Friday, April 27, 2018

MANFAAT DAN KEGUNAAN BUAH DUKU (Lansium domesticum)

loading...

MANFAAT DAN KEGUNAAN BUAH DUKU (Lansium domesticum)

Buah duku merupakan buah yang sangat pamiliar untuk masyarakat indonesia, selain hampir merata dapat di temukan di wilayah indonesia, buah duku juga merupakan buah yang sangat enak di konsumsi sehingga masyarakat sangat menggemari buah ini, bahkan masyarakat boleh dikatakan tidak ada yang tidak mengkonsumsi buah ini. Buah duku (Lansium domesticum) adalah buah yang berukuran bulat kecil, dengan kulit berwarna hijau ketika masih mentah dan rasanya sangat asam, berwarna kekuningan setelah matang dan rasanya manis. Buah duku ini biasanya di konsumsi sebagai  buah pencuci mulut, namun ternyata buah duku memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan.


Gambar: Pohon Duku


Gambar: Buah Duku



KANDUNGAN BUAH DUKU
Duku memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, hal tersebut dapat dilihat dari kandungan zat-zat yang terdapat pada buah duku. Berikut adalah kandungan dalam 100 gram buah duku:
Energi = 63 kkal
Protein = 1 gr
Lemak = 0,2 gr
Karbohidrat = 16,1 gr
Kalsium = 18 mg
Fosfor = 9 mg
Zat Besi = 1 mg
Vitamin A = 0 IU
Vitamin B1 = 0,05 mg
Vitamin C = 9 mg

MANFAAT BUAH DUKU
Berikut manfaat buah duku:

1. Kolesterol
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah mengendalikan kadar kolesterol. Metabolisme kolesterol pada tubuh akan menjadi asam empedu. Bagi penderita penyakit kolesterol, hal ini dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.
2. Kulit
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah menjaga kesehatan kulit, Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti: mencegah penuaan dini, menghaluskan serta melembutkan kulit, menjaga kelembaban kulit, menjaga kulit dari sinar UV, Membantu penyembuhan luka.

3. Anti Oksidan
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah Sumber Antioksidan. Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.

4. Penuaan Dini
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah Mencegah Penuaan Dini. Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu karena radikal bebas. Seperti yang disebutkan diatas, vitamin C dalam buah ini sangat efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.
Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.
5. Pencernaan
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah melancarkan sistem pencernaan. Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku juga lebih banyak jika dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.
6. Gigi
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah menguatkan gigi. Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengkonsumsi buah ini.
7. Gusi
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah menjaga kesehatan gusi. Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi.
8. Imunitas
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C sangat dibutuhkan bagi semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.
9. Diet
Manfaat buah duku dan kegunaan buah duku adalah menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang energi. Jadi, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak.
Demikian manfaat dan kegunaan buah duku yang dapat saya bagikan bagi para pembaca. Semoga bermanfaat.





loading...