Monday, April 16, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH PLUM

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH PLUM

Bagi masyarakat Indonesia, buah Plum ini masih cukup asing, akan tetapi tetap dapat ditemukan di Indonesia. Buah yang satu ini berasal dari darah Tiongkok dan banyak di budidayakan disana. Buah Pulm ini mengandung begitu banyak senyawa yang amat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang tentunya dapat menjadi senjata dalam melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah anemia, serta sorbitol dan isatin yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

Gambar: Buah Plum

Gambar: Buah Plum Merah

Gambar: Buah Plum Kering


KANDUNGAN BUAH PLUM
Buah plum ini mengadung sangat banyak Zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut kandungan zat yang terdapat pada buah plum:
Energi 46 Kcal
Karbohidrat 11.42 g
Protein 0,70 g
Lemak total 0,28 g
Serat makanan 1,40 g
Vitamin Folat 5 mcg
Niasin 0,417 mg
Asam pantotenat 0.135 mg
Piridoksin 0,029 mg
Riboflavin 0,026 mg
Thiamin 0,028 mg
Vitamin A 345 IU
Vitamin C 9,5 mg
Vitamin E 0,26 mg
Vitamin K 6,4 mcg
Elektrolit Sodium 1 mg
Kalium 157 mg
Mineral Kalsium 6 mg
Tembaga 0,057 mg
Besi 0,17 mg
Magnesium 7 mg
Mangan 0,052 mg
Fosfor 16 mg
Selenium 1,0 mcg
Seng 0,10 mg
Phyto-nutrient Carotene-ß 190 mcg
Crypto-xanthin-ß 35 mcg
 Lutein-zeaxanthin 73 mcg

MANFAAT BUAH PLUM
Dari kandungan yang terdapat dalam nuah plum ini, dapat di simpulkan bahwa buah plum memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Berikut manfaat buah plum untuk kesehatan :


1. Antioksidan
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat inilah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida. Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

2. Obesitas
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu mengatasi Obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. Bahkan, membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung didalamnya.

3. Diabetes
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu mengobati diabetes. Buah Plum mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid didalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sebuah studi juga telah membuktikan kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh.

4. Tulang
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan Kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada didalam buah plum dapat membantu kemjaga kesehatan tulang. Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis. Dan juga kandungan polifenol dan kalium didalamnya yang mampu mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos terutama pada wanita pascamenopause yang mengalami penurunan hormon estrogen seiring bertambahnya usia.

5. Pencernaan
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah memperlancar sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah plum merupakan sumber serat makanan yang baik terutama berkat kandungan sorbitol dan isatin didalamnya. Bahkan manfaatnya dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium. Kandungan sorbitol dan isatin didalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus sehingga dapat meningkatkan pembilasan limbah secara lebih efisien melalui usus besar.

6. Kognitif
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu menjaga fungsi kognitif. Kandungan fitonutrisi seperti flavonoid yang terkandung didalamnya ternyata memiliki manfaat lebih terhadap fungsi kognitif manusia. Senyawa ini mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson serta membantu mengoptimalkan fungsi memori dan belajar.

7. Saraf
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu kelancaran sistem saraf. Hal ini dikarenakan Buah plum mengandung vitamin B-6 yang sangat penting bagi sistem saraf pusat, antara lain untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf, membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu terbentuknya hormon yang akan memengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Selain itu, kandungan triptofan dalam buah plum juga membantu memproduksi serotonin yang berhubungan erat dengan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi yang lebih baik.

8. Jantung
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah baik untuk kesehatan jantung. Asupan plum kering secara teratur dapat membantu dalam mempromosikan fluiditas darah di arteri sehingga akan mengurangi risiko dari berbagai gangguan jantung seperti, aterosklerosis bahkan serangan jantung dan stroke. Buah plum juga mengandung mineral potasium yang mampu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

9. Sistem Imun
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi, maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit.

10. Kolesterol
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu mengendalikan kadar kolesterol. Buah plum sangat berguna dalam mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil. Bahkan, khasiatnya dalam hal ini lebih baik dibandingkan dengan anggur merah. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

11. Anemia
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah sebagai obat alami anemia. Hal ini dikarenakan Buah plum mengandung zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

12. Stres
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu mengatasi kecemasan dan stres. Hal ini dikarenakan efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang ada pada buah plum yang telah terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan yang disebabkan oleh stres oksidatif

13. Flu
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah sebagai obat flu alamai. Hal ini dikarenakan konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip-lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

14. Mineral dan Vitamin
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalahsumber mineral dan vitamin yang baik. Buah plum dengan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung seperti Kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi dan berbagai senyawa lainnya.

15. Kanker
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu melawan sel kanker. Ekstrak plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Buah plum mengandung epicatechin (epikatekin) yang merupakan salah satu jenis flavonoid dan telah terbukti dalam membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker ganas serta menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoselular atau kanker hati. Buah plum juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara, tanpa membahayakan sel-sel yang sehat.

16. Keseimbangan Asam-Basa
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah menjaga kesimbangan asam-basah tubuh. Hal ini dikarenakan buah plum memiliki kandungan kalium yang melimpah, yang merupakan elektrolit yang sangat penting bagi fungsi saraf dan otot. Buah plum juga kaya akan kalium ini tentunya sangat berpengaruh sekali dalam membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam-basa tubuh.

17. Kulit
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah perawatan kulit. Buah plum yang kaya akan vitamin C bersama dengan antioksidan lainnya sangat amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bercahaya. Buah ini juga mengandung nutrisi anti-aging yang akan membuat selalu terlihat awet muda dan sekaligus membantu mengurangi bintik hitam dan keriput di wajah. Ekstrak buah plum telah banyak diolah menjadi berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit, seperti facial wash dan masker wajah.

18. Makula
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu mencegah degenerasi makula. Buah plum mengandung vitamin A dan beta-karoten yang tentunya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Dan juga senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) dalam buah plum yang sangat berguna untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi sinar ultraviolet (UV).

19. Pembekuan Darah
Manfaat Buah Plum dan Kegunaan Buah Plum adalah membantu pembekuan darah. Hal ini dikarenakan Buah plum juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan. Ya meskipun tubuh tidak memerlukan terlalu banyak vitamin K, namun jika seseorang sampai mengalami defisiensi vitamin K maka dapat mengalami perdarahan berlebihan dan berbagai risiko kesehatan lainnya.

Demikian manfaat dan kandungan buah plum yang dapat saya bagikan kepada pembaca. Semoga bermanfaat.



loading...