Friday, March 30, 2018

Manfaat Dan Kandungan Buah Belimbing

loading...
Manfaat Dan Kegunaan Buah Belimbing
Belimbing merupakan salah satu buah tropis yang tersebar dan dapat di temukan di hampir seluruh wilayah indonesia. Belimbing atau Averrhoa carambola merupakan buah tropis berwarna kuning keemasan dengan rasa dan bentuk seperti bintang yang khas, dimana pada saat buah nya masih muda, buah belimbing ini berwarna hijau, setelah matang akan berubah menjadi warna kuning keemasan. Untuk mengonsumsi buah ini, Anda tak perlu mengupasnya. Cukup dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, lalu Anda bisa menikmatinya sebagai hidangan salad buah, acar, atau jus buah. Tak hanya dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut. Selain dapat di nikmati secara langsung, buah belimbing juga dapat di oleh sebagai bahan masakan.

 Gambar Buah Belimbing yang masih Muda

Gambar Buah Belimbing Yang sudah Matang


Gambar Buah Belimbing


Kandungan Buah Belimbing
Kandungan Buah belimbing paling besar adalah vitamin C, kandungan vitamin tersebut hampir sama dengan kandungan pada vitamin C buah jeruk, lemon maupun jambu biji.

Adapun kandungan belimbing antara lain:

Kalori: Buah Belimbing mengandung Kalori yang cukup Besar, dimana dalam satu porsi buah belimbing mampu menyediakan kalori sekitar 2 persen untuk kebutuhan kalori sekitar 2.000 per harinya. atau dengan kata lain sekitar 30 kalori untuk setiap 1 buah belimbing.

Karbohidrat: Buah Belimbing juga memiliki kandungan karbohidrat, diamana buah belimbing mengandung sekitar 9,5 gram senyawa karbohidrat per porsi, dan seratnya sekitar 2,5 gram. Dengan demikian, 1 buah belimbing akan memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari nilai harian serat yang kita butuhkan.

Protein dan lemak: Buah belimbing juga memiliki protein dan juga lemak,bisa dikatakan kandungan lemak dan protein dalam belimbing besarnya sama. Protein dalam belimbing sekitar 1 gram dan juga lemak 1 gram. Kedua senyawa ini mampu memberikan asupan protein dan lemak sebesar 2 persen untuk setiap harinya. Tidak hanya itu, kandungan lemak pada belimbing juga tergolong lemak tak jenuh sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin dan mineral: Buah belimbing juga memiliki kandungan Vitamin dan Mineral dalam buah belimbing terkandung senyawa vitamin C sebesar 24 mg, kandungan vitamin tersebut mampu memberikan 40 persen kebutuhan vitamin C setiap harinya. selain itu kandungan vitamin A juga mampu memberikan kebutuhan 15 persen setiap harinya. Untuk mineralnya, belimbing memiliki kandungan mineral cukup lengkap, mulai dari zat besi sampai dengan kalsium.


Manfaat Buah Belimbing
Dengan kandungan Kalori, Karbohidrat, protein, lemak, Vitamin dan Mineral yang terdapat pada buah Belimbing, berikut manfaat dan kegunaan buah belimbing bagi kesehatan manusia.
1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat dan kegunaan buah Belimbing adalah dapat menjaga sistem pencernaan tubuh. Sistem pencernaan tubuh akan terjaga dengan baik apabila kita mendapatkan asupan serat yang cukup. Dalam hal ini buah belimbing mengandung serat yang tinggi, Anda bisa mendapatkan asupan serat yang lebih baik ketika mengonsumsinya. Kandungan serat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan saja, tetapi kandungan serat tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan. Adapun gangguan sistem pencernaan yang bisa diobati dengan belimbing antara lain seperti diare, sembelit, disentri, dan masih banyak lagi. oleh sebab itu bagi Anda yang ingin sistem pencernaan sehat dan lancar, konsumsilah buah belimbing secara rutin.

2. Mencegah penyakit kanker

Manfaat dan kegunaan buah Belimbing adalah dapat mencegah penyakit kanker. Karena buah belimbing mengandung vitamin C tinggi yang cukup baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Maka mencegah kanker dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah buah belimbing secara rutin. Menurut para ahli, kandungan vitamin C pada belimbing mampu memenuhi sekitar 57 % kebutuhan tubuh setiap harinya. Bisa dikatakan besarnya vitamin C pada belimbing hampir sama dengan jeruk yang notabenya merupakan rajanya vitamin C.

3. Antioksidan

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah sebagai antioksidan bagi tubuh. Vitamin C merupakan salah satu antioksi dan alami, akan tetapi buah belimbing sebenarnya juga menyimpan kandungan senyawa antioksidan lainnya, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Kandungan buah belimbing yang lain nya adalah Kandungan flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat merupakan kandungan antioksidan yang membuat khasiat buah belimbing sangat besar sekali bagi kesehatan. Kandungan-kandungan antioksidan semacam ini tidak hanya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas saja, tetapi kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita terhadap serangan berbagai macam penyakit.

4. Meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh. Buah belimbing mengandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Kandungan vitamin B komplek tersebut antara lain seperti folat, riboflavin, dan juga piridoksin (vitamin B-6). Dimana kandungan vitamin B kompleks tersebut sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh, terutama enzim yang berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh.

5. Hipertensi atau Darah Tinggi

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat mengatasi Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi/tekanan darah tinggi sering dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan sodium terlalu tinggi di dalam tubuh, akibatnya asupan kalium yang bermanfaat untuk sistem peredarah darah menjadi menurun. Untuk menigkatkan jumlah kalium dalam tubuh, dapat mengkomsumsi buah belimbing, karena buah belimbing mengadung kalium yang cukup tinggi. Selain berkhasiat untuk mengatasi hipertensi, kandungan mineral seperti zat besi dan magnesium pada belimbing dipercaya juga cukup efektif untuk mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

6. Ginjal

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dimana buah Belimbing menurut penelitian yang dilakukan di Jepang tahun 2003, buah belimbing mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. kandungan asam ini akan bekerja maksimal dengan kalium pada bagian organ ginjal. Adapun manfaat belimbing bagi kesehatan ginjal antara lain seperti melarutkan kotoran pada ginjal, mencegah oksidasi negatif penyebab kerusakan ginjal, merawat nefron ginjal, dan masih banyak lagi.

7. Kolesterol

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat mengatasi Kolesterol jahat pada tubuhhal ini dikarenakan buah belimbing mengadung pektin yang cukup tinggi, menurut para ilmuwan asal Hongkong, pektin tersebut mampu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh dan membuangnya melalui sekresi empedu. Dengan demikian, khasiat buah belimbing bagi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangatlah baik sekali.

8. Peradangan

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat mengatasi peradangan. Hal ini dikarenakan buah belimbing mengandung senyawa anti-inflamasi yang cukup tinggi. Selain berkhasiat mengatasi peradangan, kandungan anti-inflamasi tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan tersebut.

9. Kesehatan mata

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah sangat baik unguk kesehatan mata, hal ini dikarenakan buah belimbing mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sama seperti dengan wortel, kandungan vitamin A buah belimbing ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan, dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin, maka penglihatan kita akan jauh lebih tajam dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

10. Vitalitas

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah sangat bermanfaat bagi Vitalitas Pria dan wanita, hal ini dikarenkan buah Belimbing mengandung kandungan nutrisi mineral alami seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan lainnya dipercaya juga bermanfaat untuk merawat organ reproduksi manusia.

11. Menunda Penuaan

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat menunda penuaan. Hal ini dikarenakan Buah belimbing mengandung senyawa aantioksidan cukup tinggi, kadungan antioksidan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini tersebut.

12. Rambut

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat melebatkan rambut secara alami. Hal ini dikarenakan Buah belimbing mengandung vitamin B kompleks cukup besar. kandungan vitamin tersebut sangatlah bermanfaat untuk rambut, sebab mampu melebatkan rambut dengan cara menutrisi pada bagian kulit kepala. Untuk mendapatkan khasiat buah belimbing satu ini, silahkan Anda gunakan buah belimbing sebagai masker rambut setelah mandi selama 30 menit secara rutin setiap harinya.

13. Mengurangi minyak pada Wajah

Manfaat buah belimbing dan kegunaan buah belimbing adalah dapat mengurangi minyak pada wajah.  Minyak berlebih di area wajah dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan, mulai dari munculnya komedo sampai dengan jerawat. Untuk menurunkan kadar minyak tersebut, Anda dapat menggunakan masker belimbing secara rutin. Dipercaya sifatnya yang asam sangatlah baik untuk mengurangi minyak di wajah. Sehingga selain minyak berkurang, wajah Anda nantinya juga akan terbebas dari jerawat dan komedo.

Nah, itulah manfaat dan kegunaan buah belimbing yang saya rangkum dari berbagai sumber, dan saya share, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.
loading...