Friday, July 13, 2018

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH MAHONI (Swietenia macrophylla King)

loading...

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH MAHONI (Swietenia macrophylla King)

Pohon Mahoni (Swietenia macrophylla King) adlah pohon yang cukup terkenal di Indonesia, pohon yang berasal dari bagian Hindia Barat ini, banyak di jumpai sebagai pohon penyejuk di berbagai kota besar di Indonesia, walaupun pohon ini sebenarnya habitat aslinya adalah dekat pantai, tapi karena kayunya yang kuat, tinggi dan daunnya yang lebat, sehingga sering di tanam di taman-taman kota sebagai pohon penyejuk.

Gambar: Pohon Mahoni (sumber Google Image)

Selain sebagai pohon penyejuk mahoni juga terkenal dengan kayunya yang kuat sebagai bahan pembuatan funiture. Pohon mahoni ini dapat tumbuh sampai ketinggian 35-40 meter dengan diameter mencapai 125 cm, karena batangnya yang biasanya tumbuh lurus dan bulat dan kuat, sehingga pengrajin furniture banyak yang menggunakan batang pohon ini sebagai bahan pembuatan funiture seperti meja, rak, kursi, lemari dan lain-lain.

Gambar: Buah Mahoni (Sumber Google Image)

Gambar: Biji Mahoni (Sumber Google Image)

Banyak yang belum mengetahui, ternyata buah mahoni memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mngkin dikarenakan buah mahoni bukan termasuk buah yang dapat langsung di konsumsi. Buah mahoni berbentuk bulat telur dan berlekuk lima dengan warna coklat dan akan pecah sewaktu matang, didalamnya akan terdapat biji berbentuk pipih dalam jumlah ayang cukup banyak, yaitu berkisar 30 sampai 50 biji. Nah, biji mahoni ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

UNTUK MEMBACA MANFAAT LAINYA KLIK : DISINI

KANDUNGAN BIJI MAHONI

Biji mahoni mengadung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti:
Saponin
Alkaloid
Vitamin
Mineral
Protein
Asam lemak

MANFAAT BUAH DAN BIJI MAHONI
Berikut manfaat buah dan biji mahoni:

1.  Diabetes

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat membantu mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan buah dan biji mahoni mengandung flavonoid dan saponin yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Dan membantu memperlancar aliran darah.


2. Hipertensi

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat mengobati hipertensi, hal ini dikarenakan buah mahonin mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas, dan di bantu oleh saponin yabg mengikat glukosa dalam darah, sehingga dapat memperlancar aliran darah sehingga menurunkan tekanan darah. Cara mengkonsumsinya mudah yaitu dengan dengan mengumpulkan 8 gram biji mahoni tumbuk hingga halus dan  seduh denganair panas, dinginkan, kemudian diminum.

3. Jantung

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah menyehatkan jantung, hal ini juga karena kandungan flavonoid dan saponin dalam biji mahoni langsung membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendorong kelancaran kerja jantung, sehingga jantung selalu dapat  berfungsi normal dan sehat.

4. Kolesterol

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah berguna untuk mengotrol kadar kolesterol dalam tubuh,  hal ini juga karena kandungan flavonoid yang berfungsi mengurangi Kolesterol jahat atau lemak jahat (LDL). Sehingga kadar kolesterol jahal dalam tubuh berkurang.


5. Peradangan

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah mencegah terjadinya peradangan, hal ini adalah lagi-lagi karena kandungan flavonoid dalam buah dan biji mahoni yang berfungsi mendorong produksi zat antibodi yang dapat membantu mencegah peradangan jaringan.

6. Diare

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat mengobati diare, hal ini dikarenakan kandungan buah dan biji mahoni berfungsi sebagai antioksidan dan membunuh radikal bebas termasuk bakteri yang mengakibatkan penyakit diare.

7. Pencernaan

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat memperlancar metabolisme dan pencernaan. Hal ini dikarenakan manfaat farmakologi yang dikandung buah dan biji mahoni, akan membantu proses pengolahan makanan dalam proses pencernaan.


8. Sembelit

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat mengobati sembelit, hampir sama dengan fungsi buah dan biji mahoni dalam mengobati diare, dengan mengkonsumsi buah mahoni juga akan dapat membantu mengobati sembelit.

9. Diet

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat membatu program diet, hal ini dikarenakan fungsi dari buah dan biji mahoni yaitu untuk memperlancar pencernaan sehingga dengan pencernaan yang lancar, akan membantu program diet anda.

10. Penangkal Serangga

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat berfungsi sebagai penangkal serangga. Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.


11. Stamina Pria

Manfaat buah mahoni dan biji mahoni adalah dapat meningkatkan stamina pria dewasa, hal ini dikarenakan kandungan saponin dalam buah dan biji mahoni berfunsi untuk menambah daya tahan pria dan memperlancar peredaran darah. Buah dan biji mahoni ini sudah terkenal sebagai piagra alami di kalangan masyarakat.

Masih banyak lagi manfaat buah mahoni yang belum saya sertakan, semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, jangan lupa share dan bagikan kepada keluarga dan sahabat anda.

loading...