ditemukan bermanfaat mengurangi keparahan gejala menstrulasi. Efek samping kunyit ini dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi pada kunyit.  Sesuai laporan oleh the Evergreen State College, kunyit dapat digunakan untuk mengobati nyeri haid – seperti yang digunakan oleh orang Cina dan India kuno sebagai pengobatan herbal atau tradisional

12. Penghilang Rasa Sakit

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah sebagai penghilang rasa sakit alami. Hal ini terutama berlaku untuk nyeri arthritis. Kunyit juga meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Cukup campurkan dua sendok makan kunyit dengan air untuk mendapatkan obat, dan oleskan ke daerah yang terkena sakit atau radang.

13. Pencernaan

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu meringankan masalah pencernaan. Sebagian besar asam lambung atau GERD biasanya disebabkan oleh peradangan dan stres dan harus diobati dengan anti-inflamasi dan antioksidan. Yang adalah mengapa kunyit bisa menjadi pilihan yang bagus. Kunyit dapat mengurangi sensitivitas dari kerongkongan terhadap asam, seperti asam lambung dan mengurangi gejala GERD.  Studi dari jaringan manusia telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit istimewa akan terakumulasi dalam usus, hati, dan usus besar. Ini bisa menjadi alasan lain untuk janji dalam mengobati gangguan pencernaan. Kurkumin juga dapat membantu mencegah kanker kolorektal. Hal ini juga memberikan peluang untuk mengobati atau bahkan mencegah penyakit hati. Kunyit juga mengurangi kembung dan gas pada orang yang menderita gangguan pencernaan.

14. Obesitas

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Anti-inflamasi kunyit membantu mencegah kolesterol dan gula darah tinggi, yang juga berkontribusi terhadap obesitas. Ketika tubuh anda tidak bisa memerangi terlalu banyak peradangan, hal ini lebih mudah untuk fokus pada pola makan ataunpenurunan berat badan. Bukti menunjukkan bahwa curcumin dapat menginduksi penurunan berat badan dan mencegah obesitas yang berhubungan dengan penyakit. Kunyit juga meningkatkan panas tubuh, yang dapat meningkatkan metabolisme anda. Kurkumin mengatur metabolisme lipid, yang memiliki peran untuk bermain dalam obesitas dan komplikasi yang terkait.

15 Kunyit Membantu Mengobati Psoriasis

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu mengobati Psoriasis. Hal ini dikarenakan Kunyit dapat menghambat inflamasi enzim yang terkait dengan psoriasis. Hal ini juga dapat menurunkan kadar sitokin yang merangsang sel peradangan dan mungkin akhirnya menyebabkan psoriasis. Menggunakan kunyit untuk psoriasis ini cukup sederhana. Anda dapat mengambil setengah sendok teh bubuk kunyit dan perlahan-lahan tambahkan air ke dalamnya. Aduk terus sampai anda mendapatkan pasta. Balurkan pada kulit untuk mengobati psoriasis. Tutup dengan beberapa kain dan biarkan semalam. Lepaskan kain dan bilas kulit anda dengan air hangat keesokan harinya. Anti-inflamasi kunyit memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengobati psoriasi.

16. Jerawat

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu dalam pengobatan jerawat. Hal ini dikarenakan Sifat antibakteri dari kunyit membantu dalam pengobatan jerawat. Dan sifat anti-inflamasi kunyit mengobati peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Kunyit dapat digunakan untuk kulit berminyak sebagai pencuci muka atau wajah. Kunyit dan susu memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati jerawat. Semua yang anda butuhkan adalah 1 sendok teh kunyit dan 3 sendok makan susu bersama dengan 2 sendok makan tepung dan beberapa tetes madu. Aduk rata, dan oleskan lapisan tipis campuran ini pada wajah anda. Biarkan hingga kering selama 20 menit. Anda dapat kemudian bilas masker dari dalam kamar mandi dan oleskan pelembab favorit anda setelah mandi. Kunyit susu juga dapat membantu mengobati kulit kering.

17. Keriput

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah berguna mencegah keriput. Menurut sebuah penelitian di Jepang, kunyit dapat mencegah pembentukan keriput dan melanin. Hal ini juga mencegah penurunan elastisitas kulit kronis yang disebabkan oleh pajanan UVB.

18. tretch Mark

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah sebagai obat strecch Mark Kunyit karya besar untuk stretch mark. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin yang menembus membran sel. Kurkumin dikenal untuk mengubah sifat fisik dari membran sel – dan karenanya, ini bisa menyembuhkan stretch mark. Cukup oleskan kunyit ke pinggang dan perut sebelum mandi.

19. Luka Bakar

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah menenangkan luka bakar. Hal ini dikarenakan sifat Anti-inflamasi dan antiseptik kunyit membantu menenangkan luka bakar. luka bakar (setidaknya, sebagian besar dari mereka) tidak akan membengkak ketika anda menggunakan kunyit. Anda juga dapat mencampur kunyit dengan minyak lainnya untuk meningkatkan pengobatan seperti minyak zaitun atau madu. Cukup oleskan campuran tersebut ke daerah-daerah yang luka bakar. Zat dan sifat antioksidan kunyit membantu menyembuhkan luka dan mengurangi jaringan luka.

20. Pigmentasi Kulit 

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah untuk pigmentasi kulit. Pemutihan sifat-sifat kunyit yang dapat membantu mengobati pigmentasi kulit. Ramuan ini juga dapat menjaga kulit bebas dari infeksi. Semua yang harus anda lakukan adalah mencampur satu sendok teh setiap bubuk kunyit dan jus lemon. Oleskan campuran tersebut ke daerah yang bernoda hitam dan kusam dan biarkan selama 20 menit. Jangan pergi keluar di bawah sinar matahari selama setidaknya satu jam. Bilas dengan air dingin. Anda dapat melakukan ini sekali sehari sebelum mandi.

21. Hirsutisme

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah memperlakukan Hirsutisme. Ini adalah kondisi di mana rambut wajah sampai berlebihan – dan itu adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon. Aplikasi topikal dari kunyit membantu dalam hal ini. Bahkan dengan kunyit secara lisan dapat mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

22. Kaki Pecah-Pecah

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah menyembuhkan kaki pecah-pecah. Zat sifat kunyit membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah juga. Anda dapat mencampur jumlah yang sama dari minyak jarak dan minyak kelapa dan tambahkan sejumput bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke tumit pecah-pecah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

23. Pengelupasan Kulit

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu dalam pengelupasan kulit. Anda dapat mempersiapkan kunyit scrub yang membantu pengelupasan kulit anda. Campurkan satu sendok makan kunyit dengan satu sendok makan air dan cuka sari apel (atau air mawar). Pijat campuran tersebut ke area masalah dengan lembut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan baik. Keringkan. Anda dapat menggunakan pembersih yang lembut jika warna kuning tetap. Menggunakan scrub ini dua kali hingga tiga kali seminggu membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit.

24. Rambut Rontok

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah mencegah rambut rontok. Studi tertentu mengatakan kurkuminoid dalam kunyit dapat membantu mencegah rambut rontok. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk ini, menggunakan kunyit pada rambut anda yang tidak memiliki efek berbahaya.

25. Ketombe

Manfaat Kunyit dan Kegunaan Kunyit adalah membantu menghilangkan ketombe. Campuran kunyit dan minyak zaitun dapat menghilangkan ketombe dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Hanya campuran bagian yang sama dari keduanya dan meninggalkan hal ini pada rambut anda selama 20 menit sebelum keramas.

Efek Samping Kunyit
Selain manfaat yang begitu banyak, ternyata konsumsi kunyit secara berlebihan akan menimbulkan efek samping. Berikut efek samping dari kunyit yang berlebihan:

Masalah-Masalah Selama Kehamilan
Bila dikonsumsi secara lisan dalam jumlah obat selama kehamilan, kunyit bisa memicu menstruasi atau bahkan merangsang rahim. Hal ini dapat menempatkan kehamilan berisiko.
Penyebab Sakit Perut
Ketika diambil dalam jumlah besar, kunyit dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Dalam kasus-kasus tertentu, hal ini dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam lambung, yang menyebabkan ketidaknyamanan.
Batu Ginjal
Pada individu yang rentan, ada peningkatan risiko batu ginjal. Oleh karena itu, orang yang menderita batu ginjal harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum menggunakan kunyit.
Peningkatan Risiko Perdarahan
Kunyit bisa memperlambat pembekuan darah, dan hal ini dapat meningkatkan risiko perdarahan pada individu dengan gangguan perdarahan. Juga, berhenti menggunakan kunyit minimal 2 minggu sebelum operasi.
Bisa Membuat Gula Darah Terlalu Renda
Hal ini dapat membuat gula darah terlalu rendah pada orang yang sudah mengambil gula darah atau diabetes obat-obatan.
Infertilitas Pada Pria
Hal ini dapat menurunkan kadar testosteron dan menurunkan gerakan sperma jika dikonsumsi secara lisan oleh laki-laki. Oleh karena itu, rempah-rempah harus digunakan dengan hati-hati pada orang-orang yang mencoba untuk memiliki bayi.
Kekurangan Zat Besi
Jumlah kelebihan kunyit dapat mencegah penyerapan zat besi. Individu dengan defisiensi besi harus menggunakan kunyit dengan hati-hati.

Demikian manfaat kunyit dan kegunaan nya yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

loading...