Friday, April 27, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH RAMBUTAN (Nephelium lappaceum)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN BUAH RAMBUTAN (Nephelium lappaceum)
Rambutan adalah salah satu tumbuhan tropis yang sangat banyak ditemukan di indonesia. Seperti namanya, buah rambutan ini berbentuk bulat dan memiliki “rambut”. Buah rambutan pada saat masih muda atau belum matang berwarna hijau dan saat matang memiliki warna kuning dan merah (tergantung jenis rambutannya). Terlepas dari warna yang dimiliki buah rambutan, buah tropis ini termasuk buah musiman. Buah rambutan memiliki perpaduan rasa antara rasa manis, rasa asam, dan rasa kecut. Untuk buah rambutan berkualitas tinggi maka hanya akan memberikan rasa manis. Buah rambutan memang lebih nikmat dikonsumsi secara langsung tanpa harus diolah menjadi jus buah, campuran dalam kue, dan olahan lainnya. Daging buah yang sedikit memang akan lebih nikmat dengan dikonsumsi langsung. Buah rambutan adalah buah yang tidak kalah popular dengan buah-buahan tropis yang lain. Dari segi manfaat, seakan setiap helaian rambut dari buah tersebut mewakili setiap manfaat yang diberikan dalam buah rambutan.

Gambar: Pohon Rambutan

Gambar: Buah Rambutan

KANDUNGAN BUAH RAMBUTAN

Buah rambutan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut kandungan zat yang dimiliki buah rambutan:

Karbohidrat
Air
80,40 gram
Protein 1,00 gram
Lemak 0,30 gram
Glukosa 2,80 gram
Sukrosa 9,90 gram
Fruktosa 3,00 gram
Fosfor
Pati 0,00 gram
Protein
Serat makanan 2,80 gram
Asam malat 0,05 gram
Asam sitrat 0,31 gram
Abu 0,30 gram
Energi 297,00 kj
Vitamin C 66,70 mg
Thiamin 0,01 mg
Ribo flavin 0,07 mg
Niacin 0,05 mg
Mineral
K 140,00 mg
N 2,00 mg
Ca 13, 00 mg
Magnesium 10,00 mg
Fe 0,80 mg
Vitamin A
Vitamin C
Zinc 0,60 mg
Potasium 16,00 mg


MANFAAT BUAH RAMBUTAN
1. Sumber Energi

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah sebagai sumber energi, hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat menjadi buah pemberi sumber energi.

2. Regenerasi Sel

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah regenerasi sel, hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menajdi sel-sel yang baru.

3. Pencernaan

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah memperlancar pencernaan, hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan serat pangan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan saat hendak buang air besar.

4. Mata

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah menyehatkan mata, hal ini dikarenakan kandungan vitamin A sebagai vitamin larut air ada dalam buah rambutan sehingga dapat menyehatkan mata.

5. Antioksidan

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah sebagai sumber antioksidan, hal ini dikarenakan kandungan vitamin C sebagai vitamin larut air yang akan memberikan antioksidan bagi tubuh. Buah rambutan segar membawa 75 kalori per 100 g porsi edible. Ini tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol tapi mengandung sejumlah besar serat makanan, vitamin, dan antioksidan. Rambutan mengandung sekitar 30 mg vitamin C; 50% nilai direkomendasikan harian Studi menunjukkan bahwa konsumsi buah yang kaya vitamin C membantu tubuh manusia mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengikis radikal bebas yang berbahaya dan pro-inflamasi.

6. Metabolisme

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu melancarkan metabolisme, hal ini dikarenakan buah rambutan segar merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat baik seperti riboflavin, niasin, dan folat. Vitamin ini sangat penting karena berfungsi sebagai faktor pendukung untuk membantu metabolisme, karbohidrat, protein, dan lemak tubuh.

7. Jantung

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah menyehatkan jantung. Rambutan juga membawa banyak mineral seperti kalsium (10,6 mg), fosfor (12,9 mg) dan tembaga. Menjadi buah tropis yang berair, mengandung sejumlah potasium, komponen penting cairan sel dan tubuh membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, buah rambutan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

8. Sel darah Merah

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu meningkatkan produksi sel darah merah, hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung tembaga yang dibutuhkan tubuh dalam produksi sel darah merah.

9. Hipertensi

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu menyembuhkan penyakit hipertensi. Mengalami penyakit hipertensi memang berbahaya. Ketika lingkungan memicu penyakit hipertensi untuk kambuh maka akan membahayakan jantung. Agar penyakit hipertensi dapat diredam maka konsumsilah buah rambutan. Manfaat buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi yang Anda derita. Sehingga menjadi obat alami yang tidak berhubungan dengan konsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi.
10. Diare

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah menyembuhkan penyakit diare, hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung kaya akan serat makanan. Penyakit diare tentu menandakan bahwa kondisi pencernaan Anda sedang tidak sehat. Kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan ataupun minuman. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka baik lambung maupun usus sebagai organ pencernaan akan selalu terlindungi.
11. Kolesterol

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit kolesterol. Hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan flavonoid yang dapat memberikan kesehatan tubuh terutama terkait menurunkan jumlah kolesterol jahat.
11. Kulit

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu perawatan kulit, hal ini dikarenakan buah rambutan mengadung sejumlah antioksidan, senyawa polifenol dan vitamin penting yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dalam sistem, termasuk yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Memakan buah secara teratur dapat membantu memperbaiki kondisi peradangan, sekaligus mengurangi munculnya keriput dan menghentikan stres oksidatif di jalurnya.
12. Osteoporosis

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah meningkatkan kepadatan tulang, hal ini dikarenakan sejumlah mineral, termasuk seng, natrium, kalium, fosfor, kalsium, besi, mangan dan magnesium, buah ini dapat membantu membantu kekuatan tulang, karena banyak mineral ini diperlukan untuk produksi dan pemeliharaan tulang. Sehingga membantu menghindari osteoporosis seiring bertambahnya usia.
13.  Demam

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah dapat membantu menyembuhkan demam. Bukti anekdotal, terutama dalam pengobatan tradisional Tiongkok, menunjukkan bahwa rambutan dapat digunakan untuk menghentikan demam dan mengatasi kondisi peradangan lainnya, termasuk asam urat, sakit kepala, sakit perut dan artritis.
14.  Kesuburan

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah meningkatkan kesuburan. Hal ini dikarenakan vitamin C yang dikandung buah rambutan cukup penting untuk produksi sperma sehat. Rambutan mengandung vitamin antioksidan utama ini, dan karena itu, dapat membantu pria mengatasi masalah dengan kejantanan atau infertilitas.
15. Program Diet

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu mensukseskan program diet. Buah diet alami dengan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi ada di buah rambutan. Buah merah berambut ini menjadi buah yang direkomendasikan untuk buah saat menjalankan program diet. Bukan hanya mengkonsumsi buah rambutan namun sebagai buah yang harus dikonsumsi saat diet.
16. Ginjal

Manfaat buah rambutan dan kegunaan buah rambutan adalah membantu meyehatkan ginjal, hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung Mineral fosfor yang akan berfungsi menetralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal. Sehingga tidak akan khawatir ada toksin yang masih berada di dalam organ detoksifikasi tersebut.
Demikianlah kandungan,  manfaat dan kegunaan buah rambutan yang dapat saya bagikan kepada pembaca, semoga bermanfaat.

loading...