Sunday, May 6, 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN JERUK PURUT (Citrus hystrix DC)

loading...

MANFAAT DAN KANDUNGAN JERUK PURUT (Citrus hystrix DC)

Jeruk Purut atau Citrus hystrix DC merupakan tanaman khas daerah asia tenggara. Tanaman ini masuk dalam kindom Plantae, Divisi Magnoliophyta, Kelas Magnoliopsida, sub kelas Rosidae, Ordo Sapindales, Famili Rutaceae, genus Citrus dan spesies C. X hyxtrix. Tanaman ini merupakan tanaman perdu dengan tinggi pohon rata-rata2-3 meter, ranting berduri dan daunnya berbentuk khas, seperti dua helai daun dalam satu tangkai daun, tersusun vertikal. Di Indonesia jeruk purut sangat mudah di temukan, mulai dari pasar modern sampai pasar tradisional. Jeruk Purut ini paling banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk menghilangkan bau amis. Daun jeruk purut juga sering digunakan sebagai bumbu masak untuk mempertajam rasa gurih dalam masakan. Jeruk ini juga sering di identikkan dengan magis, karena jeruk purut sering di gunakan dukun atau paranormal sebagi sarana dalam melakukan ritual magis, selain karena aromanya yang khas, jeruk ini juga mempunyai bentuk yang unik dibandingkan jeruk lain, biasanya jeruk memiliki kulit yang mulus, jeruk purut ini memiliki tonjolan-tonjolan kasar dan tebal.


UNTUK MELIHAT MANFAAT BUAH LAINNYA KLIK: DISINI


Gambar: Buah dan Daun Jeruk Purut

Gambar: Jeruk Purut

KANDUNGAN JERUK PURUT

Jeruk purut ternyata mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan, karena banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:
Steroid triterpenoid
Minyak atsiri/minyak eteris/aetheric oil (citronelal, citronelol, nerol, dan limonena)
Tanin
Serat
Gula
Karbohidrat
Vitamin A
Vitamin C
Kalori
Zat Besi
Sodium
Kalsium
volatile

Baca Juga: MANFAAT BUAH MAHKOTA DEWA

MANFAAT JERUK PURUT
Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata jeruk purut memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan. Berdasarkan zat-zat yang terkandung dalam jeruk purut, berikut manfaat jeruk purut:

1. Antioksidan

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dilarenakan kandungan manfaat vitamin C dalam buah jeruk purut berperan sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Dengan daya tahan tubuh yang sehat, maka resiko terserang infeksi maupun penyakit  lainnya seperti influenza dan batuk akan menurun. Caranya mudah,  cukup mengambil air hasil perasan jeruk purut dan kemudian dicampurkan dengan air hangat. Untuk memperoleh rasa yang manis, Anda bisa menambahkan madu di dalamnya. Selagi masih hangat, minum ramuan tersebut hingga habis.
Selain jeruk purut Buah Plum juga sangat bermanfaat sebagai Antioksidan.
2. Detoksifikasi

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan Jeruk purut memiliki kandungan senyawa volatile yang akan membantu  proses detoksifikasi darah yaitu dengan membersihkan patogen jahat pembawa penyakit dalam darah. Selain itu, kandungan senyawa tersebut juga bermanfaat pada proses penyaringan zat-zat berbahaya yang terdapat pada organ hati dan limpa.
3. Mulut dan Gusi

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah membantu menjaga keshatan mulut dan gusi. Kulit dari jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi dengan cara menggosokkan langsung ke bagian gusi. Langkah tersebut akan dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang bersarang di mulut. Selain itu, minyak hasil ekstrak buah jeruk purut juga dapat di terapkan dengan cara mencampurkannya dengan pasta gigi organik atau juga bisa dicampurkan dengan obat kumur. Dengan langkah-langkah tersebut artinya tak perlu repot-repot dalam melakukan perawatan mulut dan gusi.
4. Pencernaan

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan buah jeruk purut memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi di mana senyawa tersebut juga berfungsi untuk merangsang sistem pencernakan. Jadi ketika mengalami masalah dengan sistem pencernakan seperti sembelit, jeruk purut bisa dijadikan alternative untuk mengatasi gangguan tersebut. Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah bahwa terapi jeruk purut ini nantinya juga bisa membantu untuk terhindar dari peningkatan resiko terjadinya masalah pencernakan yang lebih serius lagi di masa yang akan datang seperti resiko timbulnya ulkus lambung, wasir, hingga kanker kolorektal.
5. Flu
Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah dapat mengobati influenza. Influenza adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan, dan biasanya penderita merasakan menggigil. Badan terasa lelah dan tidak bersemangat, untuk itu mengatasi influenza dengan menggunakan jeruk purut caranya adalah dengan mengambil sari jeruk purut, kemudian campur dengan air panas. Aduk air jerul purut, tambahkan madu sebagai pemanis, setelah itu minum perlahan sampai air jeruk purut habis. Dalam hal ini jeruk purut dan madu menjadi kombinasi tepat untuk menghilangkan virus penyebab influenza, selain itu juga untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
6. Mengobati Gigitan Serangga

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah mengobati gigitan serangga. Tanpa disadari telah banyak kasus kematian pada manusia yang terjadi akibat gigitan serangga. Jadi keberadaan serangga tidak boleh selalu kita anggap remeh. Tapi bagi yang ingin menurunkan resiko terjadinya infeksi akibat gigitan serangga, bisa mencoba untuk mengoleskan lotion atau salep yang di dalamnya terkandung ekstrak buah jeruk purut. Alasannya adalah karena beberapa jenis serangga tidak menyukai kandungan senyawa sitronelol dan limonene yang terdapat buah jeruk purut.
7. Batuk
Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah dapat mengobati batuk. Sama halnya dengan cara mengatasi influenza dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jeruk purut berguna untuk mnegobati batuk. Batuk yang mengganggu pernapasan bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi sari jeruk purut dicampur dengan madu dengan tambahan sedikit air hangat. Minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin untuk mengobati batuk. Setidaknya dianjurkan minum air jeruk purut satu hari selama 2 atau 3 kali
8. Kulit
Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah untuk perawatan kulit. Hal ini dikarenakan di dalam buah jeruk purut juga terdapat kandungan anti-oksidan alami yang selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Anti-oksidan yang ditemukan di dalam buah jeruk purut mampu mencegah terjadinya kerusakan sel serta dapat meminimalkan timbulnya jerawat, bekas luka, bahkan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, beberapa jenis kandungan zat asam dalam jeruk purut juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker maupun mutasi sel. Mungkin itulah alasan mengapa beberapa produk kosmetik dan kecantikan lainnya menggunakan ekstrak jeruk purut di dalamnya. Salah satu contoh masalah kulit yang bisa diatasi dengan menggunakan sari jeruk purut adalah masalah kulit kering. Cukup mengoleskan sari jeruk purut pada bagian kulit yang terasa kering secara rutin terutama pada waktu malam hari sebelum beristirahat.
9. Peradangan

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah mengurangi peradangan. Jeruk purut juga bisa dijadikan sebagai alternative terapi yang sangat efektif bagi beberapa kondisi peradangan seperti asam urat, edema, arthritis, rheumatik, serta jenis peradangan lainnya. Caranya tergolong cukup mudah yaitu menerapkan minyak yang diekstrak dari jeruk purut dan menerapkannya pada bagian tubuh yang terasa nyeri atau juga bisa dikonsumsi sebagai jus.
10. Aromaterapi

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah sebagai aromaterapi. Jeruk purut juga bisa digunakan sebagai aromaterapi yang berguna untuk mengurangi tingkat stress yang biasa kita alami. Aroma kuat yang terhirup oleh indera penciuman kita bisa memberikan efek menenangkan sehingga pada akhirnya akan dapat mengurangi tingkat kecemasan maupun gangguan saraf lainnya
11. Rambut, Ketombe dan Kulit Kepala
Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah membantu kesehatan rambut. Meskipun kurang begitu populer, bentuk aplikasi lain dari jeruk purut adalah sebagai campuran perawatan kulit kepala dan rambut. Kandungan yang terdapat pada jeruk purut dipercaya mampu menjaga kelembaban kulit sehingga dengan begitu masalah ketombe bisa teratasi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menguatkan folikel rambut, sehingga hal itu dapat menurunkan resiko terjadinya kerontokan rambut serta timbulnya pola kebotakan terutama bagi kaum pria. adapun cara penerapannya juga cukup mudah, yaitu dengan menerapkan  atau membalurkan sari jeruk purut ke akar rambut. Lakukanlah terapi tersebut secara rutin.
12. Kejantanan

Manfaat Jeruk Purut dan Kegunaan Jeruk Purut adalah untuk meningkatkan stamina pria atau kejantanan. Jeruk purut dipercaya sebagai jamu obat kuat yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan vitalitas pria saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Cara penggunaannya adalah, Peraslah 1 buah jeruk purut untuk diambil airnya, Siapkan 2 telur bebek dan ambil kuningnya, Campurkan kuning telur bebek dengan air perasan jeruk purut hingga larut kemudian Minum ramuan jamu jeruk purut tersebut selama 3 hari berturut-turut dan rasakan perbedaannya.
Demikianlah manfaat dan kandungan jeruk purut yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian, semoga bermanfaat.




loading...