Friday, April 20, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN MINYAK ZAITUN (Olive oil)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN MINYAK ZAITUN (Olive oil)
Minyak Zaitun atau sering disebut minyak olive adalah merupakan minyak yang diperoleh dari ekstrak buah Zaitun (Olea europaea), yaitu pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak zaitun ini dapat digunakan untuk memasakkosmetikobat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi,lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).


Gambar: Buah Zaitun

Gambar: Buah dan Minyak Zaitun

Gambar: Minyak Zaitun



KANDUNGAN MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun memngadung zat yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan juga kulit atau kecantikan. Berikut kandungan minyak Zaitun:
Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :
Energi – 3701 kJ (885 kcal)
Karbohidrat – 0 g
Lemak – 100 g.
– Jenuh (14 g)
– Tak jenuh tunggal (73 g)
– Tak jenuh ganda (11 g)
– Omega-3 lemak (<1,5 g)
– Omega-6 leak (3,5-21 g)
Protein – 0 g
Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)


JENIS-JENIS MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun mempunyai beberapa jenis, yang dibedakan berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:
Minyak zaitun extra virgin adalah jenis minyak zaitun ayang langsung diesktrak dari buah zaitun. Proses ekstrak hanya melalui perasan pertama buah zaitun. Adapun kadar keasaman pada jenis minyak zaitun ini adalah 1%.
Minyak zaitun virgin adalah jenis minyak zaitun yang di dapat dari perasan pertama buah zaitun yang memiliki kadar keasaman 3%.
Minyak zaitun vino  adalah jenis minyak zaitun yang didapat dari campuran extra virgin dan virgin.
Minyak zaitun pure adalah minyak zaitun yang di peroleh dari kombinasi minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin.
Minyak zaitun light adalah jenis minyak zaitun yang telah melalui proses saring yang hasilnya akan mempengaruhi warna dari minyak zaitun itu sendiri.
Selain jenis minyak zaitun virgin, semua jenis yang lain bisa dipakai untuk memasak. Namun alangkah baiknya, jika minyak zaitun digunakan langsung pada makanan seperti mencipratkannya pada sayuran selayaknya membuat salad.

MANFAAT MINYAK ZAITUN
1. Kanker
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah dapat mencegah dan mengurangi resiko kanker. Hal ini dikarenakan Sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak zaitun dan juga melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit. Pada penderita kanker kulit, dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin merupakan cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan begitu malignant melanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah. Sedangkan pada kanker payudara, kanker payudara ini sering terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak yang ada pada minyak zaitun dapat memainkan peran untuk melawan perkembangan tumor ini yang menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.
2. Darah
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah melancarkan aliran darah. Hal ini dikarenakan Kandungan lemak omega 9,6, dan 3 akan memperbaiki fungi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.
3. Kolesterol
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah mengontrol kolesterol. Yaitu dengan lancarnya peredaran darah serta antioksidan yang sangat tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi.
4. Jantung
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah mencegah dan mengurangi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
5. Tekanan Darah
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah mengontrol tekanan darah. Lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.
6. Tulang
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah menebalkan tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah tes dilakukan pada tikus yang dalam kondisi yang mirip pada menopause perempuan. Terdapat 1 kelompok yang rajin diminumkan minyak zaitun. Sedangkan kelompok lain tidak. Hasil menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun menunjukkan penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.
7. Peradangan Kulit
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah meredakan peradangan kulit. Anti inflamasi pada minyak zaitun berguna untuk mengobati peradangan kulit seperti terbakar oleh sinar matahari, kulit sensitif, dan gatal-gatal.
8. Membantu mengobati alzheimer
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah membantu mengobati Alzheimer atau kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Peneliti Italia dari Universitas Florence menemukan bahwa polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin dapat mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer. Studi yang dipublikasikan di PLOS One, sebuah jurnal dengan akses terbuka, meneliti manfaat minyak zaitun untuk kesehatan pada tikus yang berpenyakit alzheimer. Tikus diberikan oleuropein aglycone, polifenol utama yang ditemukan pada minyak zaitun extra virgin selama 8 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi diet oleuropein aglycone sangat memperbaiki kinerja kognitif tikus dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima polifenol minyak zaitun.
9. Depresi
Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah dapat melingdungi dari depresi. Menurut peneliti dari Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria, makanan kaya minyak zaitun dapat memerangi penyakit jiwa. Minyak zaitun bila dikombinasikan dengan pilihan sehat dari diet Mediterania, seperti sereal gandum, ikan berminyak, sayuran, dan tomat kering matahari, minyak zaitun akan lebih mampu mengerjakan keajaibannya yaitu memerangi depresi.

10. Bibir Hitam

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah menghilangkan bibir hitam. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

11. Rambut

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah merawat kesehatan rambut. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

12. Alis

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah menebalkan alis. Hal ini dikareanakan Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia. Caranya adalah Oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur kemudian biarkan semalaman lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka

13. Bulu Mata

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Anda aplikasikan pada bulu mata agar bagi Anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

14. Mengencangkan Kulit

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah mengencangkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif. Caranya adalah Siapkan 1 sdm minyak zaitun kemudian Campur dengan 1 sendok teh madu lalu Gunakan sebagai masker wajah.

15. Pori-pori

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan zat linoleic sangat bermanfaat mengecilakan pori-pori wajah.

16. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika. Caranya adalah Haluskan buah pepaya dan campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat

17. Memutihkan wajah

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah memutihkan wajah. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Anda tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan secara natural.

18. Jerawat

Manfaat minyak zaitun dan kegunaan minyak zaitun adalah menyembuhkan jerawat. Manfaat minyak zaitun Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi. Kandungan antibakteri nya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Sifat anti-inflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Sifat non-comedogenic nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit. Caranya adalah oleskan minyak zaitun pada wajah Anda yang terkena jerawat, Pijit wajah dengan lembut dan perlahan, Lakukan selama 4 - 5 menit kemudian biarkan selama 15 - 20 menit. Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat, ulangi pijitan tersebut selama beberapa kali, lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya
Demikian lah manfaat dan kandungan minyak zaitun yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

loading...